Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berbasis multimedia interaktif untuk meningkatkan kemampuan bahasa dan kognitif anak. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Research and Development   (R&D)   Sugiyono   dengan   10   langkah   pengembangan. Sampel penelitian ini untuk uji coba skala terbatas terdiri dari 2 orang guru dan 1 kelas anak kelompok B1 yang berjumlah 15 orang. Untuk uji skala luas yang terdiri dari 2 orang guru dengan 2 kelas anak kelompok B1 dan B2 yang berjumlah 30 orang anak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan teslisan. Teknis analisis data menggunakan skor rata-rata, persentase dan t-tes. Disimpulkan bahwa pengembangan bahan ajar berbasis multimedia interaktif layak digunakan untuk meningkatkan kemampuan bahasa dan kognitif anak berdasarkan uji terbatas dan uji luas. Dan model pengembangan efektif dalam meningkatkan kemampuan bahasa dan kognitif anak  secara signifikan, meningkatkan kemampuan bahasa dan kognitif anak, seperti terlihat pada thitung > ttabel

Keywords

Bahan Ajar Kemampuan Bahasa Kemampuan Kognitif

Article Details

Author Biographies

Dwi Rulismi

PAUD Pertiwi 1

Nina Kurniah

Universitas Bengkulu

How to Cite
Dwi Rulismi, & Nina Kurniah. (2023). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA DAN KOGNITIF. Diadik: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 13(2), 352–361. https://doi.org/10.33369/diadik.v13i2.31551

References

  1. Agus Suheri. 2006. Animasi Multimedia Pembelajaran. Jakarta : Elec Media Komputindo
  2. Amaliah, I., & Sudihartinih, E. 2019. Pengembangan Bahan Ajar Konsep Pecahan Berbantuan Multimedia Untuk Meningkatkan Kemampuan Matematis Siswa Di Sekolah Inkluisi. Pendidikan, 04(02), 6–10.
  3. Ayu, N. K., & Manuaba, I. B. S. 2021. Media Pembelajaran Zoolfabeth Menggunakan Multimedia Interaktif untuk Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(2), 194–201.
  4. Ariani, F., & Slamet, A. 2009. Pembelajaran mendengarkan. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
  5. Maruloh. (2016). Pengaruh Penggunaan Multimedia Pembelajaran Interaktif Terhadap Hasil. Jurnal Teknik Informatika, II(2), 136–142.
  6. Masitoh, dkk. 2005. Strategi Pembelajaran TK. Jakarta: Universitas Terbuka.
  7. Rusman, 2011. Belajar dan pembelajaran berbasis computer, Jakarta: Alfabeta.
  8. Suardiman, S. P. 2003 . Metode pengembangan daya pikir dan daya cipta untuk anak usia dini. Yogyakarta: FIP UNY.
  9. Sudibyo, E., Surabaya, U. N., Interaktif, M., Kritis, K. B., Mathematics, I., & Study, S. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Inkuiri Berbantuan Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan. 8(3), 101–105.
  10. Sugiyono, 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta
  11. Surjono, D. H. (2017). Multimedia Pembelajaran Interaktif Konsep dan Pengembangan.
  12. Yus, A. (2011). Model pendidikan anak usia dini. Jakarta: Kencana.
  13. Yulsyofriend, Y., Anggraini, V., & Yeni, I. (2019). Dampak Gudget Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 25. https://doi.org/10.30651/pedagogi.v5i1.2889
  14. Sugiyono, 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta
  15. Zahwa, S. A., Nisa, T. F. F., & Fajar, Y. W. (2018). Pengaruh Metode Bermain Peran Makro Terhadap Kemampuan Berpikir Simbolik Anak Kelompok B. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 5(1), 30–38