Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sportivitas dan prestasi belajar siswa pada pelajaran PAI dan Budi Pekerti kelas VII SMPT IT Darussalam Kikim Barat dengan menerapkan metode pembelajaran team Quiz. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan kuasi eksperimen. Penelitian Tindakan kelas ini dilakukan 3 siklus, di mana masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII A untuk kelas PTK, kelas eksperimen VII B, dan kelas kontrol VII C. Pengumpulan data menggunakan observasi dan lembar hasil tes siswa. Analisis data yang digunakan nilai rata-rata (mean) dan uji-t. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode pembelajaran team Quiz dapat meningkatkan sportivitas dan prestasi belajar siswa pada pelajaran PAI kelas VII SMP IT Darussalam Kikim Barat
Keywords
Article Details
References
- Abdurrahman, M., & Totok Bintoro. 2000. Memahami dan Menangani Siswa dengan Problema dalam Belajar: Pedoman Guru. Jakarta: Proyek Peningkatan Mutu SLTP, Direktorat Pendidikan Menengah Umum. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Departemen Pendidikan Nasional.
- Abuddin Nata. 2014. Prespektif Islam Tentang Strategi Pembelajaran. Jakarta : Kencana.
- Abudin Nata. 1997. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Logos Wacana Ilmu.
- Al Juhaili Wahbah.1999. fi ushul al fiqh.Jakarta : Erlangga.
- Aqib Zainal dan Amrullah Ahmad.2019. Managemen Belajar dan Pembelajaran di sekolah. Nganjuk : Pustaka.
- Asy’arie Musa. 2002. Dialektika Agama untuk Pembebasan Spiritual. Yogyakarta : LESFL.
- Chabib Thoha, dkk. 1999. Metodologi Pengajaran Agama. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
- Fadlun. 2016 Pendidik Bidang Studi Pendidikan Agama Islam. Jakarta:Bima Pustaka.
- Hamdani Ihsan dan Fuad Ihsan. 2007. Filsafat Pendidikan Islam. Bandung: Pustaka Setia.
- Jamil Suprihatiningrum. 2013. Strategi Pembelajaran Teori & Praktik. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
- John W Santrock. Live Span Development, Alih Bahasa: Achmad Chusairi. 2002. Perkembangan Masa Hidup. Edisi Kelima, Jilid 1-2, Jakarta: Penerbit Erlangga.
- M. Arifin. 1991. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.
- Micheal M Van Wyk. 2012. The Effects of the STAD-Cooperative Learning Model on Student Achievement, Attitude and Motivation in Economics Education. E Journal College of Education, University of South Africa.
- Miftahul Huda. 2006. Cooperative Learning Metode, Teknik, Struktur dan Model Penerapan, cet. X. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
- R. M. Gagne & L. J. Briggs.1979. Principle of Instructional Design (2nd Ed.). New York: Holt, Rinehart and Winston.
- Richard .I. Arends. 1997. Classroom Instruction and Management. New York : McGraw-Hill Companies, Inc.
- Richard L. Arends, Learning To Teach, terj. Helly Prajitno Soetjipto dan Sri Mulyantini Soetjipto. Learning To Teach Belajar untuk Mengajar. New York : McGraw-Hill Companies, Inc.
- Robert E. Slavin. 2010. Cooperative Learning: theory, research and pratice, terj. Narulita Yusron, Cooperative Learning: Teori, Riset dan Praktik. Jakarta : Kencana.
- Rusman. 2014. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta : Erlangga.
- Rusman. 2016. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Press.
- Sama’un Bakry. 2005. Menggagas Ilmu Pendidikan Islam. Bandung: Pustaka Bani.
- Samsul Nizar. 2001. Pengantar Dasar-dasar Pemikiran Pendidikan Islam. Jakarta : Gaya Media Pratama.
- Slavin Robert E. 2016. Cooperative Learning: theory, research and pratice, terj. Narulita Yusron, Cooperative Learning: Teori, Riset dan Praktik Cet. XVII. Bandung: Nusa Media.
- Umar Tirtarahardja dan S.L. La Sulo.2010. Pengantar Pendidikan. Makassar: UNM.
- Undang-undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 Tentang Sisdiknas, Bab II pasal 3. Bandung: Fermana.
- Zakiah Daradjat, dkk. 1992. lmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara
References
Abdurrahman, M., & Totok Bintoro. 2000. Memahami dan Menangani Siswa dengan Problema dalam Belajar: Pedoman Guru. Jakarta: Proyek Peningkatan Mutu SLTP, Direktorat Pendidikan Menengah Umum. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Departemen Pendidikan Nasional.
Abuddin Nata. 2014. Prespektif Islam Tentang Strategi Pembelajaran. Jakarta : Kencana.
Abudin Nata. 1997. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Logos Wacana Ilmu.
Al Juhaili Wahbah.1999. fi ushul al fiqh.Jakarta : Erlangga.
Aqib Zainal dan Amrullah Ahmad.2019. Managemen Belajar dan Pembelajaran di sekolah. Nganjuk : Pustaka.
Asy’arie Musa. 2002. Dialektika Agama untuk Pembebasan Spiritual. Yogyakarta : LESFL.
Chabib Thoha, dkk. 1999. Metodologi Pengajaran Agama. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Fadlun. 2016 Pendidik Bidang Studi Pendidikan Agama Islam. Jakarta:Bima Pustaka.
Hamdani Ihsan dan Fuad Ihsan. 2007. Filsafat Pendidikan Islam. Bandung: Pustaka Setia.
Jamil Suprihatiningrum. 2013. Strategi Pembelajaran Teori & Praktik. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
John W Santrock. Live Span Development, Alih Bahasa: Achmad Chusairi. 2002. Perkembangan Masa Hidup. Edisi Kelima, Jilid 1-2, Jakarta: Penerbit Erlangga.
M. Arifin. 1991. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.
Micheal M Van Wyk. 2012. The Effects of the STAD-Cooperative Learning Model on Student Achievement, Attitude and Motivation in Economics Education. E Journal College of Education, University of South Africa.
Miftahul Huda. 2006. Cooperative Learning Metode, Teknik, Struktur dan Model Penerapan, cet. X. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
R. M. Gagne & L. J. Briggs.1979. Principle of Instructional Design (2nd Ed.). New York: Holt, Rinehart and Winston.
Richard .I. Arends. 1997. Classroom Instruction and Management. New York : McGraw-Hill Companies, Inc.
Richard L. Arends, Learning To Teach, terj. Helly Prajitno Soetjipto dan Sri Mulyantini Soetjipto. Learning To Teach Belajar untuk Mengajar. New York : McGraw-Hill Companies, Inc.
Robert E. Slavin. 2010. Cooperative Learning: theory, research and pratice, terj. Narulita Yusron, Cooperative Learning: Teori, Riset dan Praktik. Jakarta : Kencana.
Rusman. 2014. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta : Erlangga.
Rusman. 2016. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Press.
Sama’un Bakry. 2005. Menggagas Ilmu Pendidikan Islam. Bandung: Pustaka Bani.
Samsul Nizar. 2001. Pengantar Dasar-dasar Pemikiran Pendidikan Islam. Jakarta : Gaya Media Pratama.
Slavin Robert E. 2016. Cooperative Learning: theory, research and pratice, terj. Narulita Yusron, Cooperative Learning: Teori, Riset dan Praktik Cet. XVII. Bandung: Nusa Media.
Umar Tirtarahardja dan S.L. La Sulo.2010. Pengantar Pendidikan. Makassar: UNM.
Undang-undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 Tentang Sisdiknas, Bab II pasal 3. Bandung: Fermana.
Zakiah Daradjat, dkk. 1992. lmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara