Main Article Content
Abstract
This study aims to describe the application of discovery learning learning models to improve students' reasoning and achievement in Economics class X SMA Negeri 3 Muara Enim. The research design used is classroom action research and quasi-experimental research. The research subjects were students of class X IPS A at SMA Negeri 3 Muara Enim in Odd semesters for the academic year 2022/2023. Through simple random sampling technique, a quasi-experimental sample was obtained, namely class X IPA A for control class X IPA B at SMA Negeri 3 Muara Enim. The instrument of this study used observation sheets and tests. The research data were analyzed by descriptive statistics, average (mean), percentage, and t-test. The results showed that the application of the Discovery learning learning model could improve the reasoning and learning achievement of class X students of SMA Negeri 3 Muara Enim
Keywords
Article Details
References
- Arends, shoimin. 2015. 68 model pembelajaran inovatif dalam kurikulum 2013. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media
- Arikunto, Suharsimi. 2008. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik. RinekaCipta: Jakarta.
- Depdiknas. 2006. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Dikdasmen : Jakarta.
- Rusman, 2014 Model-Model Pembelajaran : Mengembangkan Profesionalisme Guru Jakarta : Rajawali pers.
- Rustam, Mundilanto,2004, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Keguruan Tinggi, Departemen Pendidikan Nasional.
- Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
- Sudjana, Nana, 1996, Cara Belajar Siswa Aktif dalam Proses Belajar Mengajar, Bandung: Sinar Baru Algensindo.
- Sujarwo. 2010. Implementasi Pembelajaran Kooperatif dalam Membantu Mengembangkan Kecerdasan Emosional. UNY: Yogyakarta.
- Suprihartiningrum 2013. Model-model pembelajaran yang mendukung kurikulum
- Surdiman 2008. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar.Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
- Wulandari, Enika. 2011. Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Melalui Pendekatan Problem Possing di Kelas VIII A SMP Negeri 2 Yogyakarta. Download: Diakses pada tanggal 4 Juli 2014
References
Arends, shoimin. 2015. 68 model pembelajaran inovatif dalam kurikulum 2013. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media
Arikunto, Suharsimi. 2008. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik. RinekaCipta: Jakarta.
Depdiknas. 2006. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Dikdasmen : Jakarta.
Rusman, 2014 Model-Model Pembelajaran : Mengembangkan Profesionalisme Guru Jakarta : Rajawali pers.
Rustam, Mundilanto,2004, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Keguruan Tinggi, Departemen Pendidikan Nasional.
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudjana, Nana, 1996, Cara Belajar Siswa Aktif dalam Proses Belajar Mengajar, Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Sujarwo. 2010. Implementasi Pembelajaran Kooperatif dalam Membantu Mengembangkan Kecerdasan Emosional. UNY: Yogyakarta.
Suprihartiningrum 2013. Model-model pembelajaran yang mendukung kurikulum
Surdiman 2008. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar.Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Wulandari, Enika. 2011. Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Melalui Pendekatan Problem Possing di Kelas VIII A SMP Negeri 2 Yogyakarta. Download: Diakses pada tanggal 4 Juli 2014