Main Article Content

Abstract

Tujuan  penelitian  ini  untuk  mendeskripsikan  penerapan  model  pembelajaran  inkuiri terbimbing  dalammeningkatan  kemampuan  mengingat  dan  prestasi  belajar  serta  untuk mendeskripsikan  efektivitas  penerapan  model  pembelajaran  inkuiri  terbimbing  dalam  meningkatan prestasi  belajar  pada  pembelajaran  IPA  kelas  V  SD  Negeri  96  Kaur.  Metode  penelitian  ini  yaitu penelitian tindakan kelas (PTK) dan  quasi eksperimen. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas V B SD Negeri 96 Kaur sebagai kelas PTK, siswa kelas V A SD Negeri 96 Kaur sebagai kelas eksperimen dan siswa  kelas  kelas  V  yang  berada  di  SD  Negeri  77  Kaur  sebagai  kelas  kontrol.  Teknik  pengumpulan data  menggunakan  lembar  observasi  dan  tes.  Teknik  analisis  data  yang  digunakan  adalah  rata-rata (mean)  dan  uji  t  dua  sampel  berpasangan  serta  independen.  Hasil  penelitian  menunjukkan  bahwa penerapan  model  pembelajaran  inkuiri  terbimbingdapatmeningkatan  kemampuan  mengingat  dan prestasi  belajar  pada  pembelajaran  IPA  kelas  V  SD  Negeri  gugus  1  Kaur.  Penerapan  model  inkuiri terbimbing  dapat  lebih  efektif  jika  guru  dapat  melibatkan  siswa  secara  keseluruhan,memanfaatkan media pembelajaran yang tepat, dan mengorganisasikan kelas dengan baik

Article Details

How to Cite
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGINGAT DAN PRESTASI BELAJAR PADA PEMBELAJARAN IPA. (2023). Diadik: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 13(2), 526–534. https://doi.org/10.33369/diadik.v13i2.31570

References

    Arsyad, Azhar . 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajagrafindo Persada
    Djamarah, Syaiful Bahri. (2015). Psikologi Belajar. Jakarta : Rineka Cipta
    Hamalik, Oemar. (2003). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara
    Sanjaya, Wina. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
    Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
    Suprijono, Agus. 2010. Cooperative Learning Teori & Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
    Suryabrata, Sumadi. 2006 Hasil belajar dan faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Gramedia
    Zain, Aswan dan Djamarah, Syaiful Bahri .(2006). Strategi Belajar Mengajar,. Jakarta: Rineka Cipta