Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think,Talk,Write (TTW) untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Matematika SD Negeri 03 Lubuk Pinang. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas IV SD negeri 03 Lubuk Pinang. Tahun pelajaran 2022/2023 Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dan kuasi eksperimen.Instrumen yang digunakan berupa instrumen tes dalam bentuk soal objektif yang diberikan kepada peserta didik setiap siklus.Instrumen non tes yang digunakan berupa lembar observasi kegiatan guru dan lembar observasi Keaktifan peserta didik.Data hasil tes dianalisis dengan cara statistik deskriptif dan data hasil non tes dianalisis dengan deskriptif kuantitatif. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think,Talk,Write (TTW) dapat meningkatkan Keaktifan dan prestasi belajar peserta didik Kelas IV SD Negeri 03 Lubuk Pinang
Keywords
Article Details
References
- Agus Suprijono. 2009. Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta :Pustaka Pelajar
- Ali,Mohammad (2014). Metodologi dan Aplikasi Riset Pendidikan. Bandung: Bumi Aksara
- Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.
- Davidson dan Warsham. 2011. ModelPembelajaran Kooperatif. Bandung: Rineka Cipta
- Endang Komara. 2014. Belajar dan Pembelajaran Interaktif. Aditama: Bandung.
- Ernnis, R.H. dkk .2005. Critical Thinking. USA Bright Minds. Hamalik O. 2008. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara
- Hamalik.O. 2009. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara
- Hanafiah, Nanang dan Cucu Suhana. 2009. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Refika Aditama
- Ibrahim (2000) Pembelajaran Kooperatif, Surabaya: Pusat Sains dan matematika, UNESA
- Jakarta : Rineka Cipta.
- Kamus Besar Bahasa Indonesia,2003:985
- Nazir, Moh. Ph. D. 2009. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia
- Purwanto,2007. Evaluasi Hasil Belajar, yogyakarta: Pustaka Pelajar
- Rineka Cipta. Jakarta
- Sadia, I W. 2008. Model-model Pembelajaran Sains Konstruktivistik. Singaraja: Graha Ilmu
- Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya.
- Slavin, R.E.2002.Cooperative Learning Theory, Research, and Practice.New York:Prentice Hall.2 nd.Ed.
- Soedijarto. 2008. Landasan dan Arah Pendidikan Nasional kita.J akarta: PT Kompas Media Nusantara
- Sudjana, Nana,2005. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar.Bandung: Sinar Baru Algensindo.
- Sudjana,Nana(2017).Penilaian Hasil Proses Belajar
- Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
References
Agus Suprijono. 2009. Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta :Pustaka Pelajar
Ali,Mohammad (2014). Metodologi dan Aplikasi Riset Pendidikan. Bandung: Bumi Aksara
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.
Davidson dan Warsham. 2011. ModelPembelajaran Kooperatif. Bandung: Rineka Cipta
Endang Komara. 2014. Belajar dan Pembelajaran Interaktif. Aditama: Bandung.
Ernnis, R.H. dkk .2005. Critical Thinking. USA Bright Minds. Hamalik O. 2008. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara
Hamalik.O. 2009. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara
Hanafiah, Nanang dan Cucu Suhana. 2009. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Refika Aditama
Ibrahim (2000) Pembelajaran Kooperatif, Surabaya: Pusat Sains dan matematika, UNESA
Jakarta : Rineka Cipta.
Kamus Besar Bahasa Indonesia,2003:985
Nazir, Moh. Ph. D. 2009. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia
Purwanto,2007. Evaluasi Hasil Belajar, yogyakarta: Pustaka Pelajar
Rineka Cipta. Jakarta
Sadia, I W. 2008. Model-model Pembelajaran Sains Konstruktivistik. Singaraja: Graha Ilmu
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya.
Slavin, R.E.2002.Cooperative Learning Theory, Research, and Practice.New York:Prentice Hall.2 nd.Ed.
Soedijarto. 2008. Landasan dan Arah Pendidikan Nasional kita.J akarta: PT Kompas Media Nusantara
Sudjana, Nana,2005. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar.Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Sudjana,Nana(2017).Penilaian Hasil Proses Belajar
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta