Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing dapat mengembangan konsep diri dalam pembelajaran  kimia siswa kelas XII MIPA SMA Negeri 4 Lahat; (2) Mendeskripsikan penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing dapat  meningkatkan prestasi belajar kimia siswa Kelas XII MIPA SMA Negeri 4 Lahat; (3) Mendeskripsikan efektivitas penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing dapat meningkatkan prestasi belajar kimia siswa kelas XII MIPA SMA Negeri 4 Lahat. Penelitian dilaksanakan dengan menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) dan kuasi eksperimen. Metode pengumpulan data pada penelitian ini mengunakan lembaran observasi untuk mengukur proses pembelajaran dan konsep dirirsiswa dan untuk mengukur prestasi belajar digunakan tes. Sedangkan analisis data digunakan analisis skor rata-rata dan uji-t test. Penelitian dilaksanakan di kelas XII MIPA 5 sebagai kelas PTK. Penelitian  ini menghasilkan kesimpulan: (1) Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing dapat mengembangkan konsep diri siswa, (2) Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing dapat meningkatkan prestasi belajar siswa, (3) Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing efektif meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pembelajaran kimia

Keywords

model pembelajaran inkuiri terbimbing konsep diri prestasi belajar

Article Details

Author Biography

Marta Beni Widianti

SMA Negeri 4 Lahat

How to Cite
Marta Beni Widianti. (2023). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENGEMBANGKAN KONSEP DIRI (SELF-CONCEPT) DAN MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR. Diadik: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 13(2), 442–454. https://doi.org/10.33369/diadik.v13i2.31560

References

  1. Agustiani, Hendriati. 2009. Psikologi Perkembangan (Pendekatan ekologi kaitanya dengan konsep diri dan penyesuaian diri pada remaja). Bandung: PT Refika Aditama.
  2. Arikunto, Suharsimi. 2009. Manajemen Penelitian. Jakarta : PT Rineka Cipta.
  3. Arlianty, W. N., Ashadi, & Mulyani, S. 2015. Pembelajaran Kimia Menggunakan Model pembelajaran inkuiri terbimbing Dan Predict Observe Expain (POE) Ditinjau Dari Sikap Ilmiah Dan Kemampuan Berfikir Kritis Pada Materi Hidrolisis Garam. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan “Inovasi Pembelajaran Untuk Pendidikan Berkemajuan” Fkip Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Diakses melalui
  4. Https://Seminar.Umpo.Ac.Id/Index.Php/Semnasdik2015/Article/View/273/273 pada tanggal 24 Agustus 2022.
  5. Depdiknas. 2003. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.
  6. Dewi, N. L., Dantes, N., & Sadia, I. W. 2013 . Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Sikap Ilmiah Dan Hasil Belajar IPA. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Pendidikan Dasar. Diakses melalui
  7. https://media.neliti.com/media/publications/119287-ID-none.pdf pada tanggal 3 September 2022.
  8. Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineke Cipta
  9. Gulo, W. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Grasindo.
  10. Hardjana, Agus M. 2003. Komunikasi Intrapersonal Dan Interpersonal. Yogyakarta: Kanisius.
  11. Hidayat, R, Nyoman, S.I, & Putri S. 2019. Komparasi Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Dan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Ditinjau Dari Pemahaman Konsep IPA Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia. Diaksess melalui
  12. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPPSI/article/view/19378 pada tanggal 3 Semtember 2022.
  13. Malihah, M. 2011. Pengaruh Model Guide Inquiry (Inkuiri Terbimbing) terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa pada Konsep Laju Reaksi. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah.
  14. Nurhidayati, S, Zubaidah, S & Indriwati, S. E. 2015. Pengaruh Metode Inkuiri Terbimbing Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Biologi Siswa. Pendidikan Biologi FMIPA Universitas Negeri Malang. Diakses melalui
  15. https://www.researchgate.net/publication/322286901_Pengaruh_Metode_Inkuiri_Terbimbing_Terhadap_Aktivitas_dan_Hasil_Belajar_Biologi_Siswa pada tanggal 27 September 2022.
  16. Roestiyah. 2008. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta. Rineka Cipta.
  17. Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
  18. Sumarni, Santoso, B. B, & Suparman, A. R. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik. Universitas Papua Manokwari. Jurnal Komunikasi Pendidikan. Diakses melalui
  19. http://journal.univetbantara.ac.id/index.php/komdik/article/view/17
  20. pada tanggal 3 September 2022.
  21. Sunarjo. 2016. Eksperimentasi Strategi Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Dan Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (Stad) Terhadap Konsep Diri Siswa Ditinjau Dari Kreativitas Belajar Fisika Pada Siswa Kelas X Man 2 Sragen . Universitas Muhammadiyah Surakarta.
  22. Http://Eprints.Ums.Ac.Id/45043/2/1depan.Pdf Diakses Pada Tanggal 2 Juni 2022.
  23. Widoyoko, Eko P. 2009. Evaluasi Program Pembelajaran (Panduan Praktis Bagi Pendidik dan Calon Pendidik). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  24. Udiani, K., Marhaeni, A. A. I. N., & Arnyana, I. B. P. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar IPA dengan Mengendalikan Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas IV SD No 07 Benoa Kecamatan Kuta Selatan Kabupaten Badung. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. Diakses melalui
  25. https://media.neliti.com/media/publications/125124-ID-pengaruh-pembelajaran-inkuiri-terbimbing.pdf pada tanggal 28 September 2022.
  26. Yasmini, Ni Made. 2022. Metode Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V . Journal of Education Action Research Diakses melalui
  27. file:///C:/Users/acer/Downloads/jearmanager,+11.+JEAR+VOL.+6+NO.+1+Ni+Made+Yasmini+73-79.pdf pada tanggal 3 September 2022