Main Article Content

Abstract

Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mendeskripsikan  Pelaksanaan Pembelajaran  dengan Pendekatan  Beyond Centers and Circle Time (BCCT) di PAUD  IT  UMMI  Kota  Bengkulu,  Jenis  Penelitian  yang  digunakan  adalah penelitian deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan yakni wawancara,  observasi,  dan  dokumentasi.  Adapun  sumber  data  yang  yaitu kepala  sekolah  dan  guru-guru  disetiap  sentra  pembelajaran  di  PAUD  IT  UMMI dan  dokumentasi  berupa  perangkat  pembelajaran  yang  digunakan  dikelas  dan sekolah. Teknik analisis data yang digunakan yakni reduksi data mencatat hasil wawancara  dengan  kepala  sekolah  dan  guru  sentra,  mencatat  melakukan pengkodean  terhadap  data  sesuai  dengan  informasi  yang  diberikan  informan, display  data  menguraikan  hasil  wawancara  dengan  kepala  sekolah  berserta guru  sentra  dan  verifikasi  data  memikirkan  ulang  data  observasi  dan  temuan dilapangan  agar  dapat  menarik  kesimpulan  dari  hasil  penelitian  yang  telah dilakukan.  Hasil  dari  penelitian  ini  mendeskripsikan  pelaksanaan  pembelajaran dengan  pendekatan  BCCT  di  PAUD  IT  UMMI  Kota  Bengkulu  mendasarkan kegiatan  pada  pijakan  yaitu  pemberian  dukungan  yang  diberikan  oleh  guru pada  peserta  didik  yang  disesuaikan  dengan  tingkat  perkembangan  anak. tugas  guru  adalah  sebagai  fasilitator,  kordinator,  evaluator  inspirator, mediator, labelling dan modelling bagi peserta didik

Keywords

Pelaksanaan Pembelajaran Pendekatan BCCT

Article Details

Author Biography

Miranti Milani

PAUD IT UMMI Kota Bengkulu

How to Cite
Miranti Milani. (2023). PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN BEYOND CENTER AND CIRCLE TIME (BCCT) DI PAUD IT UMMI KOTA BENGKULU. Diadik: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 13(2), 535–542. https://doi.org/10.33369/diadik.v13i2.31571

References

  1. Afrizal, 2016, Metode Penelitian Kualitatif: Sebuah Upaya Mendukung Penggunaan. Penelitian Kualitatif dalam Berbagai Disiplin Ilmu. Jakarta: Rajawali Pers
  2. Depdiknas, 2008 Pengembangan Model Pembelajaran Taman Kanak-Kanak, Jakarta: Departemen Pendidikan Nasioanal
  3. Lestari ,Slamet,2012 Implementasi Metode Beyond Centers & Circle Times (BCCT) Jurnal Manajemen no.01/th VIII/April
  4. Sli’ah Adelia, Ibud Priono Leksono dan M. Subandowo, 2019 Pengembangan Model Manajemen Strategik Berbasis Beyond Center and Circle Time (BCCT) di Kober Ar- Arrahman Kabupaten Gresik,” Jurnal Tunas Siliwangi Vol. 5, No. 2 (2019)