Main Article Content
Abstract
Tujuan Penelitian ini adalah untuk: 1) Untuk mendeskripikan penerapan prinsip orang dewasa memiliki konsep diri dalam proses pembelajaran paket c di PKBM Rahmaht Oshada. 2) Untuk mendeskripsikan penerapan prinsip akumulasi pengalaman. 3)Untuk mendeskripsikan penerapan prinsip kesiapan belajar. 4)Untuk mendeskripsikan penerapan prinsip pemanfaatan hasil belajar. 5)Untuk mendeskripsikan penerapan prinsip kemampuan belajar. 6)Untuk mendeskripsikan penerapan prinsip belajar efektif. 7)untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat proses pembelajaran. Desan penelitian yang digunakkan peneliti pada penelitian ini adalah desain penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini berupaya mendeskripsikan penerapan prinsip-prinsip pembelajaran paket c di PKBM Rahmaht Oshada. Subjek/ Responden pada penelitian ini yaitu Ketua PKBM Rahmaht Oshada, Tenaga Pengajar/ Tutor dan peserta didik program Paket C PKBM Rahmaht Oshada.teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini melalui wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Hasil penelitian memuat tentang deskripsi penerapan prinsip-prinsip andragogi dalam proses pembelajaran paket c di Pkbm Rahmaht Oshada. Pada Proses Pembelajaran packet C yang dilaksanakan PKBM Rahmaht Oshada Kota Bengkulu telah menerapkan Prinsip- prinsip andragogy, yaitu prinsip konsep diri, prisip akumulasi pengalaman, prinsip kesiapan belajar, prinsip memanfaatkan hasil, prinsip kemampuan belajar dan belajar efektif, serta memanfaatkan faktor pendukung dan meminimalisir faktor penghambat dalam proses pembelajaran
Keywords
Article Details
References
- Kamil, M. 2011. Pendidikan Nonformal Pengembangan Melalui Pusat Kegiatan Belajar Mengajar (PKBM) di Indonesia (Sebuah Pembelajaran dar Komunikan di Jepang). Bandung: Alfabeta.
- Suprijanto. 2010. Pendidikan Orang Dewasa dari Teori Hingga Aplikasi. Jakarta: Bumi Aksara
- Sunhaji. 2013. Konsep Pendidikan Orang Dewasa. Jurnal Kependidikan, Vol. 1 No. 1
- Sudjana, Djudju, 2007. Andragogi Praktis, dalam R. Ibrahim, Ilmu dan Aplikasi Pendidikan, vol. 2. Bandung: Imperial Bhakti Utama.
- Knowles, Malcolm S., 1977. The Modern Practice of Adult Education: Andragogy Versus Pedagogy, New York: Association Press
References
Kamil, M. 2011. Pendidikan Nonformal Pengembangan Melalui Pusat Kegiatan Belajar Mengajar (PKBM) di Indonesia (Sebuah Pembelajaran dar Komunikan di Jepang). Bandung: Alfabeta.
Suprijanto. 2010. Pendidikan Orang Dewasa dari Teori Hingga Aplikasi. Jakarta: Bumi Aksara
Sunhaji. 2013. Konsep Pendidikan Orang Dewasa. Jurnal Kependidikan, Vol. 1 No. 1
Sudjana, Djudju, 2007. Andragogi Praktis, dalam R. Ibrahim, Ilmu dan Aplikasi Pendidikan, vol. 2. Bandung: Imperial Bhakti Utama.
Knowles, Malcolm S., 1977. The Modern Practice of Adult Education: Andragogy Versus Pedagogy, New York: Association Press