Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan produk berupa media spelling puzzle untuk meningkatkan kecerdasan visual spasial dan logika matematis, menguji efektivitas media spelling puzzle yang dikembangkan dalam meningkatkan kecerdasan visual spasial dan logika matematis. Subjek penelitian ini adalah anak PAUD Kelompok A, pada uji skala terbatas subjeknya adalah PAUD IT Al Kahf Kota Bengkulu berjumlah 10 anak, dan pada uji skala luas subjeknya PAUD IT Cahaya Ilahi Kota Bengkulu dan PAUD IT IQRA Kota Bengkulu berjumlah 20 anak. Metode Penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan (Research and Development -R&D). Pengambilan data penelitian dengan menggunakan lembar penilaian untuk menilai validasi media dan materi, lembar observasi digunakan untuk menilai kecerdasan visual spasial dan logika matematis. Analisis data menggunakan rumus rata- rata (mean) dan menggunkan Uji-t untuk meilai kecerdasan visual spasial dan logika matematis. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media spelling puzzle sebagai media belajar dapat meningkatkan kecerdasan visual spasial dan logika matematis
Keywords
Article Details
References
- Badru, Zaman. 2009. Media dan Sumber Belajar. Jakarta: Universitas Terbuka
- Ibrahim. 2013. Pengembangan Berbasis Kecerdasan Jamak. Jakarta: Prenada Media Group.
- Sujiono, Yuliani. 2008. Metode Pengembangan Kognitif. Jakarta: Universitas Jakarta.
- Sukmadinata, Nana Syaodih. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
- Syukron, Muhammad. 2011. Upaya Penggunaan Media Games Puzzle Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa. Jakarta: Balai pustaka
References
Badru, Zaman. 2009. Media dan Sumber Belajar. Jakarta: Universitas Terbuka
Ibrahim. 2013. Pengembangan Berbasis Kecerdasan Jamak. Jakarta: Prenada Media Group.
Sujiono, Yuliani. 2008. Metode Pengembangan Kognitif. Jakarta: Universitas Jakarta.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Syukron, Muhammad. 2011. Upaya Penggunaan Media Games Puzzle Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa. Jakarta: Balai pustaka