Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untk mendeskripsikan penerapan dan efektifitas penerapan model problem based learning (PBL) dapat meningkatkan prestasi belajar pada pelajaran matematika siswa kelas VII MTsN 4 Kaur yaitu VIIA yaitu 23 orang yang terdiri dari 11 orang perempuan dan 12 orang laki-laki, kelas VIIB yaitu 23 orang yang terdiri dari 10 orang perempuan dan 13 orang laki-laki dan kelas VIIC yaitu 23 orang yang terdiri dari 12 orang perempuan dan 11 orang laki-laki. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan kombinasi jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan quasi eksperimen. Subjek peneltian yaitu siswa kelas VII MTsN 4 kaur. Metode pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan tes. Analisis data menggunakan analisis mean dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus 1 prestasi belajar siswa belum tuntas atau belum sesuai KKM, hal ini dipengaruhi oleh belum maksimalnya guru dalam menerapkan model problem based learning. Namun setelah beberapa kali perbaikan dan melakukan refleksi setiap siklusnya, pada siklus 3 prestasi belajar siswa meningkat menjadi tuntas dan telah mencapai KKM. Hasil penelitian didapatkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas yang menerapkan model problem based learning (ekperimen) dengan kelas yang menerapkan model pembelajaran non problem based learning (control).
Keywords
Article Details
References
- Husna (2018. Model- Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
- Mulyasa 2016. Alat Peraga Manipulatif dalam Pembelajaran Pemecahan Masalah Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal, tidak diterbitkan
- Nana (2009. Pengembangan Kecerdasan Majemuk. Jakarta. Universitas Terbuka
- Netriwati (2016. Teori-Teori Belajar dan Aplikasi Pembelajaran Motorik.Jakarta. PT.Andi
- Nolismasari, 2017.“Pembelajaran Kontekstual Pada Mata Kuliah Aljabar”. Bandung. Budaya Abadi
- Polya (1973. How To Solve It. Peinceton. University Press
- Ruchaedi, 2016. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Kaukaba matematika antara
- Setiawati, 2014. Penerapan Pembelajaran Two Stay-Two Stray terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep dan Minat. Jurnal tidak diterbitkan Un iversitas negeri semarang
- Shoimin (2014. Model dan Teknik Pengajaran Siswa SMP/MTs. Jakarta. Penerbit: PT. Andika
- Sianturi, 2018. Belajar Memecahkan MasalahMatematika.Yogyakarta : Graha Ilmu
- Suryabrata (2006. Strategi Peningkatan Kecerdasan Siswa SMP/MTs. Jakarta. Andi Pres
- Teare (2016. Aljabar for Dummies.Bandung : Pakar Raya
- Walidi, 2012. Pendidikan Bagi Anak Dengan Problema Belajar. Jakarta. Universitas Terbuka
- Wardhani, Sri. 2011. Permasalahan Kontekstual Mengenalkan Bentuk Aljabar.Jakarta. Gagas Media
References
Husna (2018. Model- Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Mulyasa 2016. Alat Peraga Manipulatif dalam Pembelajaran Pemecahan Masalah Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal, tidak diterbitkan
Nana (2009. Pengembangan Kecerdasan Majemuk. Jakarta. Universitas Terbuka
Netriwati (2016. Teori-Teori Belajar dan Aplikasi Pembelajaran Motorik.Jakarta. PT.Andi
Nolismasari, 2017.“Pembelajaran Kontekstual Pada Mata Kuliah Aljabar”. Bandung. Budaya Abadi
Polya (1973. How To Solve It. Peinceton. University Press
Ruchaedi, 2016. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Kaukaba matematika antara
Setiawati, 2014. Penerapan Pembelajaran Two Stay-Two Stray terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep dan Minat. Jurnal tidak diterbitkan Un iversitas negeri semarang
Shoimin (2014. Model dan Teknik Pengajaran Siswa SMP/MTs. Jakarta. Penerbit: PT. Andika
Sianturi, 2018. Belajar Memecahkan MasalahMatematika.Yogyakarta : Graha Ilmu
Suryabrata (2006. Strategi Peningkatan Kecerdasan Siswa SMP/MTs. Jakarta. Andi Pres
Teare (2016. Aljabar for Dummies.Bandung : Pakar Raya
Walidi, 2012. Pendidikan Bagi Anak Dengan Problema Belajar. Jakarta. Universitas Terbuka
Wardhani, Sri. 2011. Permasalahan Kontekstual Mengenalkan Bentuk Aljabar.Jakarta. Gagas Media