Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendesskripsikan pengembangan, keayakan dan efektifitas modul pembelajaran berbasis potensi lokal untuk meningkatkan kemampuan keaksaraan fungsional warga belajar. Metode penelitian yang digunakan yaitu R&D (Research and Development) dengan model ADDIE. Penelitian ini dilaksanakan di SPNF SKB, Desa Suro Muncar Kecamatan Ujan Mas Kabupaten Kepahiang . Subjek dalam penelitian ini adalah warga belajar keaksaraan usaha mandiri, Kepala SPNF SKB, pengelola, dan tutor. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan lenmbar angket validasi dan tes. Data dianalisis dengan sistem deskriptif persentase, data yang dianalisis dalam penelitian ini adalah hasil validasi tim ahli dan hasil kuisioner/respon warga belajar terhadap modul pembelajaran berbasis potensi lokal pada keaksaraan fungsional yang dikembangkan dan uji T. Hasil penelitian dan pengembangan sebagai berikut: (1) Berdasarkan analisi yang telah dilakukan, maka dikembangkan modul pembelajaran sesuai dengan karaakter warga belajar, Hasil validasi pengembangan modul oleh ahli materi mendapatkan skor 4,4 dengan penilaian Layak digunakan, sedangkan ahli media mendapatkan skor 4,6 dengan penilaian sangat layak. Berdasarkan perhitungan persentase hasil kelayakan modul oleh validator didapatkan hasil 82,5% untuk ahli materi, 91% untuk ahli media. Sedangkan validasi kelayakan oleh pamong belajar adalah 81,7% dan Tutor 89,2%. Hasil validasi dari warga belajar juga menunjukan persentase 83,7%. Berdasarkan persentase ini para validator menyatakan bahwa modul ajar keaksaraan fungsional ini layak digunakan untuk mendukung proses pembelajara bagi warga belajar di SPNF SKB Kepahiang. Hasil analisis postes dan pretest yang dilakukan pada 20 warga belajar yang telah diuji coba menggunakan modul pembelajaran berbasis potensi lokal didapatkan hasil t hitung > t tabel dengan df=19 dan sig.0,00. Yang berarti terdapat perubahan yang signifikan pada hasil test yang dilakukan, yang artinya modul pembelajaran ini efektif dalam meningkatkan kemampuan keaksaraan fungsional warga belajar
Keywords
Article Details
References
- Daryanto. 2013. Menyusun Modul: Bahan Ajar Untuk Persiapan Guru dalam Belajar. Yogyakarta: Gava Media
- Departemen Pendidikan Indonesia. 2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka
- Endang Mulyatiningsih. 2012. Riset Terapan Bidang Pendidkian dan Teknik. Yogyakarta: UNY Press
- Kusnadi. 2005. Pendidikan Keaksaraan: Filosofi, Strategi, Implementasi. Jakarta: Direktorat Pendidikan Masyarakat
- Napitupulu . 1984). Keaksaraan Fungsional. Bandung: Alfabeta
- Nasution, S. (2011). Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar & Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara
- Sujadi. 2003. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
- Suryadi Ace, 2009. Mewujudkan Masyarakat Pembelajar : Konsep,Kebijakan dan Implementasi, Jakarta : Widya Aksara Press
References
Daryanto. 2013. Menyusun Modul: Bahan Ajar Untuk Persiapan Guru dalam Belajar. Yogyakarta: Gava Media
Departemen Pendidikan Indonesia. 2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka
Endang Mulyatiningsih. 2012. Riset Terapan Bidang Pendidkian dan Teknik. Yogyakarta: UNY Press
Kusnadi. 2005. Pendidikan Keaksaraan: Filosofi, Strategi, Implementasi. Jakarta: Direktorat Pendidikan Masyarakat
Napitupulu . 1984). Keaksaraan Fungsional. Bandung: Alfabeta
Nasution, S. (2011). Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar & Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara
Sujadi. 2003. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Suryadi Ace, 2009. Mewujudkan Masyarakat Pembelajar : Konsep,Kebijakan dan Implementasi, Jakarta : Widya Aksara Press