Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Time Token untuk meningkatkan partisipasi dan prestasi belajar studi pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas XII MIPA SMA Negeri 2 Lahat. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dan kuasi eksperimen. Subjek penelitian adalah siswa kelas XII MIPA 2 semester ganjil tahun pelajaran 2022/2023. Melalui teknik simple random sampling diperoleh sampel kuasi eksperimen adalah kelas XII MIPA 3 dan kelas XII MIPA 1 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian ini menggunakan lembar observasi dan tes. Data penelitian dianalisis dengan statistik deskriptif, rata-rata (mean), persentase, dan uji-t. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Time Token dapat meningkatkan secara signifikan partisipasi dan prestasi belajar siswa kelas XII MIPA SMA Negeri 2 lahat
Keywords
Article Details
References
- Arikunto, S. 2008. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Karya.
- Darmadi. 2017. Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran dalam Dinamika Belajar Siswa. Yogyakarta: Deepublish.
- Hasibuan & Moedjiono. 2006. Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
- Huda, Miftahul. 2013. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
- Madya, Suawarsih. 2006, Penelitian Tindakan: Action Reseach, Bandung: Alfabeta
- Nasir Muhammad, 2003, Metode Penelitian, Jakarta, Ghalia Indonesia.
- Sudjana Nana. 2006. Metode Statistik. Jakarta: Rineka Cipta
- Sumadi Made. 2002. Mengoptimalkan Partisipasi dan Prestasi Belajar Matematika Siswa melalui Strategi Pengubahan Bentuk Soal yang digunakan sebagai Contoh dengan Metode Substitusi dan Eliminasi di Kelas 1 F SLTP N 1 Singaraja. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran IKIP Negeri Singaraja. (Nomor 3 Tahun XXXXV). Halaman 6.
- Tjokro Winoto, Moeljarto. 1996. Pengembangan Dilema Dan Tantangan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
References
Arikunto, S. 2008. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Karya.
Darmadi. 2017. Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran dalam Dinamika Belajar Siswa. Yogyakarta: Deepublish.
Hasibuan & Moedjiono. 2006. Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Huda, Miftahul. 2013. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Madya, Suawarsih. 2006, Penelitian Tindakan: Action Reseach, Bandung: Alfabeta
Nasir Muhammad, 2003, Metode Penelitian, Jakarta, Ghalia Indonesia.
Sudjana Nana. 2006. Metode Statistik. Jakarta: Rineka Cipta
Sumadi Made. 2002. Mengoptimalkan Partisipasi dan Prestasi Belajar Matematika Siswa melalui Strategi Pengubahan Bentuk Soal yang digunakan sebagai Contoh dengan Metode Substitusi dan Eliminasi di Kelas 1 F SLTP N 1 Singaraja. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran IKIP Negeri Singaraja. (Nomor 3 Tahun XXXXV). Halaman 6.
Tjokro Winoto, Moeljarto. 1996. Pengembangan Dilema Dan Tantangan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar