Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan 1) Penerapan model pembelajaran simulasi berbasis kewirausahaan untuk meningkatkan kepedulian dan 2) Penerapan model pembelajaran simulasi berbasis kewirausahaan untuk meningkatkan prestasi belajar pada mata pelajaran Agribisnis Tanaman Sayuran di kelas XII ATPH SMK Negeri 6 Seluma. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek pada penelitian ini adalah peserta didik kelas XII ATPH tahun ajaran 2022/2023 pada semester 1 berjumlah 17 orang. Pada variabel penerapan model simulasi berbasis kewirausahaan, teknik pengumpulan data kepedulian peserta didik dilakukan dengan observasi dan variabel prestasi belajar dengan tes. Analisis data menggunakan nilai rata-rata dan t-test. Hasil penelitian menunjukkan; 1) Penerapan model pembelajaran simulasi berbasis kewirausahaan dapat meningkatkan kepedulian peserta didik; 2) Penerapan model pembelajaran simulasi berbasis kewirausahaan secara signifikan dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik

Keywords

Model Pembelajaran Simulasi berbasis kewirausahaan Kepedulian Prestasi belajar

Article Details

Author Biography

Yudiarti Pebrinita

SMK Negeri 6 Seluma

How to Cite
Yudiarti Pebrinita. (2023). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SIMULASI BERBASIS KEWIRAUSAHAAN UNTUK MENINGKATKAN KEPEDULIAN DAN PRESTASI BELAJAR. Diadik: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 13(2), 418–427. https://doi.org/10.33369/diadik.v13i2.31558

References

  1. Abida, R. A. A., dan Sa’idah. 2021. Upaya Meningkatkan Kepedulian Sosial Melalui Simulasi Game Pada Siswa SMK Matsaratul Huda Pamekasan. Jurnal Bimbingan dan Konseling Borneo, 3(1), 70–76.
  2. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah, (2006).
  3. Joyce, B; and Weil, M. 2003. Models of Teaching (5 ed.). Prentice Hall of India
  4. Nursalim. 2020. Penerapan Metode Pembelajaran Simulasi untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Mata Kuliah TEYL Mahasiswa Semester VI Pendidikan Bahasa Inggris FKIP Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong. Jurnal Pendidikan, 8(2)
  5. Rheina. 2021. Ditjen Diksi Luncurkan Program PKK dan PKW 2021. Dirjen Vokasi Kemendikbud. https://www.vokasi.kemdikbud.go.id/read/ditjen-diksi-luncurkan-program-pkk-dan-pkw-2021
  6. Royani, A. 2017. Penerapan Teknik Pembelajaran Kooperatif NHT dalam Meningkatkan Pemahaman tentang Bumi Bagian dari Alam Semesta. Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual, 2(3), 294.
  7. Senawati. 2018. Penerapan Metode Simulasi untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PKn Di Kelas IV SD Negeri 12 Kepahiang. Jurnal PGSD, 11(1), 83–90.
  8. Siregar, Derliana. 2018. Pengaruh Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Menggunakan Metode Sosiodrama Terhadap Kepedulian Sosial Siswa Kelas V DI SD NEGERI 060898 Medan. ELEMENTARY SCHOOL JOURNAL, 8(1), 103–109.
  9. Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan RnD (28 ed; Nomor 1). CV Alfabeta.
  10. Suharti., dan Amalia, R. R. 2018. Entrepeneurship Education Through Project Based Learning For 3rd Grade Student Of Kareng Kidul Elementary School Probolinggo. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 4, 78–86.
  11. Wahyuni, D., dan Baroroh, K. 2015. Penerapan Metode Pembelajaran Simulasi Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Prestasi Belajar Ekonomika Mikro. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, 9(1).
  12. Yasmini, I. G. K. 2021. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar IPA. Journal of Education Action Research, 5(2).
  13. .