Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) Mendeskripsikan penerapan Blended Learning untuk meningkatkan kemandirian  belajar TPAV  siswa di SMKN 1 Kota Bengkulu; (2) Mendeskripsikan penerapan Blended Learning dapat meningkatkan prestasi belajar TPAV  siswa di SMKN 1 Kota Bengkulu; (3) Mendeskripsikan efektivitas penerapan Blended Learning agar dapat meningkatkan prestasi belajar siswa di SMKN 1 Kota Bengkulu. Penelitian dilaksanakan dengan mengunakan penelitian tindakan kelas (PTK) dan kuasi eksperimen. Metode pengumpulan data pada penelitian ini mengunakan lembaran obsevasi untuk mengukur proses pembelajaran dan kemandirian belajar siswa dan untuk mengukur prestasi belajar digunakan tes. Sedangkan analisis data digunakan analisis skor rata-rata dan uji-test. Penelitian dilaksanakan di kelas XII MM1  sebagai kelas PTK. Penelitian  ini menghasilkan kesimpulan: (1) penerapan model blended learning dapat meningkatkan kemandirian belajar siswa, (2) penerapan model blended learning dapat meningkatkan prestasi belajar siswa, (3) penerapan model blended learning  efektif meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pembelajaran TPAV

Article Details

How to Cite
PENERAPAN MODEL BLENDED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN DAN PRESTASI BELAJAR. (2023). Diadik: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 13(2), 315–324. https://doi.org/10.33369/diadik.v13i2.31543

References

    Asmoro. (2017) Teknik Pengolahan Audio dan Video SMK/MAK Kelas XII. Yogyakarta: Andi
    Ayu. 2016. Implementasi Model Pembelajaran Blended Learning Untuk Meningkatkan Perhatian Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Simulasi Digital Kelas X SMK Negeri 3 Wonosari. Tidak Diterbitkan. Skripsi. Yogya: Universitas Negeri Yogyakarta
    Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
    Husamah. 2014. Pembelajaran Bauran (Blended Learning) Terampil Memaduakn Pembelajaran Face to face, E-learning Offline-Online dan Mobile Learning. Jakarta: Prestasi Pustakaraya
    Mohamad Mustari. (2011). Nilai Karakter. Yogyakarta: LaksBang PRESSindo
    Nurhayati, Eti. 2011. Psikologi Pendidikan Inovatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
    Taufan. 2015. Pengaruh Penerapan blended learning terhadap Prestasi Siswa kelas XII Teknik Permesinan. Yokyakarta. UNY
    Wasis. 2019. Pembelajaran Berbasis Blended Learning. Depok: PT. Raja Grafindo Persada