Main Article Content
Abstract
This study aims to describe the application of process skills approach to increase student’s critical thinking skills and learning achievement in the first grader on informatics subject at SMA Negeri 4 Lahat. The research design used was classroom action research and quasi-experimental design. The research subjects were first grader on informatics subject at SMA Negeri 4 Lahat of the 2022/2023 school year. Purposive sampling was used to determine the quasi-experimental sample, they were X MIPA 2 class as experiment class and X MIPA 5 of SMA Negeri 4 Lahat as control class. The research instrument used observation sheets and tests.The research data were analyzed using descriptive statistics, mean (mean), percentage, and t-test.The results showed that the application of process skills approach, one of approach learning could increase the critical thinking skills and learning achievement of the first grade students of SMA Negeri 4 Lahat
Keywords
Article Details
References
- A.M. Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi BelajarMengajar. Jakarta : Rajawali Press.
- Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : PT Rineka Cipta.
- Asmara. 2009. Prestasi Belajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
- Dimyati dan Mudjiono. 1999. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineke Cipta
- Djamarah, S.B., Zain, A.. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.
- Ennis, R.H. .2005. Critical Thinking. USA Bright Minds.
- Igak Wardhani, dkk. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Universitas Terbuka . Jakarta.
- Kusriono .2019. Penerapan Pendekatan Keterampilan Proses Untuk Materi Dinamika Litosfer Pada Mata Pelajaran Geografi di SMA Negeri 11 Bandung.
- Putra, I GBN. Pandu, IGN. I Wyn Suwatra , I Md. Citra Wibawa. 2013. Penerapan Pendekatan Keterampilan Proses Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD NO. 2 Pegadungan.
- Putra, Wana Ginandi, Tri Jalmo, Rini Rita Marpaung. 2015. Pengaruh Penggunaan Keterampilan Proses Sains Dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa.
- Rahmawati, H.Sutarto. 2014. Implementasi Group Investigation dengan Scientific Approach Berbasis Fotofolio Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis. Journal.Unnes.Vol 3, No.3
- (online)http://guru.kemdikbud.go.id/kurikulum/referensi-penerapan/capaian-pembelajaran/sd-sma/informatika/
- Diakses tanggal 30 Agustus 2022
- Samatowa, Usman. 2006. Bagaimana Membelajarkan IPA di Sekolah Dasar. Jakarta :Depdiknas.
- Santoso, Singgih. 2014. Statistik Parametrik Edisi Revisi. Jakarta : Elex Media Komputindo
- Semiawan, Conny dkk.. 1989. Pendekatan Keterampilan Proses Bagaimana Mengaktifkan Siswa Dalam Belajar. Jakarta: Gramedia.
- Semiawan, R. Conny. 1990. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : PT. Ikrar Mandiri Abadi.
- Semiawan, R. C. 2002. Belajar dan Pembelajaran Dalam Taraf Usia Dini. Jakarta: PT. IKrar Mandiri Abadi
- Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R & D. Bandung : CV. Alfabeta
References
A.M. Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi BelajarMengajar. Jakarta : Rajawali Press.
Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : PT Rineka Cipta.
Asmara. 2009. Prestasi Belajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Dimyati dan Mudjiono. 1999. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineke Cipta
Djamarah, S.B., Zain, A.. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.
Ennis, R.H. .2005. Critical Thinking. USA Bright Minds.
Igak Wardhani, dkk. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Universitas Terbuka . Jakarta.
Kusriono .2019. Penerapan Pendekatan Keterampilan Proses Untuk Materi Dinamika Litosfer Pada Mata Pelajaran Geografi di SMA Negeri 11 Bandung.
Putra, I GBN. Pandu, IGN. I Wyn Suwatra , I Md. Citra Wibawa. 2013. Penerapan Pendekatan Keterampilan Proses Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD NO. 2 Pegadungan.
Putra, Wana Ginandi, Tri Jalmo, Rini Rita Marpaung. 2015. Pengaruh Penggunaan Keterampilan Proses Sains Dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa.
Rahmawati, H.Sutarto. 2014. Implementasi Group Investigation dengan Scientific Approach Berbasis Fotofolio Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis. Journal.Unnes.Vol 3, No.3
(online)http://guru.kemdikbud.go.id/kurikulum/referensi-penerapan/capaian-pembelajaran/sd-sma/informatika/
Diakses tanggal 30 Agustus 2022
Samatowa, Usman. 2006. Bagaimana Membelajarkan IPA di Sekolah Dasar. Jakarta :Depdiknas.
Santoso, Singgih. 2014. Statistik Parametrik Edisi Revisi. Jakarta : Elex Media Komputindo
Semiawan, Conny dkk.. 1989. Pendekatan Keterampilan Proses Bagaimana Mengaktifkan Siswa Dalam Belajar. Jakarta: Gramedia.
Semiawan, R. Conny. 1990. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : PT. Ikrar Mandiri Abadi.
Semiawan, R. C. 2002. Belajar dan Pembelajaran Dalam Taraf Usia Dini. Jakarta: PT. IKrar Mandiri Abadi
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R & D. Bandung : CV. Alfabeta