Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) pengembangan e-modul berbasis discovery learning untuk meningkatkan literasi sains peserta didik, (2) kelayakan e-modul berbasis discovery learning untuk meningkatkan literasi sains peserta didik, (3) efektifitas e-modul berbasis discovery learning dalam meningkatkan literasi sains peserta didik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (R&D) dengan menggunakan lima tahapan model pengembangan ADDIE, yaitu 1) analyze, 2) design, 3) development, 4) Implementation, dan 5) evaluation. Subjek pada penelitian ini adalah 30 orang peserta didik kelas VIII SMP Negeri 14 Lebong untuk uji coba skala terbatas dan 60 orang peserta didik kelas VIII SMP Negeri 21 Lebong untuk uji coba skala luas. Teknik pengumpulan data dalam penelitian adalah lembar penilaian, angket, dan tes literasi sains. Data dianalisis secara kuantitatif. Simpulan dari penelitian ini adalah (1) e-modul berbasis discovery learning dikembangkan melalui tahapan ADDIE, (2) e-modul berbasis discovery learning yang dikembangkan layak dalam meningkatkan literasi sains peserta didik kelas VIII, (3) e-modul berbasis discovery learning yang dikembangkan efektif dalam meningkatkan literasi sains peserta didik pada mata pelajaran IPA di kelas VIII berdasarkan hasil uji coba terbatas dan uji coba skala luas.

Keywords

E-Modul Discovery learning Literasi Sains

Article Details

Author Biography

Widita Sebayuri Setia

SMP Negeri 14 Lebong

How to Cite
Widita Sebayuri Setia. (2023). PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK. Diadik: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 13(2), 325–337. https://doi.org/10.33369/diadik.v13i2.31544

References

  1. Allchin, D. 2014. From science studies to scientific literacy: A view from the classroom. Science & Education, 23(9), hlm. 1911-1932
  2. Anggraini, R. 2017. Pengembangan E-modul Fisika Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Materi Gerak Melingkar Untuk SMA/MA Kelas X. Repository UNJA, 1-11.
  3. Aprillia, Isna Nadia. 2021. Validitas Modul Berbasis Discovery Learning untuk melatihkan Keterampilan Literasi Sains pada materi virus kelas X SMA. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu) Vol.10 No.2 (240-249): Universitas Negeri Surabaya.
  4. Ariana, Desi. 2020. Pengembangan Modul Berbasis Discovery Learning Pada Materi Jaringan Tumbuhan Untuk Meningkatkan Literasi sains Peserta didik Kelas XI IPA SMA. J. Pendidik. Mat. dan IPA, vol. 11, no. 1, pp. 34-46.
  5. Branch, Robert. 2009. Instructional Design: The ADDIE Approach. USA: Springer.
  6. Hurd, P.D. 1997. Scientific Literacy: New Minds for a Changing World. USA: John Wiley & Sons, Inc.
  7. Merta, I.W. 2020. Profil Literasi Sains dan Model Pembelajaran dapat Meningkatkan Literasi sains. Jurnal Pijar Mipa. 15. 223. 10.29303/jpm.v15i3.1889.
  8. OECD. 2017. PISA 2015 Assessment and Analytical Framework: Science, Reading, Mathematic, Financial Literacy and Collaborative Problem Solving, revised edition, PISA, OECD Publishing, Paris. http://dx.doi.org/10.1787/9789264281820-en.
  9. OECD. 2019. PISA 2018 Assessment and Analytical Framework, PISA, OECD Publishing, Paris, https://doi.org/10.1787/b25efab8-en.
  10. Pusat Penilaian Pendidikan. 2019. Pendidikan di Indonesia Belajar dari Hasil PISA 2018. Jakarta: Balitbang Kemendikbud.
  11. Rosanna, Desi Lisa. 2021. Pengembangan E-modul Hidrolisis Garam Berbasis Guided Discovery Learning untuk Meningkatkan Higher Order Thinking Skills (HOTS) Siswa SMA/MA. International Journal of Innovative Science and Research Technology, 6 (5). pp. 1196-1201. ISSN 2456-2165.
  12. Suryadi, A. Fitriani. 2019. Pengembangan E-modul Sistem Pencernaan pada Manusia Berbasis Discovery Learning Peserta didik Kelas VIIII di SMPN 05 Makassar. Universitas Negeri Makassar.
  13. Widiastutik, H.J. 2021. Pengembangan e-modul Struktur Jaringan Tumbuhan Berbasis Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik. Semarang: UNNES