Main Article Content

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk: 1) Untuk mendeskripikan penerapan prinsip orang dewasa memiliki konsep diri dalam proses pembelajaran paket c di PKBM Rahmaht Oshada.  2) Untuk mendeskripsikan penerapan prinsip akumulasi pengalaman. 3)Untuk mendeskripsikan penerapan prinsip kesiapan belajar. 4)Untuk mendeskripsikan penerapan prinsip pemanfaatan hasil belajar. 5)Untuk mendeskripsikan penerapan prinsip kemampuan belajar. 6)Untuk mendeskripsikan penerapan prinsip belajar efektif. 7)untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat proses pembelajaran. Desan penelitian yang digunakkan peneliti pada penelitian ini adalah desain penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini berupaya mendeskripsikan penerapan prinsip-prinsip pembelajaran paket c di PKBM Rahmaht Oshada.  Subjek/  Responden  pada  penelitian  ini  yaitu  Ketua  PKBM  Rahmaht Oshada,  Tenaga  Pengajar/  Tutor  dan  peserta  didik  program  Paket  C  PKBM Rahmaht Oshada.teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini melalui wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Hasil penelitian memuat tentang deskripsi penerapan prinsip-prinsip andragogi dalam proses pembelajaran paket c di Pkbm Rahmaht Oshada. Pada Proses Pembelajaran packet C yang dilaksanakan PKBM Rahmaht Oshada Kota Bengkulu telah menerapkan Prinsip- prinsip andragogy, yaitu prinsip konsep diri, prisip akumulasi pengalaman, prinsip kesiapan  belajar,  prinsip  memanfaatkan  hasil,  prinsip  kemampuan  belajar  dan belajar efektif, serta memanfaatkan faktor pendukung dan meminimalisir faktor penghambat dalam proses pembelajaran

Keywords

Prinsip Andragogi Proses pembelajaran

Article Details

Author Biography

Andria Egi

PKBM Rahmaht Oshada Kota Bengkulu

How to Cite
Andria Egi. (2023). PENERAPAN PRINSIP-PRINSIP ANDRAGOGI DALAM PROSES PEMBELAJARAN PAKET C DI PKBM RAHMAHT OSHADA KOTA BENGKULU. Diadik: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 13(2), 508–518. https://doi.org/10.33369/diadik.v13i2.31568

References

  1. Kamil, M. 2011. Pendidikan Nonformal Pengembangan Melalui Pusat Kegiatan Belajar Mengajar (PKBM) di Indonesia (Sebuah Pembelajaran dar Komunikan di Jepang). Bandung: Alfabeta.
  2. Suprijanto. 2010. Pendidikan Orang Dewasa dari Teori Hingga Aplikasi. Jakarta: Bumi Aksara
  3. Sunhaji. 2013. Konsep Pendidikan Orang Dewasa. Jurnal Kependidikan, Vol. 1 No. 1
  4. Sudjana, Djudju, 2007. Andragogi Praktis, dalam R. Ibrahim, Ilmu dan Aplikasi Pendidikan, vol. 2. Bandung: Imperial Bhakti Utama.
  5. Knowles, Malcolm S., 1977. The Modern Practice of Adult Education: Andragogy Versus Pedagogy, New York: Association Press