Main Article Content
Abstract
Penelitian ini dilakukan berdasarkan fakta yang diperoleh bahwa muatan pelajaran PKn di kelas V SD Negeri 47 Kota Bengkulu masih belum mendapatkan tempat di hati para siswa. Hal ini terbukti pada kerjasama antar siswa kurang terjalin, dan hasil ulangan harian siswa kelas V SD Negeri 47 Kota Bengkulu, diperoleh data nilai tertinggi ulangan harian PKn siswa adalah 82, nilai terendahnya adalah 32, sedangkan rata-ratanya adalah 61. Hasil itu menunjukkan kategori sedang yang tentunya belum memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan yaitu 70. Pada umumnya para siswa menganggap pelajaran PKn sebagai pelajaran yang tidak menarik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw untuk meningkatkan Kerjasama siswa kelas V SD Negeri 47 di Kota Bengkulu. Rancangan penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas model Kemmis dan McTaggart. Subyek penelitian adalah siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 47 di Kota Bengkulu yang berjumlah 32 orang, terdiri atas 14 orang laki-laki dan 18 orang perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar penilaian (observasi), sedangkan teknik analisis data dengan rata-rata (mean) dan presentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan kerjasama siswa pada muatan pelajaran PKn di SD Negeri 47 Kota Bengkulu
Keywords
Article Details
References
- Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik, Edisi Revisi VI, Jakarta : PT Rineka Cipta.
- Darudin. 2021. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Peserta Didik (Studi pada Mata Pelajaran Bahasa Arab Kelas VIII Mts Negeri 1 Pagar Alam). Diadik: Jurnal Teknologi Pendidikan. Vol. 11 No. 2. Prodi Magister Teknologi Pendidikan FKIP Universitas Bengkulu.
- Depdiknas. 2006. Permendiknas No 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi. Jakarta: Depdiknas.
- Homans, George C. 1950. The Human Group. New York: Harcount, Brace and World, Inc.
- Kemmis; Mc.Taggart R. 1993. Action Research a Short Modern History. Victoria: Deakin University Press.
- Nawawi, Hadari. 2012. Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gajah Mada University Press
- Sanjaya, Wina. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group.
- Saputra, Hengki. 2020. Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Tanggung Jawab dan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia (Studi pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Gumay Talang Kabupaten Lahat). Diadik: Jurnal Teknologi Pendidikan. Vol. 10 No. 1. Prodi Magister Teknologi Pendidikan FKIP Universitas Bengkulu.
- Slavin, R.E. 1994. Cooperative Learning: Theory, Research ang Practice. Englewood Cliff, NJ: Prentice Hall
- Sudjana, Nana. 2004. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung : Sinar Baru Algensido Offset.Bandung: Alfabeta
References
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik, Edisi Revisi VI, Jakarta : PT Rineka Cipta.
Darudin. 2021. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Peserta Didik (Studi pada Mata Pelajaran Bahasa Arab Kelas VIII Mts Negeri 1 Pagar Alam). Diadik: Jurnal Teknologi Pendidikan. Vol. 11 No. 2. Prodi Magister Teknologi Pendidikan FKIP Universitas Bengkulu.
Depdiknas. 2006. Permendiknas No 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi. Jakarta: Depdiknas.
Homans, George C. 1950. The Human Group. New York: Harcount, Brace and World, Inc.
Kemmis; Mc.Taggart R. 1993. Action Research a Short Modern History. Victoria: Deakin University Press.
Nawawi, Hadari. 2012. Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gajah Mada University Press
Sanjaya, Wina. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group.
Saputra, Hengki. 2020. Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Tanggung Jawab dan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia (Studi pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Gumay Talang Kabupaten Lahat). Diadik: Jurnal Teknologi Pendidikan. Vol. 10 No. 1. Prodi Magister Teknologi Pendidikan FKIP Universitas Bengkulu.
Slavin, R.E. 1994. Cooperative Learning: Theory, Research ang Practice. Englewood Cliff, NJ: Prentice Hall
Sudjana, Nana. 2004. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung : Sinar Baru Algensido Offset.Bandung: Alfabeta