Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berbasis multimedia interaktif untuk meningkatkan kemampuan bahasa dan kognitif anak. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Research and Development (R&D) Sugiyono dengan 10 langkah pengembangan. Sampel penelitian ini untuk uji coba skala terbatas terdiri dari 2 orang guru dan 1 kelas anak kelompok B1 yang berjumlah 15 orang. Untuk uji skala luas yang terdiri dari 2 orang guru dengan 2 kelas anak kelompok B1 dan B2 yang berjumlah 30 orang anak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan teslisan. Teknis analisis data menggunakan skor rata-rata, persentase dan t-tes. Disimpulkan bahwa pengembangan bahan ajar berbasis multimedia interaktif layak digunakan untuk meningkatkan kemampuan bahasa dan kognitif anak berdasarkan uji terbatas dan uji luas. Dan model pengembangan efektif dalam meningkatkan kemampuan bahasa dan kognitif anak secara signifikan, meningkatkan kemampuan bahasa dan kognitif anak, seperti terlihat pada thitung > ttabel
Keywords
Article Details
References
- Agus Suheri. 2006. Animasi Multimedia Pembelajaran. Jakarta : Elec Media Komputindo
- Amaliah, I., & Sudihartinih, E. 2019. Pengembangan Bahan Ajar Konsep Pecahan Berbantuan Multimedia Untuk Meningkatkan Kemampuan Matematis Siswa Di Sekolah Inkluisi. Pendidikan, 04(02), 6–10.
- Ayu, N. K., & Manuaba, I. B. S. 2021. Media Pembelajaran Zoolfabeth Menggunakan Multimedia Interaktif untuk Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(2), 194–201.
- Ariani, F., & Slamet, A. 2009. Pembelajaran mendengarkan. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
- Maruloh. (2016). Pengaruh Penggunaan Multimedia Pembelajaran Interaktif Terhadap Hasil. Jurnal Teknik Informatika, II(2), 136–142.
- Masitoh, dkk. 2005. Strategi Pembelajaran TK. Jakarta: Universitas Terbuka.
- Rusman, 2011. Belajar dan pembelajaran berbasis computer, Jakarta: Alfabeta.
- Suardiman, S. P. 2003 . Metode pengembangan daya pikir dan daya cipta untuk anak usia dini. Yogyakarta: FIP UNY.
- Sudibyo, E., Surabaya, U. N., Interaktif, M., Kritis, K. B., Mathematics, I., & Study, S. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Inkuiri Berbantuan Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan. 8(3), 101–105.
- Sugiyono, 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta
- Surjono, D. H. (2017). Multimedia Pembelajaran Interaktif Konsep dan Pengembangan.
- Yus, A. (2011). Model pendidikan anak usia dini. Jakarta: Kencana.
- Yulsyofriend, Y., Anggraini, V., & Yeni, I. (2019). Dampak Gudget Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 25. https://doi.org/10.30651/pedagogi.v5i1.2889
- Sugiyono, 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta
- Zahwa, S. A., Nisa, T. F. F., & Fajar, Y. W. (2018). Pengaruh Metode Bermain Peran Makro Terhadap Kemampuan Berpikir Simbolik Anak Kelompok B. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 5(1), 30–38
References
Agus Suheri. 2006. Animasi Multimedia Pembelajaran. Jakarta : Elec Media Komputindo
Amaliah, I., & Sudihartinih, E. 2019. Pengembangan Bahan Ajar Konsep Pecahan Berbantuan Multimedia Untuk Meningkatkan Kemampuan Matematis Siswa Di Sekolah Inkluisi. Pendidikan, 04(02), 6–10.
Ayu, N. K., & Manuaba, I. B. S. 2021. Media Pembelajaran Zoolfabeth Menggunakan Multimedia Interaktif untuk Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(2), 194–201.
Ariani, F., & Slamet, A. 2009. Pembelajaran mendengarkan. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Maruloh. (2016). Pengaruh Penggunaan Multimedia Pembelajaran Interaktif Terhadap Hasil. Jurnal Teknik Informatika, II(2), 136–142.
Masitoh, dkk. 2005. Strategi Pembelajaran TK. Jakarta: Universitas Terbuka.
Rusman, 2011. Belajar dan pembelajaran berbasis computer, Jakarta: Alfabeta.
Suardiman, S. P. 2003 . Metode pengembangan daya pikir dan daya cipta untuk anak usia dini. Yogyakarta: FIP UNY.
Sudibyo, E., Surabaya, U. N., Interaktif, M., Kritis, K. B., Mathematics, I., & Study, S. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Inkuiri Berbantuan Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan. 8(3), 101–105.
Sugiyono, 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta
Surjono, D. H. (2017). Multimedia Pembelajaran Interaktif Konsep dan Pengembangan.
Yus, A. (2011). Model pendidikan anak usia dini. Jakarta: Kencana.
Yulsyofriend, Y., Anggraini, V., & Yeni, I. (2019). Dampak Gudget Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 25. https://doi.org/10.30651/pedagogi.v5i1.2889
Sugiyono, 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta
Zahwa, S. A., Nisa, T. F. F., & Fajar, Y. W. (2018). Pengaruh Metode Bermain Peran Makro Terhadap Kemampuan Berpikir Simbolik Anak Kelompok B. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 5(1), 30–38