Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kerjasama dan prestasi belajar siswa pada pelajaran PAI kelas IX SMPT IT Darussalam Kikim Barat dengan menerapkan metode pembelajaran Jigsaw. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan kuasi eksperimen. Penelitian Tindakan kelas ini dilakukan 3 siklus, di mana masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX A untuk kelas PTK, kelas eksperimen IX B, dan kelas kontrol IX C. Pengumpulan data menggunakan observasi dan lembar hasil tes siswa. Analisis data yang digunakan nilai rata-rata (mean) dan uji-t. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Jigsaw dapat meningkatkan kerjasama dan prestasi belajar siswa pada pelajaran PAI kelas IX SMP IT Darussalam Kikim Bara

Keywords

pembelajaran jigsaw kerjasama prestasi belajar

Article Details

How to Cite
Dewi Wahyuni. (2024). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN KERJASAMA DAN PRESTASI BELAJAR. Diadik: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 14(2), 343–351. https://doi.org/10.33369/diadik.v14i2.38516

References

  1. Abdul Majid. 2012. Perencanaan Pembelajaran Mengembangkapn Standar Kompetensi Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
  2. ----------------. 2013. Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja: Rosdakarya
  3. Anita Lie. 2008. Cooperative Learning. Mempraktekkan Cooperative Learning di Ruang-ruang Kelas. Jakarta: PT. Gramedia.
  4. Arifin, M 1991 Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta : Bumi Aksara
  5. Arifin, Z. (1991). Evaluasi Instruksional Prinsip-Teknik-Prosedur. Bandung:P.T. Remaja Rosdakarya.
  6. Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta
  7. Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta
  8. Chabib Thoha, dkk, 1999. Metodologi Pengajaran Agama. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
  9. Dakir (2004). Perencanaan dan Pengembanga Kurikulum. Jakarta: PT.Asdi Mahastya
  10. Daradjat Zakiah, dkk, 1992. Ilmu Pendidikan Islam Jakarta: Bumi Aksara.
  11. Dyta.(2013). Penerapan Model Learning Together untuk meningkatkan aktivitas belajar dalam pencapaian pembuatan pola kemeja. Yogyakarta:UNY
  12. Fadlun, 2016 Pendidik Bidang Studi Pendidikan Agama Islam, Wawancara, Bima.
  13. Gagne R. M. Gagne & L. J. Briggs, 1979. Principle of Instructional Design. (New York: Holt, Rinehart and Winston.
  14. Isjoni. (2007). Cooperative Learning, Efektifitas Pembelajaran Kelompok, Alfabeta, Bandung.
  15. -------. (2009) Pembelajaran Kooperatif, Meningkatkan Komunikasi antar Siswa, Pustaka Pelajar, Yogyakarta.
  16. ---------. (2009). Pembelajaran Kooperatif, Meningkatkan Kecerdasan komunikasi antar kelompok, Putaka Pelajar, Yogyakarta.
  17. Johnson and Johnson. (1994:51). Handbook ofCooperative Learning Boston
  18. Johnson, E.B. (2007), Contextual Teaching & Learning, menjadikan kegiatan belajar mengajr mengasyikan dan bermakna, Mizan Learning Center, Bandung.
  19. Miftahul Huda, Cooperative Learning Metode, Teknik, Struktur dan Model Penerapan, (Cet. X; Yogyakarta: Pustaka Pelajar).
  20. Muslich, Masnur. (2011). Pendidikan Karakter: Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Jakarta: PT Bumi Aksara.
  21. Nurjanah(2012).Penerapan model pembelajaran Learning together untuk meningkatkan kerjasama dan prestasi belajar Sosiologi:Karanganyar:Universitas Boyolali
  22. Samani dan Hariyanto(2012) Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Gava Media
  23. Samsul Nizar, 2001Pengantar Dasar-dasar Pemikiran Pendidikan Islam (Jakarta : Gaya Media Pratama.
  24. Slavin Robert , 2016. Cooperative Learning: theory, research and pratice, terj. Narulita Yusron, Cooperative Learning: Teori, Riset dan Praktik (Cet. XVII; Bandung: Nusa Media.
  25. Sugiyono. (2015).Metode Penelitian Pendidikan penfekatan kuantitatif, kualitatif dan R & D. Bandung:Alfabeta
  26. -----------. (2015).Statistika untuk penelitian. Bandung: Alfabeta
  27. Tedja Saputra Mayke S. 2005. Bermain, Mainan dan Permainan untuk Anak Didik. Jakarta : Gramedia.
  28. Umar Tirtarahardja, S.L. La Sulo, 2010. Pengantar Pendidikan, Makassar: Badan Penerbit UNM,
  29. Undang-undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 Tentang Sisdiknas, Bab II pasal 3 (Bandung : Fermana, 2006