Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Mendeskripsikan Penerapan Metode Demonstrasi  untuk Meningkatkan Keaktifan dan Prestasi Belajar Siswa (Studi Pada mata Pelajaran IPA siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Merapi Timur. Penelitian ini Merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan di SMP N 1 Merapi Timur. Teknik pengumpulan data di laksaanakan menggunakan Lembar Penilaian dan Test hasil Belajar siswa serta dengan lembar observasi. Analisis data dengan menggunakan Mean dan t-tesT.  Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa dengan menerapkan Metode Demontrasi dalam proses Pembelajaran IPA Terpadu di Kelas VIII SMP Negeri 1 Merapi Timur menunjukan hasil yang signifikan. Sehingga menurut peneliti Penerapan Metode Demonstrasi dalam Proses Pembelajaran IPA di SMP sangat layak untuk diteruskan karena dapat menigkatkan keaktifan dan Prestasi Belajar.

Keywords

Metode Demonstrasi Keaktifan prestasi belajar

Article Details

How to Cite
Sapirman. (2024). PENERAPAN METODE DEMONTRASI UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR. Diadik: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 14(2), 406–410. https://doi.org/10.33369/diadik.v14i2.38524

References

  1. Sanjaya, W. 2006. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
  2. Daryanto.(2009). Demonstrasi Sebagai Metode Belajar. Jakarta: Depdikbud
  3. Arikunto, Suharsimi. 2008. Penelitian Tindakan Kelas . Jakarta: Bumi Aksara
  4. Yamin, Martinis. (2007). Kiat Membelajarkan Siswa. Jakarta: Gaung Persada Press
  5. Slameto. 2010. Belajar dan faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta
  6. Arifin, M. Dan Aminuddin Rasyad. (2009) Dasar-Dasar Pendidikan. Jakarta: Dirjen Pembinaan Agama Islam
  7. Djamarah, dan Bahri, S.,(1994) Prestasi Belajar dan kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional
  8. Hamalik, oemar. 2011. Proses belajar menganjar, Jakarta : Bumi Aksara
  9. .