Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Time Token untuk meningkatkan partisipasi dan prestasi belajar studi pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas XII MIPA SMA Negeri 2 Lahat. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dan kuasi eksperimen. Subjek penelitian adalah siswa kelas XII MIPA 2 semester ganjil tahun pelajaran 2022/2023. Melalui teknik simple random sampling diperoleh sampel kuasi eksperimen adalah kelas XII MIPA 3 dan kelas XII MIPA 1 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian ini menggunakan lembar observasi dan tes. Data penelitian dianalisis dengan statistik deskriptif, rata-rata (mean), persentase, dan uji-t. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Time Token dapat meningkatkan secara signifikan partisipasi dan prestasi belajar siswa kelas XII MIPA SMA Negeri 2 lahat

Keywords

Model Pembelajaran Time Token Partisipasi Prestasi Belajar

Article Details

Author Biography

Lediana

SMA Negeri 2 Lahat

How to Cite
Lediana. (2023). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOFERATIF TIPE TIME TOKEN MENINGKATKAN PARTISIPASI DAN PRESTASI BELAJAR. Diadik: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 13(2), 428–441. https://doi.org/10.33369/diadik.v13i2.31559

References

  1. Arikunto, S. 2008. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Karya.
  2. Darmadi. 2017. Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran dalam Dinamika Belajar Siswa. Yogyakarta: Deepublish.
  3. Hasibuan & Moedjiono. 2006. Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
  4. Huda, Miftahul. 2013. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  5. Madya, Suawarsih. 2006, Penelitian Tindakan: Action Reseach, Bandung: Alfabeta
  6. Nasir Muhammad, 2003, Metode Penelitian, Jakarta, Ghalia Indonesia.
  7. Sudjana Nana. 2006. Metode Statistik. Jakarta: Rineka Cipta
  8. Sumadi Made. 2002. Mengoptimalkan Partisipasi dan Prestasi Belajar Matematika Siswa melalui Strategi Pengubahan Bentuk Soal yang digunakan sebagai Contoh dengan Metode Substitusi dan Eliminasi di Kelas 1 F SLTP N 1 Singaraja. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran IKIP Negeri Singaraja. (Nomor 3 Tahun XXXXV). Halaman 6.
  9. Tjokro Winoto, Moeljarto. 1996. Pengembangan Dilema Dan Tantangan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar