Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengembangan e-magazine berbasis software flipbooks yang layak dikembangkan untuk meningkatkan kemandirian dan prestasi belajar geografi dan mendeskripsikan efektifitas e-magazine berbasis software flipbooks yang dikembangkan dapat meningkatkan  kemandirian dan prestasi belajar geografi. Penelitian ini termasuk dalam penelitian dan pengembangan (Research and Development). Subjek penelitian adalah siswa kelas XI SMA Negeri  Lahat. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan lembar validasi, lembar observasi, lembar penilaian dan tes prestasi belajar siswa. Analisis data yang digunakan nilai rata-rata (mean) dan uji-t. Simpulan dari penelitian ini adalah e-magazine berbasis software flipbooks yang dikembangkan layak untuk digunakan dalam pembelajaran dan  e-magazine berbasis software flipbooks yang dikembangkan yang dikembangkan efektif dapat meningkatkan kemandiran dan  prestasi belajar geografi pada siswa kelas XI SMA Negeri  Lahat

Keywords

e-magazine software flipbooks Kemandirian, Prestasi Belajar Geografi

Article Details

Author Biography

Laila Ganjar Qadarwati

SMA Negeri 4 Lahat

How to Cite
Laila Ganjar Qadarwati. (2023). PENGEMBANGAN E-MAGAZINE BERBASIS SOFTWARE FLIPBOOKS SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN GEOGRAFI UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN DAN PRESTASI BELAJAR PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI LAHAT. Diadik: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 13(2), 371–384. https://doi.org/10.33369/diadik.v13i2.31553

References

  1. Afrian, Rio., Jalmo, Tri., Yolida, Berti., 2014. Pengaruh Pembelajaran Multimedia Interaktif Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Bioterdidik Wahana Ekspresi Ilmiah. P-ISSN: 2302-1276 |e-ISSN : 2621-5594. Vol 2, No 6 (2014) . http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JBT/article/view/4735/2984 diakses tanggal 2 Agustus 2022
  2. Arsyad, Azhar. 2006. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
  3. Hamalik, Oemar. 2008. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
  4. Jariati Endang dan Yenti Elvi. 2020. Pengembangan E-Magazine Berbasis Multipel Representasi untuk Pembelajaran Kimia di SMA pada Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit JNSI: Journal of Natural Science and Integration p-ISSN: 2620-4967|e-ISSN: 2620-5092 Vol. 3, No. 2, Oktober 2020, Hal 138-150. http://ejournal.uin-suska.ac.id/ index.php/JNSI/article/view/10131/5666 diakses tanggal 2 Feruari 2022
  5. Pujiriyanto. 2012. Teknologi untuk Pengembangan Media dan Pembelajaran. Yogyakarta: UNY Press.
  6. Risdianto, Eko. 2019. Analisis Pendidikan Era Revolusi Industri 4.0 https://www.academia.edu/38353914/Analisis_Pendidikan_Indonesia_di_Era_Revolusi_Industri_4.0.pdf Diakses hari Rabu, 26 Juni 2019 pukul 13.00 WIB
  7. Sanaky, Hujair A. H. 2009. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Safiria Insania Press.
  8. Sardiman, A.M,. 2005. Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press
  9. Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
  10. Suyitno. 2016. Pengembangan Multimedia Interaktif Pengukuran Teknik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMK. Jurmal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. P-ISSN: 0854-4735 |e-ISSN: 2477-2410. Vol 23, No 1 (2016) https://journal.uny.ac.id/index.php/jptk/article/view/9359/7607 diakses tanggal 4 agustus 2022.
  11. Trianto. (2010). Model Pengembangan Terpadu: Konsep, Strategi dan Implementasi Dalam KTSP. Jakarta: Bumi Aksara