Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk: (1) Mendeskripsikan penerapan model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) dalam meningkatkan berpikir kritis siswa. (2) Mendeskripsikan penerapan model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada kelas VIII SMPN 23 Mukomuko. Dalam penelitian ini digunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan dilanjutkan dengan penelitian Eksperimen. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 23 Mukomuko yang berjumlah 32 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah lembar observasi dan metode tes siswa. Analisis data yang digunakan nilai adalah (1) Analisis kemampuan berpikir kritis, (2) Analisis Pre-test dan Post-test. Dari hasil lembar observasi dan tes siswa siklus I diperoleh hasil penerapan CTL oleh guru sebesar 77,71% (kriteria baik), kemampuan berpikir kritis siswa sebesar 50% (kriteria kurang), dan perbandingan persentase ketuntasan pre-test dan post-test adalah 36,88% dan 41%. Sedangkan pada siklus II diperoleh hasil penerapan CTL oleh guru sebesar 87,42% (kriteria baik sekali), kemampuan berpikir kritis siswa sebesar 70% (kriteria baik), dan perbandingan persentase ketuntasan pre-test dan post-test adalah 50% dan 75%. Simpulan dari penelitian ini adalah; (1) Penerapan pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) dapat meningkatkan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran Matematika. (2)  Penerapan model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika di SMPN 23 Mukomuko

Keywords

Model Pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) Berpikir kritis hasil Belajar

Article Details

How to Cite
RITAWATI. (2024). PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS DAN PRESTASI BELAJAR. Diadik: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 14(2), 397–405. https://doi.org/10.33369/diadik.v14i2.38523

References

Read More