Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengembangan media pembelajaran berbasis software moodle untuk meningkatkan minat dan prestasi belajar kelas XI. MIPA di SMA Negeri Muara Enim. Pendekatan penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development). Prosedur pengembagan pada penelitian ini menggunakan prosedur ADDIED (Analyze, Design, Develop, Implementation, Evaluation and Disseminate). Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA A SMA Negeri 3 Muara Enim dan siswa kelas XI IPA B SMA Negeri 2 Muara Enim. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan lembar penilaian (rating scale) dan lembar penilaian  tes. Analisis data menggunakan nilai rata-rata (mean) dan uji-t. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengembangan media pembelajaran berbasis software moodle  dapat meningkatkan minat dan prestasi belajar biologi pada siswa kelas XI IPA SMA Negeri Kabupaten Muara Enim

Keywords

Media Pembelajaran Software Moodle ADDIED minat prestasi biologi

Article Details

Author Biographies

Eka Novianti

SMA Negeri 3 Muara Enim

Bambang Sahono

Universitas Bengkulu

How to Cite
Eka Novianti, & Bambang Sahono. (2023). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS SOFTWARE MOODLE UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR. Diadik: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 13(2), 338–35`1. https://doi.org/10.33369/diadik.v13i2.31545

References

  1. Abu, Ahmadi. 2009. Psikologi Umum. Jakarta: Rieka Cipta.
  2. Afriani, Rio, Jalmo & Yolida, 2014. Pengaruh Pembelajaran Multimedia Interaktif Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Vol 2 No. 6 http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JBT/article/view/4735/2984. Diakses tanggal 3 Agustus 2022.
  3. A.H Hujair Sanaky. 2009. Media Pembelajaran, Yogyakarta: Safiria Insania Press.
  4. A.M, Sardiman. 2004. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
  5. Baharudin, H,. Wahyuni, Esa, Nur. 2008. Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
  6. Djamarah, Syaiful Bahri. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta : Rineka Cipta
  7. Hafizul, Fahri Hanafi & Khairulanuar Samsudin. 2012. Mobile Learning Environment System (MLES): The Case of Android-Based Learning Applicatio on Undergraduates Learning, (IJACSA) International Jounal of Computer Science and Application. Vol 3 (3), 1-5. http://www.ijacsa.thesai.org. Diakses pada 4 Desember 2021 pukul 13.00 WIB.
  8. Kurniawan, Suryadi. 2020. Apa Itu Moodle? Panduan Lengkap Untuk Pemula. https://www.niagahoster.co.id/blog/moodle-adalah/ diakses 9 Desember 2021
  9. Munir. (2012). Multimedia Konsep & Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung : Alfabeta.
  10. Resti Yektyastuti dan Jaslin Ikhsan. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Materi Kelarutan Uuntuk Meningkatkan Performa Akademik Siswa SMA. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, Vol.2, No.1, hal 88-99.
  11. Sanjaya, W. 2006. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
  12. Siahaan, Sudirman. 2002. E-Learning (Pembelajaran Elektronik) sebagai Salah Satu Alternatif Kegiatan Pembelajaran. Jurnal Pendidikan, (Online), Jurnal 42
  13. Subana, Sunarti. (2000). Strategi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia, Berbagai Pendekatan, Metode dan Teknik Pengajaran. Bandung: Pustaka Setia.
  14. Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta