Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah : 1) Untuk mendiskripsikan penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe Cooperative Script dapat meningkatkan menyimak peserta didik dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. 2) Untuk mendiskripsikan penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe Cooperative Script dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. 3) Untuk mendiskripsikan efektivitas penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe Cooperative Script dalam belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kemudian dilanjutkan dengan penelitian eksperimen. Subjek penelitian PTK ini adalah peserta didik kelas V SDN 06 Selagan Raya sedangkan di kelas eksperimen kelas V SDN 04 Selagan Raya. Teknik pengumpulan data nilai dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri, tes tertulis dan lembar observasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisa deskriptif komparatif, analisa observasi menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Simpulan dari penelitian ini adalah : 1) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Cooperative Script dapat meningkatkan kemampuan menyimak dan kecermatan peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. 2) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Cooperative Script dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. 3) Model pembelajaran kooperatif tipe Cooperative Script efektif digunakan dalam proses pembelajaran karena selain meningkatkan kemampuan menyimak juga dapat meningkatkan prestasi peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Keywords
Article Details
References
- Daradjat, Zakiah, 2008, Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta : Bumi Aksara Cetakan 7
- Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : PT Rineka Cipta.
- Saddhono, K., dan Slamet. 2012. Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Indonesia (Teori dan Aplikasi). Bandung: Karya Putra Darwati.
- Slavin, R.E.2002.Cooperative Learning Theory, Research, and Practice.New York:Prentice Hall.2 nd.Ed.
- Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta
- Suharsimi, Arikunto., dkk. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
- Taniredja, T dan Mustafidah, 2011. Penelitian Kuantitatif (Sebuah Pengantar) Bandung : Alfabeta
- Tarigan, Henry Guntur. 2008. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa
References
Daradjat, Zakiah, 2008, Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta : Bumi Aksara Cetakan 7
Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : PT Rineka Cipta.
Saddhono, K., dan Slamet. 2012. Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Indonesia (Teori dan Aplikasi). Bandung: Karya Putra Darwati.
Slavin, R.E.2002.Cooperative Learning Theory, Research, and Practice.New York:Prentice Hall.2 nd.Ed.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta
Suharsimi, Arikunto., dkk. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Taniredja, T dan Mustafidah, 2011. Penelitian Kuantitatif (Sebuah Pengantar) Bandung : Alfabeta
Tarigan, Henry Guntur. 2008. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa