Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi Standar BDR sesuai Surat Edaran Kemendikbud No.15 Tahun 2020 pada pelaksanaan pembelajaran Matematika Di SDIT Iqra’2 Kota Bengkulu. Dalam penelitian ini digunakan model evaluasi discrepancy. Subjek penelitian ini adalah guru matematika dalam pelaksanaan perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan penilaian pembelajaran daring (aspek pengetahuan) di era pandemi covid 19. Data dikumpulkan dengan instrumen yang dimodifikasi dari instrumen Standar BDR sesuai Surat Edaran Sekjen Kemendikbud No.15 Tahun 2020. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah observasi langsung dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi Standar BDR sesuai Surat Edaran Sekjen Kemendikbud No.15 Tahun 2020 pada pelaksanaan pembelajaran Matematika Era Pandemi Covid 19 Di SDIT Iqra’2 Kota Bengkulu berada pada kriteria sangat baik

Keywords

Implementasi BDR Matematika Pandemi covid 19

Article Details

Author Biography

Achmad Sukran Dinata

SDIT Iqra’ 2 Kota Bengkulu

How to Cite
Achmad Sukran Dinata. (2023). STUDI EVALUASI PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA ERA PANDEMI COVID 19 DI SDIT IQRA’2 KOTA BENGKULU. Diadik: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 13(2), 294–507. https://doi.org/10.33369/diadik.v13i2.31564

References

  1. Gatot, Muhsetyo dkk. 2007. Pembelajaran Matematika SD. Jakarta: Universita Terbuka.
  2. Heruman. 2014. Model Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Edited by Boyke Ramdhani. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
  3. Isman, Mhd. 2016. Pembelajaran Media dalam Jaringan (Moda Jaringan). The Progressive and Fun Education Seminar, 586.
  4. Solichin, M. M. 2006. Belajar dan Mengajar dalam Pandangan Al-Ghazali. Tadris Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 138-153. Retrieved from http://ejournal.stainpamekasan.ac.id/index.php/tadr is/article/download/202/193.
  5. Stufflebeam, D. L. dan Shinkfield, A. J. 1985. Systematic Evaluation: A Self-Instructional Guide to Theory and Practice. Massachusetts: Kluwer-Nijhoff Publishing.
  6. Sugandi, Ahmad. 2004. Teori Pembelajaran. Semarang: UPT MKK UNNES.
  7. Sukmadinata, Nana Syaodih, 2006. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya,cet kedua.
  8. Tayibnapis, Farida Yusuf. 2000. Evaluasi Program. Jakarta: PT. Rineka Cipta
  9. Trahati, MR. 2015. “Implementasi Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan di Sekolah Dasar Negeri Tritih Wetan 05 Jeruklegi Cilacap”. Yogyakarta: FKIP UNY.
  10. Wandini, R. R. & Banurea, O, K. 2019. Pembelajaran Matematika untuk Calon Guru MI/SD. Medan:CV. Widya Puspita.
  11. Wiryanto. 2020. Proses Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar Di Tengah Pandemi Covid-19, Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian. Universitas Negeri Surabaya.
  12. Yamin, Martinis. 2011. Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta. Gaung Persada Press.
  13. Zhang, D., Zhao, J. L., Zhou, L., & Nunamaker, J. F. 2004. Can e-learning replace classroom learning? Communications of the ACM. https://doi.org/10.1145/986213.986216