Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan (1) Mendeskripsikan penerapan Blended Learning untuk meningkatkan kemandirian belajar TPAV siswa di SMKN 1 Kota Bengkulu; (2) Mendeskripsikan penerapan Blended Learning dapat meningkatkan prestasi belajar TPAV siswa di SMKN 1 Kota Bengkulu; (3) Mendeskripsikan efektivitas penerapan Blended Learning agar dapat meningkatkan prestasi belajar siswa di SMKN 1 Kota Bengkulu. Penelitian dilaksanakan dengan mengunakan penelitian tindakan kelas (PTK) dan kuasi eksperimen. Metode pengumpulan data pada penelitian ini mengunakan lembaran obsevasi untuk mengukur proses pembelajaran dan kemandirian belajar siswa dan untuk mengukur prestasi belajar digunakan tes. Sedangkan analisis data digunakan analisis skor rata-rata dan uji-test. Penelitian dilaksanakan di kelas XII MM1 sebagai kelas PTK. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan: (1) penerapan model blended learning dapat meningkatkan kemandirian belajar siswa, (2) penerapan model blended learning dapat meningkatkan prestasi belajar siswa, (3) penerapan model blended learning efektif meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pembelajaran TPAV
Keywords
Article Details
References
- Asmoro. (2017) Teknik Pengolahan Audio dan Video SMK/MAK Kelas XII. Yogyakarta: Andi
- Ayu. 2016. Implementasi Model Pembelajaran Blended Learning Untuk Meningkatkan Perhatian Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Simulasi Digital Kelas X SMK Negeri 3 Wonosari. Tidak Diterbitkan. Skripsi. Yogya: Universitas Negeri Yogyakarta
- Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
- Husamah. 2014. Pembelajaran Bauran (Blended Learning) Terampil Memaduakn Pembelajaran Face to face, E-learning Offline-Online dan Mobile Learning. Jakarta: Prestasi Pustakaraya
- Mohamad Mustari. (2011). Nilai Karakter. Yogyakarta: LaksBang PRESSindo
- Nurhayati, Eti. 2011. Psikologi Pendidikan Inovatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
- Taufan. 2015. Pengaruh Penerapan blended learning terhadap Prestasi Siswa kelas XII Teknik Permesinan. Yokyakarta. UNY
- Wasis. 2019. Pembelajaran Berbasis Blended Learning. Depok: PT. Raja Grafindo Persada
References
Asmoro. (2017) Teknik Pengolahan Audio dan Video SMK/MAK Kelas XII. Yogyakarta: Andi
Ayu. 2016. Implementasi Model Pembelajaran Blended Learning Untuk Meningkatkan Perhatian Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Simulasi Digital Kelas X SMK Negeri 3 Wonosari. Tidak Diterbitkan. Skripsi. Yogya: Universitas Negeri Yogyakarta
Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Husamah. 2014. Pembelajaran Bauran (Blended Learning) Terampil Memaduakn Pembelajaran Face to face, E-learning Offline-Online dan Mobile Learning. Jakarta: Prestasi Pustakaraya
Mohamad Mustari. (2011). Nilai Karakter. Yogyakarta: LaksBang PRESSindo
Nurhayati, Eti. 2011. Psikologi Pendidikan Inovatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Taufan. 2015. Pengaruh Penerapan blended learning terhadap Prestasi Siswa kelas XII Teknik Permesinan. Yokyakarta. UNY
Wasis. 2019. Pembelajaran Berbasis Blended Learning. Depok: PT. Raja Grafindo Persada