Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran dan kemampuan awal peserta didik terhadap prestasi belajar matematika. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan variabel bebas model pembelajaran, variabel moderator kemampuan awal, dan variabel terikat prestasi belajar matematika. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas X di SMA Negeri 5 Mukomuko. Sampel diambil dengan teknik Purposive Random Sampling. Hasil penelitian diolah dengan teknik statistik Anava Dua Jalur dan uji t. Hasil penelitian : (1) terdapat perbedaan signifikan prestasi belajar pada peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran PBL dan yang dengan model pembelajaran DI. (2) terdapat perbedaan signifikan prestasi belajar antara peserta didik berkemampuan awal tinggi dengan peserta didik berkemampuan awal rendah. (3) terdapat interaksi antara penggunaan model pembelajaran dan kemampuan awal  peserta didik terhadap prestasi belajar peserta didik. (4) terdapat perbedaan signifikan antara prestasi belajar peserta didik berkemampuan awal tinggi yang belajar dengan model pembelajaran PBL dan dengan model pembelajaran langsung. (5) tidak terdapat perbedaan signifikan prestasi belajar peserta didik berkemampuan awal rendah antara belajar dengan model pembelajaran PBL dibandingkan dengan belajar dengan model pembelajaran langsung.

Keywords

Model Pembelajaran PBL Kemampuan Awal Prestasi Belajar

Article Details

Author Biography

Sri Hartati

SMA Negeri 5 Mukomuko

How to Cite
Sri Hartati. (2023). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN KEMAMPUAN AWAL PESERTA DIDIK TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA. Diadik: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 13(2), 408–417. https://doi.org/10.33369/diadik.v13i2.31557

References

  1. Clark, Donald. 2010. List Entri Behavoir. http://www.nwlink.com/-donclark/hrd/isd/entry_behavoir.html. Diunduh : 14 Mei 2022.
  2. Depiknas. 2003. Undang-undang RI No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
  3. Hadi, Sutrisno. 1987. Metodologi Research Jilid 1. Yogyakarta : Yayasan Penerbitan Fakultas Psikologi UGM.
  4. Joyce, B. and Weil. 2009. Model of Teaching (edisi ke-8, cetakan ke-1). Diterjemahkan oleh Achmad Fuwaid dan Ateila Mirza. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
  5. Rahayu dan Nuryata. 2010. Pilar Pendidikan. Jakarta : Alfabeta.
  6. Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.
  7. Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta.
  8. Sumiati & Asra. 2007. Metode Pembelajaran. Bandung : CV. Wacana Prima.
  9. Surya, Mohamad. 2004. Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran. Bandung.: Pustaka Bani Quraisy.
  10. Suyatno. 2009. Menjelajah Pembelajaran inofatif. Sidoarjo : Masmedia Buana Pusaka.
  11. Warsita, Bambang. 2008. Teknologi Pembelajaran : Landasan dan Aplikasinya. Jakarta : PT. Rineka Cipta.
  12. Wijayanto B.A & Sumirat E.W. 2009. Pembuatan Media Pembelajaran Biologi SMP. Jurnal Sentra Penelitian Enginering dan Edukasi.
  13. ---------. 2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia.