Main Article Content

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode pemberian tugas mengunakan bahan alam untuk meningkatkan motorik halus dan kasar pada anak kelompok B di TK Witri Seluma dan untuk mendeskripsikan efektivitas metode pemberian tugas mengunakan bahan alam untuk meningkatkan motorik halus dan kasar pada anak kelompok B di TK Witri Seluma. Metode penelitian adalah penelitian PTK dan Kuasi Eksperimen. Subyek dalam penelitian PTK adalah anak Kelompok B1 TK Witri Seluma yang berjumlah 10 orang. Sedangkan sampel untuk kelompok eksperimen adalah kelompok B2 berjumlah 10 orang dan kelompok kontrol adalah kelompok B3 yang berjumlah 10 orang anak. Teknik pengumpulan data adalah observasi. Teknik analisa data dengan analisis rata-rata dan t tes. Hasil penelitian dapat mengungkapkan bahwa penerapan metode pemberian tugas berbahan alam efektif dalam meningkatkan motorik halus dan motorik kasar

Keywords

metode pemberian tugas motorik halus motorik kasar

Article Details

Author Biography

Yeni Puji Astuti

TK Witri Seluma

How to Cite
Yeni Puji Astuti. (2023). PENERAPAN METODE PEMBERIAN TUGAS MENGGUNAKAN BAHAN ALAM UNTUK MENINGKATKAN MOTORIK HALUS DAN KASAR. Diadik: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 13(2), 455–466. https://doi.org/10.33369/diadik.v13i2.31561

References

  1. Aqib Z . 2009. Penelitian Tindakan kelas. Bandung: Yrama Widya
  2. Arikunto, Suharsimi. 2006. Penelilitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bina Aksara
  3. Astati 1995. Terapi Okupasi, Bermain dan Musik untuk Anak Tunagrahita.
  4. Bandung:Depdikbud.
  5. Bungin, Burhan. 2012. Materi Pokok Pengelolaan Kegiatan Pengembangan Anak Usia Dini Modul 1-12 PAUD 447 4 SKS. Jakarta: Universitas Terbuka
  6. Depdiknas 2008. Kurikulum Taman Kanak-Kanak. Jakarta:Kemendiknas
  7. Kartono, Beni. 1995. Motorik Halus dan Motorik Kasar Pada Anak. Bandung:Alfabeta. Marisson A. 2012. Metode Penelitian Survai. Jakarta:Kencana.
  8. Moeslichatoen. 2004. Metode Pengajaran Di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Rineka Cipta. Nelson, Aprianto. 2000. Pemberian Tugas dan Tekniknya. Jakarta:Kencana.
  9. Nurjanah, Dwi. 2018. Peningkatan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Bermain Papercraft. Penelitian Tindakan di TK Alam Rizkia, Depok. Al-Athfal: Jurnal Pendidikan Anak. 4 (2). 149-160.
  10. Puslika, Disi. 2021. Penerapan Metode Bermain dengan Meronce untuk Meningkatkan Motorik Halus dan Kognitif Anak Pada Kelompok B TK Negeri 1 Pagar Alam. Bengkulu:Universitas Bengkulu.
  11. Saputra, Ananda. Rudyanto, Andi. 2005. Motorik Halus dan Faktor yang Berpengaruh dalam Perkembangannya. Bandung:Alfabeta.
  12. Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta:Kencana.
  13. Sumantri. 2005. Model Pengembangan Keterampilan Motorik Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Tenaga Perguruan Tinggi.
  14. Sunardi, Andika. Sunaryo. 2007. Motorik Kasar pada Anak. Bandung:Andi Wardhani, IGK. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta. Universitas Terbuka
  15. Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja.
  16. Winarni 2011. Penerapan Metode Pemberian Tugas Melalui Kegiatan Meronce. e-journal