Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan: (1) penyusunan multimedia tutorial praktikum kimia yang layak untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa, (2) efektifitas multimedia tutorial praktikum kimia yang dikembangkan dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa pada pembelajaran kimia materi senyawa asam dan basa. Penelitian pengembangan (Research and Development) ini menggunakan model ADDIE. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 2 Bengkulu Tengah dan SMA Negeri 3 Bengkulu Tengah. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar penilaian, lembar respon dan tes penilaian kemampuan berpikir kreatif siswa melalui tes tertulis dan penilaian proyek. Analisis data yang digunakan menggunakan uji independent t test dan effect size. Simpulan dari penelitian ini adalah multimedia tutorial praktikum kimia yang dikembangkan dinyatakan layak serta efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif pada ke empat aspek kemampuan berpikir kreatif
Keywords
Article Details
References
- Eliyart & Rahayu, C., 2021, “Deskripsi Keterampilan Dasar Laboratorium Siswa Teknik pada Praktikum Kimia Dasar”, Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6 (1), 30 – 37
- Fitriyah, D., 2021, “Pengembangan Video Tutorial Praktikum Kimia Umum Berbasis Kehidupan Sehari-hari di Masa Covid-19”, Tanjak: Journal of Education and Teaching, 2 (1), hal. 63 – 69
- Gunawan, Harjono, A., & Imran, 2016, “Pengaruh Multimedia Interaktif dan Gaya Belajar terhadap Penguasaan Konsep Kalor Siswa”, Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 12 (2), 118 – 125
- Hendriyani, M.A., & Novi, R., 2020, “Laporan Praktikum Mandiri dalam Bentuk Video Presentasi untuk Mengembangkan Kreativitas dan Komunikasi Lisan di Masa Pandemi Covid-19”, Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Vol 3 (1), 328 – 338
- Izzania, R.A., & Widhihastuti, E., 2020, “Potensi Penggunaan KIT Praktikum dan Video Tutorial Sebagai Media Pembelajaran Jarak Jauh”, Journal of Chemistry in Education, 9 (2), 1 – 7
- Mamun, M. A. A., 2014, Effectiveness of Audio-visual Aids in Language Teaching in Tertiary Level, Dhaka: BRAC Institute of Language (BIL), BRAC University
- Putri, D.P.E., & Muhtadi, A., 2018, “Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Kimia Berbasis Android Menggunakan Prinsip Mayer Pada Materi Laju Reaksi”, Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 5 (1), 38 – 47
- Rosid, M., 2019, “Analisis Keterampilan Berpikir Kreatif dan Aktivitas Belajar Siswa dalam Pembelajaran Kimia: Bahan Kimia dalam Kehidupan Sehari-Hari Menggunakan Model Project Based Learning”, Jurnal Pembelajaran Fisika, 8 (3), hal. 195 – 202
- Siswono, T.Y.E., 2008, “Proses Berpikir Kreatif Siswa dalam Memecahkan dan Mengajukan Masalah Matematika”, Jurnal Ilmu Pendidikan, 15 (1), 60 – 68
- Utomo, A.Y., & Ratnawati, D., 2018, “Pengembangan Video Tutorial dalam Pembelajaran Sistem Pengapian di SMK”, Taman Vokasi, 6 (1), 68 – 76
- Widodo, A., Maria, R.A, & Fitriani, A., 2016, “Peranan Praktikum Riil dan Praktikum Virtual dalam Membangun Kreativitas Siswa”, Jurnal Pengajaran MIPA, 21 (1), 92 – 102
References
Eliyart & Rahayu, C., 2021, “Deskripsi Keterampilan Dasar Laboratorium Siswa Teknik pada Praktikum Kimia Dasar”, Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6 (1), 30 – 37
Fitriyah, D., 2021, “Pengembangan Video Tutorial Praktikum Kimia Umum Berbasis Kehidupan Sehari-hari di Masa Covid-19”, Tanjak: Journal of Education and Teaching, 2 (1), hal. 63 – 69
Gunawan, Harjono, A., & Imran, 2016, “Pengaruh Multimedia Interaktif dan Gaya Belajar terhadap Penguasaan Konsep Kalor Siswa”, Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 12 (2), 118 – 125
Hendriyani, M.A., & Novi, R., 2020, “Laporan Praktikum Mandiri dalam Bentuk Video Presentasi untuk Mengembangkan Kreativitas dan Komunikasi Lisan di Masa Pandemi Covid-19”, Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Vol 3 (1), 328 – 338
Izzania, R.A., & Widhihastuti, E., 2020, “Potensi Penggunaan KIT Praktikum dan Video Tutorial Sebagai Media Pembelajaran Jarak Jauh”, Journal of Chemistry in Education, 9 (2), 1 – 7
Mamun, M. A. A., 2014, Effectiveness of Audio-visual Aids in Language Teaching in Tertiary Level, Dhaka: BRAC Institute of Language (BIL), BRAC University
Putri, D.P.E., & Muhtadi, A., 2018, “Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Kimia Berbasis Android Menggunakan Prinsip Mayer Pada Materi Laju Reaksi”, Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 5 (1), 38 – 47
Rosid, M., 2019, “Analisis Keterampilan Berpikir Kreatif dan Aktivitas Belajar Siswa dalam Pembelajaran Kimia: Bahan Kimia dalam Kehidupan Sehari-Hari Menggunakan Model Project Based Learning”, Jurnal Pembelajaran Fisika, 8 (3), hal. 195 – 202
Siswono, T.Y.E., 2008, “Proses Berpikir Kreatif Siswa dalam Memecahkan dan Mengajukan Masalah Matematika”, Jurnal Ilmu Pendidikan, 15 (1), 60 – 68
Utomo, A.Y., & Ratnawati, D., 2018, “Pengembangan Video Tutorial dalam Pembelajaran Sistem Pengapian di SMK”, Taman Vokasi, 6 (1), 68 – 76
Widodo, A., Maria, R.A, & Fitriani, A., 2016, “Peranan Praktikum Riil dan Praktikum Virtual dalam Membangun Kreativitas Siswa”, Jurnal Pengajaran MIPA, 21 (1), 92 – 102