Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Memorization dalam meningkatkan daya ingat siswa pada mata pelajaran Bahasa Inggris Kelas VII SMP N 13 Kota Bengkulu. 2) untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Memorization dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Inggris Kelas VII SMP N 13 Kota Bengkulu. 3) untuk mendeskripsikan efektifitas penerapan model pembelajaran Memorization dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Inggris Kelas VII SMP N 13 Kota Bengkulu. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakkan kelas yang dipadukan dengan kuasi eksperimen. Subyek penelitian ini dalah siswa kelas VIIA dan VIIB SMP N 13 Kota Bengkulu sebagai kelas PTK dan Kelas eksperimen. Sedangkan kelas VIIC SMP N 13 Kota Bengkulu sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1). Penerapan model Memorization dalam pembelajaran Bahasa Inggris dapat meningkatkan daya ingat Peserta didik kelas VII SMP N 13 Kota Bengkulu, 2) Penerapan model Memorization dalam pembelajaran Bahasa Inggris dapat meningkatkan prestasi belajar Peserta didik kelas VII SMP N 13 Kota Bengkulu, 3) Penerapan model Memorization efektif untuk meningkatkan prestasi belajar Bahasa Inggris Peserta didik kelas VII SMP N 13 Kota Bengkulu.

Keywords

model pembelajaran memorization daya ingat prestasi belajar

Article Details

Author Biography

Hinda Deici Saputri

SMP Negeri 13 Kota Bengkulu

How to Cite
Hinda Deici Saputri. (2023). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MEMORIZATION UNTUK MENINGKATKAN DAYA INGAT DAN PRESTASI BELAJAR SISWA. Diadik: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 13(2), 482–493. https://doi.org/10.33369/diadik.v13i2.31563

References

  1. Akmal, Kalat. 2011. Upaya Meningkatkan Daya Ingat Siswa Kelas IV Melalui Penerapan Metode Praktek Dan Latihan Terstruktur. https://media.neliti.com/media/publications, diunduh 10 November 2021
  2. Anwar. 2017. Penjelasan Teknik Purposive Sampling Lengkap, Detail. Bandung: Pustaka Setia
  3. Hidayah, N. 2015. Pengembangan media pembelajaran berbasis komik pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial kelas IV MI Nurul Hidayah Roworejo Negerikaton Pesawaran. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 4(1), 34–46.
  4. Lesmana. 2015. Inovasi Pembelajaran. Bumi Aksara; Jakarta
  5. Marfuatun, E. & Rafiqah. 2015. Pengembangan Metode Pembelajaran Kooperatif Secara Online Pada Kuliah Pada Kuliah kimia Fisika II. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains. 1(2):125-133
  6. Ratminingsih. 2021. Memory Champion. Elex Media Komputindo; Jakarta
  7. Romi, Anshorulloh. 2008. Efektivitas Metode Mnemonik Dalam Meningkatkan Daya Ingat Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah. Skripsi, fakultas Psikologi UIN Malang
  8. Santrock 2011. Life-Span Development: Perkembangan Masa-Hidup. Edisi 13. Sciences. 2nd edition. New York
  9. Sudjana. 2009. Metode Statistika. Bandung: Tarsito
  10. Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Survey, Bandung: Alfabeta.
  11. Sujanto. 2009. Cara Mudah Memperbaiki Daya Ingat. Terjemahan Kandiana Ari M. Platinum. Depok.
  12. Suryono & Hariyanto 2014. Belajar dan Pembelajaran Teori dan Konsep Dasar. Bandung PT Remaja Rosdakarya
  13. Umainingsih, Mitha Beti, dkk. (2017). Memory’s Learning Model Implement to Increase Memory and Studying Achievement Mathematics. DIADIK: Jurnal ilmiah teknologi pendidikan diakses 10 Oktober 2021