Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk: (1) Mengembangkan multimedia pembelajaran Matematika berbasis Augmented Reality yang layak sehingga mampu meningkatkan kemandirian belajar peserta didik (2) Mendeskripsikan efektivitas multimedia pembelajaran Matematika berbasis Augmented Reality untuk meningkatkan kemandirian belajar peserta didik. Dalam penelitian ini digunakan jenis penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII di SMP Santo Yosef Lahat, SMP Negeri 4 Lahat, dan SMP Negeri 2 Merapi Timur. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah wawancara dan angket. Analisis data yang digunakan adalah (1) Analisis data instrumen penilaian ahli materi, (2) Analisis data instrumen penilaian ahli media, (3) Analisis data tanggapan peserta didik, (4) Analisis n-gain angket kemandirian belajar. Instrumen validasi pengembangan multimedia dan kemandirian peserta didik dalam penelitian yang digunakan adalah model skala linkert. Simpulan dari penelitian ini adalah: (1) Multimedia pembelajaran Matematika berbasis Augmented Reality yang dikembangkan, layak untuk meningkatkan kemandirian belajar peserta didik (2) Multimedia pembelajaran Matematika berbasis Augmented Reality efektif untuk meningkatkan kemandirian belajar peserta didi
Keywords
Article Details
References
- Ardhianto, Eka., Hadikurniawati, Wiwien., dan Winarno, Edy. 2016. Augmented Reality Objek 3 Dimensi dengan Perangkat Artoolkit dan Blender. Dinamik Jurnal Teknologi Informasi. Vol.17 No.2 ISSN : 0854-9524.
- Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta. Edisi Revisi V Cet. Ke-12.
- Cole, R. S., & Todd, J. B. 2003. Effects of webbased multimedia homework with immediate rich feedback on student learning in general chemistry. Journal of Chemical Education, 80(11), 1338.
- Dedynggego, Mohammad., dan Affan, Moh. 2015. Perancangan Media Pembelajaran Interaktif 3D Tata Surya Menggunakan Teknologi Augmented Reality untuk Siswa Kelas 6 Sekolah Dasar Sangira. Jurnal Elektronik Sistem Informasi dan Komputer. Vol.1 No.2. Hal: 45-60. ISSN: 2777-888.
- Depdiknas. 2004. Kerangka Dasar Kurikulum 2004. Jakarta.
- Gunawan, G., Fitriani, N., & Sutrio, S. 2017. Berpikir Kreatif Dalam Fisika Dengan Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs) Berbantuan LKPD. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 3(1), 24–33. https://doi.org/10.29303/jpft.v3i1.319.
- Kamlaskar, Chetana H. 2007. Development and Evaluation of an Interactive Multimedia Simulation on Electronics Lab Activity: Wien Bridge Oscillator. International Journal of Instructional Technology and Distance Learning. March 2007. Vol. 4. No. 3.
- Kamelia, Lia. 2015. Perkembangan Teknologi Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Kuliah Kimia Dasar. Jurnal Edisi Juni 2015. Volume IX No. 1 ISSN 1979-8911.
- Kana Hidayati dan Endang Listyani. 2010. Pengembangan Instrumen Kemandirian Belajar Mahasiswa. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan. Vol. 8 No. 2, Juli 2019, 756-760. ISSN: 2302-4496.
- Mulyatiningsih, Endang. 2013. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
- Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 65 Tahun 2013 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.
- Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2016 Tentang Kompetensi Inti Dan Kompetensi Dasar Pelajaran Pada Kurikulum 2013 Pada Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Menengah.
- Reys, R. E. Et. al. 1998. Helping Children Learn Mathematics 5 th Edition. Boston: Allyn and Bacon.
- Sannikov, Zhdanov, Chebotarev, dan Rabinovich. 2015. Interactive Educational Content Based on Augmented Reality and 3D Visualization. YSC 2015. 4th International Young Scientists Conference on Computational Science. Vol 66, 2015, Pages 720–729.
- Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
- ________. 2015. Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.
- ________. 2017. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
- Sumarlin. 2013. Persepsi Dan Kepedulian Siswa Terhadap Pengelolaan Lingkungan Sekolah Melalui Program Adiwiyata. Thesis. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.
- UU 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
References
Ardhianto, Eka., Hadikurniawati, Wiwien., dan Winarno, Edy. 2016. Augmented Reality Objek 3 Dimensi dengan Perangkat Artoolkit dan Blender. Dinamik Jurnal Teknologi Informasi. Vol.17 No.2 ISSN : 0854-9524.
Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta. Edisi Revisi V Cet. Ke-12.
Cole, R. S., & Todd, J. B. 2003. Effects of webbased multimedia homework with immediate rich feedback on student learning in general chemistry. Journal of Chemical Education, 80(11), 1338.
Dedynggego, Mohammad., dan Affan, Moh. 2015. Perancangan Media Pembelajaran Interaktif 3D Tata Surya Menggunakan Teknologi Augmented Reality untuk Siswa Kelas 6 Sekolah Dasar Sangira. Jurnal Elektronik Sistem Informasi dan Komputer. Vol.1 No.2. Hal: 45-60. ISSN: 2777-888.
Depdiknas. 2004. Kerangka Dasar Kurikulum 2004. Jakarta.
Gunawan, G., Fitriani, N., & Sutrio, S. 2017. Berpikir Kreatif Dalam Fisika Dengan Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs) Berbantuan LKPD. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 3(1), 24–33. https://doi.org/10.29303/jpft.v3i1.319.
Kamlaskar, Chetana H. 2007. Development and Evaluation of an Interactive Multimedia Simulation on Electronics Lab Activity: Wien Bridge Oscillator. International Journal of Instructional Technology and Distance Learning. March 2007. Vol. 4. No. 3.
Kamelia, Lia. 2015. Perkembangan Teknologi Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Kuliah Kimia Dasar. Jurnal Edisi Juni 2015. Volume IX No. 1 ISSN 1979-8911.
Kana Hidayati dan Endang Listyani. 2010. Pengembangan Instrumen Kemandirian Belajar Mahasiswa. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan. Vol. 8 No. 2, Juli 2019, 756-760. ISSN: 2302-4496.
Mulyatiningsih, Endang. 2013. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 65 Tahun 2013 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.
Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2016 Tentang Kompetensi Inti Dan Kompetensi Dasar Pelajaran Pada Kurikulum 2013 Pada Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Menengah.
Reys, R. E. Et. al. 1998. Helping Children Learn Mathematics 5 th Edition. Boston: Allyn and Bacon.
Sannikov, Zhdanov, Chebotarev, dan Rabinovich. 2015. Interactive Educational Content Based on Augmented Reality and 3D Visualization. YSC 2015. 4th International Young Scientists Conference on Computational Science. Vol 66, 2015, Pages 720–729.
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
________. 2015. Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.
________. 2017. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sumarlin. 2013. Persepsi Dan Kepedulian Siswa Terhadap Pengelolaan Lingkungan Sekolah Melalui Program Adiwiyata. Thesis. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.
UU 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional