Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan : (1) perbedaan prestasi belajar antara mahasiswa yang belajar dengan model pembelajaran PBL kelompok dari pada individu, (2) perbedaan prestasi belajar mahasiswa gaya belajarnya visual dibandingkan dengan auditori, (3) pengaruh interkasi gaya pembelajaran dan gaya belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa, (4) perbedaan prestasi belajar mahasiswa yang memiliki  gaya belajar visual dengan PBL kelompok dan individu dan (5) perbedaan prestasi belajar mahasiswa gaya belajar auditori yang belajar dengan PBL secara kelompok dan individu. Jenis penelitian yang dilakukan adalah eksperimen dengan desain faktorial 2x2. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik semestar IV yang terdiri dari 3 kelas. Sampel penelitian ditentukan secara rendom sampling kelas IVA sebagai kelas eksperimen dan kelas IVB sebagai kelas kontrol. Uji hipotesis penelitian menggunakan anava dua jalur. Hasil pengolahan data disimpulkan : (1) Prestasi belajar mahasiswa yang belajar dengan model pembelajaran PBL kelompok lebih tinggi dari pada individu, (2) Prestasi belajar mahasiswa gaya belajar visual lebih tinggi dibandingkan auditori (3) Ada pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan gaya belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa, (4) Prestasi belajar mahasiswa gaya belajar visual PBL secara kelompok lebih tinggi dari pada individu (5) Tidak ada perbedaan prestasi belajar mahasiswa yang memiliki gaya belajar auditori yang mengikuti pembelajaran dengan PBL secara kelompok dengan secara individu

Keywords

problem based learning gaya belajar prestasi belajar

Article Details

Author Biography

Angga Nugraha

STIKes Bhakti Husada Bengkulu

How to Cite
Angga Nugraha. (2023). PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN GAYA BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR. Diadik: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 13(2), 467–481. https://doi.org/10.33369/diadik.v13i2.31562

References

  1. Arikunto, S. 2015. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek.
  2. Al-Tabany, T. I. B. 2017. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, Dan Konteksual. Prenada Media.
  3. Amaliyah, R. I. 2019. Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Aqidah Akhlak Siswa Mts Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung.
  4. Azhar Arsyad. 2018, Media Pembelajaran, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
  5. Barrows, HS. Tamblyn.RM 1980. Problem Based Learning An Approach to Medical Education. New York: Springer Publishing
  6. Bire, Arylien & Ludji. 2014. “ Pengaruh Gaya Belajar Visual, Auditorial, dan Kinestetik Terhadap Prestasi Belajar SIswa”. Jurnal Kependidikan, Vol.44 November, hal. 168-174.
  7. Boud, D dan Felleti,G.I.1997.The Challenge of Problem-Based Learning.dalam Ngalimun.2014. Strategi dan Model Pembelajaran.. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
  8. DePorter, Bobbi dan Hernacki, Mike. 2013. Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung: Kaifa Learning.
  9. Eviani, Utami,S., & Sabri, T. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Literasi Sains IPA Kelas V SD. Jurnal: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, Vol. 3
  10. Etikasari, F. 2015. Penerapan Pendekatan Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Dalam Pembelajaran Pai Materi Zakat Mal Di Kelas Viii Smp Muhammadiyah 10 Belik Pemalang. Iain Purwokerto.
  11. Firdianti, A. 2018. Implementasi manajemen berbasis sekolah dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Gre Publishing.DePorter, B. (2006). Quantum learning: Membiasakan belajar nyaman dan menyenangkan.
  12. Barrows, HS. Tamblyn.RM. 1982. Definisi Project Based Learning. Jakarta: Sejarah Indonesia.
  13. Hamdani. 2017. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia
  14. Hariyanto, E., & Mustafa, P. S. 2020. Pengajaran Remedial dalam Pendidikan Jasmani. Lambung Mangkurat University Press.
  15. Hariyanto dan Suyono. 2012. Belajar dan Pembelajaran, (Bandung: Remaja Rosdakarya.
  16. Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia
  17. Jainurakhma, J., Damayanti, D., Manalu, N. V., Supriadi, E., Sinaga, R., Meinarisa, M.,Saputra, B. A. 2021. Caring Perawat Gawat Darurat. Yayasan Kita Menulis.
  18. Joyce, B & Weil. 2009. Model-model Pengajaran. Edisi 8. Terjemahan A. Fuwaid & A. Mirza. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  19. J. Oja, K. 2011. Using problem-based learn- ing in the clinical setting to improve nursing students’ critical thinking: An evidence review. Journal of Nursing Education Vol. 50, No. 3
  20. L., Geradus, U., & Bire, J. 2014. Pengaruh gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik terhadap prestasi belajar siswa. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 44(2).
  21. Lubis, R. S., Sari, R. F., & Cipta, H. 2017. Efektivitas Pembelajaran Model Grasha-Riechmann Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. In Seminar Nasional Matematika dan Aplikasi (pp. 1–12).
  22. Mayasari, Y., & Afriansyah, E. A. 2016. Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Studi Penelitian di SMP Negeri 5 Garut). Jurnal Riset Pendidikan Vol, 2(1).
  23. Muam, CH., 2013, Pengaruh Modalitas Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa , Fakultas Ilmu Tarbiyah, Semarang
  24. Muhibbin Syah. 2020. Psikologis Pendidikan dengan Pendekatan Baru,(Bandung : PT Remaja karya
  25. Mulyati, dkk. 2003. Strategi belajar mengajar kimia . Bandung: Jurusan Pendidikan kimia FPMIPA UPI.
  26. Mugianto, M., & Lia Khoirunnisa, L. 2015. Pengaruh Intelegensi Dan Remedial Teaching Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Fiqh Siswa Kelas Vi Madrasah Ibtidaiyah Se-Kecamatan Gandusari Kabupaten Trenggalek. IAIN Tulungagung.
  27. Musfirah (2022). Hubungan Gaya Belajar Visual dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas V SD Negeri 24 Macanang. Jurnal Pendidikan & Pembelajaran Sekolah Dasar.
  28. Nugroho, C., & Pramukantoro, J. A. 2014. Pengaruh Motivasi Belajar Mahasiswa Berdasarkan Latar Belakang Sekolah Pada Mata Kuliah Praktik Dasar Listrik dan Matematika Teknik 1 terhadap Prestasi BelajarMahasiswa S1 PTE UNESA tahun angkatan 2012. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 3, 97-104.
  29. Nurwati, I., Haryono, A., & Wijaya, S. U. M. 2016. Perpaduan Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Mind Mapping dengan Problem Based Learning dan Think Pair Share terhadap Hasil Belajar. In National Conference On Economic Education.
  30. Nurhadi 2018. Pelatihan Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Untuk Guru Sekolah Dasar di Lingkungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Sukabumi. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(1), 45
  31. Nini Subini, Rahasia Gaya Belajar Orang Besar, (Jogjakarta: Javalitera, 2001), hlm. 17
  32. Depdiknas. (2003). Undang-undang RI No.20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Diunduh dari https://kelembagaan.ristekdikti.go.id/wpcontent/uploads /2016/08/UU_no_20_th_2003.pdf pada 22 Juli 2019.
  33. Oktariani, O. 2018. Peranan Self Efficacy Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Psikologi Kognisi, 3(1), 45–54.
  34. Hamalik, Oemar. 2018. Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta: Bumi Aksara,
  35. Papilaya, J. O., & Huliselan, N. 2016. Identifikasi gaya belajar mahasiswa. Jurnal Psikologi, 15(1), 56–63.
  36. Poerwodarminta. 2017. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru,Jakarta:PT Grafinda persada,
  37. Purwanto. 2017. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
  38. Popi Sopiatin dan Sohari Sahrani. 2018 Psikologi Belajar dalam Perspektif Islam, Bogor: Ghalia Indonesia,
  39. Rachmawati, Tutik & Daryanto. 2015. Teori Belajar dan Proses Pembelajaran yang Mendidik. Yogyakarta: Gava Media
  40. Rif’atul, J. 2015. Pengaruh Minat Dan Kebiasaan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Matematika Siswa Madrasah Ibtidaiyah Se-Kecamatan Tugu Kabupaten Trenggalek. IAIN Tulungagung.
  41. Ricki Linksman 2014 Cara Belajar Cepat, Semarang: Dahara Prize.
  42. Sari, A. P., Yosef, Y., & Sofah, R. 2018. Pemanfaatan Model Gaya Belajar Dunn Dan Dunn Untuk Menganalisis Gaya Belajar Siswa Berprestasi Rendah Di Sma Negeri 11 Palembang. Sriwijaya University.
  43. Selamet, I. K. 2020. Penggunaan Media Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas V SD Inpres Tumpu Jaya I. Jurnal Paedagogy, 7(2), 121–125.
  44. Saleh, M. 2013. Strategi pembelajaran fiqh dengan problem-based learning. JURNAL ILMIAH DIDAKTIKA: Media Ilmiah Pendidikan Dan Pengajaran, 14(1).
  45. Siagian, R. E. F., & Nurfitriyanti, M. 2015. Metode pembelajaran inquiry dan pengaruhnya terhadap hasil belajar matematika ditinjau dari kreativitas belajar. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(1).
  46. Siti Maisukhoh, S. M. 2015. Pengaruh Minat Belajar Dan Kedisiplinan Siswa Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Al Qur’an Hadits Pada Siswa Kelas Iv Di Madrasah Ibtidaiyah Se-Kecamatan Gandusari Kabupaten Trenggalek. IAIN Tulungagung.
  47. Soejanto. 2005. Bimbingan ke arah Belajar Yang Sukses, Bandung:Remaja Rosdakarya
  48. Sudarmanto, E., Mayratih, S., Kurniawan, A., Abdillah, L. A., Martriwati, M., Siregar, T. Nugroho, A. G. 2021. Model Pembelajaran Era Society 5.0 (Vol. 1). Penerbit Insania.
  49. Sundayana. 2016. “Kaitan antara Gaya Belajar, Kemandirian Belajar, dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP dalam Pelajaran Matematika”. Mosharafa, Vol. 2 Mei, hal 77.
  50. Sumartini, T. S. 2016. Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa melalui pembelajaran berbasis masalah. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 148–158.
  51. Surur, A. M. 2020. Ragam Strategi Pembelajaran, Dilengkapi dengan Evaluasi Formatif. Cv. Aa. Rizky.
  52. Susanto, A. 2014. Pengembangan pembelajaran IPS di SD. Kencana.
  53. Sudarsana, I. K. 2016. Peningkatan mutu pendidikan luar sekolah dalam upayapembangunan sumber daya manusia. Jurnal Penjaminan Mutu, 1(1), 1–14.
  54. Suyono dan Hariyanto. 2014. Belajar dan Pembelajaran, (Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
  55. Sulistiani, E., dan Masrukan. 2016. Pentingnya Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika untuk Menghadapi tantangan MEA. Seminar Nasional Matematika X Universitas Negeri Semarang, 605-612.
  56. Syaiful Bahri Djamarah dan Azwan Zain.2013. Strategi Belajar Mengajar.Jakarta: PT Rineka Cipta
  57. Syamsiara Nur dan Indah Panca Pujiastuti (2010). Efektivitas Model Problem Based Learning (Pbl) terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Prodi Pendidikan Biologi Universitas Sulawesi Barat dalam jurnal Ssaintifik volume 2.
  58. Tabun, Y. F., & Sunarno, W. 2019. Problem Based Learning, Kemampuan Berpikir Kritis, Kerjasama dan Hasil Belajar Siswa Smp. Proceeding of Biology Education, 3(1), 58–63.Uno, H. B. (2006). Orientasi baru dalam psikologi penbelajaran.
  59. Tutik Rahmawati, Daryanto. 2015 Teori Belajar dan Proses Pembelajaran Yang Mendidik, (Yogyakarta: Gava Media,
  60. Uno, H. B. 2013. Orientasi Baru dalam Psikologi Pendidikan. In H. B. Uno, Orientasi Baru dalam Psikologi Pendidikan (p. 23). Jakarta: Bumi Aksara Active Learning dalam PembelajaranBahasa Arab, (Malang: UIN-Malang Press.
  61. Wardan suyanto. 2009. Penerapan model problem-based learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Niversitas negeri yogyakarta wardansuyanto@uny.ac.id
  62. Wahyuni, Y. 2017. Identifikasi gaya belajar (visual, auditorial, kinestetik) mahasiswa pendidikan matematika universitas bung hatta. JPPM (Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika), 10(2).
  63. Wina Sanjaya. 2014. Proses Belajar Mengajar, Jakarta:PT Pustaka Indeks
  64. Winkel, W.S. 2009. Psikologi Pengajaran. Jakarta : Gramedia
  65. Widaningsih, I. 2019. Strategi dan inovasi pembelajaran bahasa indonesia di era revolusi industri 4.0. Uwais Inspirasi Indonesia