Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemandirian dan prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Matematika kelas VIII SMP Santo Yosef Lahat dengan menerapkan pembelajaran berbasis aplikasi Quizizz. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan kuasi eksperimen. Penelitian Tindakan kelas ini dilakukan 3 siklus, di mana masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII B untuk kelas PTK, kelas eksperimen peserta didik kelas VIII A, dan kelas kontrol peserta didik kelas VIII C. Pengumpulan data menggunakan observasi dan lembar hasil tes peserta didik. Data penelitian ini dianalisis dengan statistik deskriptif, nilai rata-rata (mean), presentase, dan uji-t. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan pembelajaran berbasis aplikasi Quizizz dapat meningkatkan kemandirian dan prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika kelas VIII SMP Santo Yosef Lahat

Keywords

pembelajaran berbasis aplikasi quizizz kemandirian prestasi belajar

Article Details

Author Biography

Clara Erindha Chris Gayuarsita

SMP Santo Yosef Lahat

How to Cite
Clara Erindha Chris Gayuarsita. (2023). PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI QUIZIZZ UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN DAN PRESTASI BELAJAR. Diadik: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 13(2), 385–397. https://doi.org/10.33369/diadik.v13i2.31554

References

  1. Aini, Yulia Isratul. 2019. Pemanfaatan Media Pembelajaran Quizizz Untuk Pembelajaran Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah di Bengkulu. Jurnal Kependidikan. Vol. 2.
  2. Akdon, Ridwan. 2007. Rumus dan Data dalam Analisis Statistika. Bandung: Alfabeta.
  3. Aliya. 2020. Buku Panduan Penggunaan Quizizz. Bogor: Universitas Pakuan.
  4. Amanah, S. A. N., Iwan, C. D., & Selamet. 2020. Pengaruh Penggunaan Aplikasi Quizizz terhadap Efektivitas Pembelajaran PAI. Jurnal Bestari, 17(1), 117–132.
  5. Anton, Sukarno. 1989. Ciri-Ciri Kemandirian Belajar. Jakarta: Kencana Prenada Media.
  6. Arikunto, S. 2006. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara.
  7. Arikunto, S. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
  8. Aziz, Umar Abdul. 2021. Panduan Menggunakan Quizizz untuk Guru Seluruh Indonesia. Jakarta.
  9. Azwar, Saifuddin. 2000. Tes Prestasi, Fungsi, dan Pengukuran Prestasi Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  10. Creswell, J.W. 2012. Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed. Jakarta: Pustaka Pelajar.
  11. Haris, Mudjiman. 2007. Belajar Mandiri. Surakarta: LPP dan UNS Press.
  12. Hudoyo, Herman. 2000. Mengajar Belajar Matematika. Malang: IKIP
  13. Kemdikbud. 2017. Matematika SMP/MTS Kelas VIII Semester 1. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
  14. Kemmis, S. & Mc. Taggart, R. 1988. The Action Research Planner. Victoria: Deakin University Press.
  15. Nazir, M. 2003. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.
  16. Nurhayati, Dani. 2011. Motivasi dan Prestasi Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran Matematika Ditinjau Dari Kelekatan Anak-Orang Tua. Yogyakarta: Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogtakarta, ISBN:978-979-16353-6-3.
  17. Rusyanti, Hetti. 2014. Pengertian Pembelajaran Matematika. http://www.kajianteori.com/2014/02/pengertianpembelajaranmatematika.html diakses pada tanggal 30 Mei 2022.
  18. Sagala, Syaiful. 2010. Supervisi Pembelajaran dalam Profesi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
  19. Salsabila, Unik Hanifah. 2020. Pemanfaatan Aplikasi Quizizz Sebagai Media Pembelajaran Ditengah Pandemi Pada Peserta didik SMA. Jurnal Ilmiah Ilmu Terapan Universitas Jambi, Volume 4 Nomor 2 Desember 2020.
  20. Santoso, Singgih. 2014. Panduan Lengkap SPSS Versi 20. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
  21. Suciningsih. 2020. Quizizz sebagai Alat Penilaian Hasil Belajar Dalam Masa Covid-19 di MI Muhammadiyah Tambakan Ajibarang Banyumas. Jurnal Pendidikan IAIN: Purwokerto.
  22. Sudjana, Nana. 1990. Teori-Teori Belajar Untuk Pengajaran. Bandung: Fakultas Ekonomi UI.
  23. Sugiyono. 2007. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
  24. Tahar, Irzan, dan Enceng. 2006. Hubungan Kemandirian Belajar dan Hasil Belajar Pada Pendidikan Jarak Jauh. Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh, September 2006, Volume 7, Nomor 2, 91-101: Diterbitkan.
  25. Uno, Hamzah B. 2007. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.
  26. Wijayanto, Erwin. 2017. Pengaruh Penggunaan Media Game Edukasi terhadap Hasil Belajar IPA Peserta didik Kelas IV SDN Kajartengguli Prambon Sidoarjo. Jurnal Penelitian Guru Sekolah Dasar.