Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Mendeskripsikan Penerapan Metode Demonstrasi  untuk Meningkatkan Keaktifan dan Prestasi Belajar Siswa (Studi Pada mata Pelajaran IPA siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Merapi Timur. Penelitian ini Merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan di SMP N 1 Merapi Timur. Teknik pengumpulan data di laksaanakan menggunakan Lembar Penilaian dan Test hasil Belajar siswa serta dengan lembar observasi. Analisis data dengan menggunakan Mean dan t-tesT.  Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa dengan menerapkan Metode Demontrasi dalam proses Pembelajaran IPA Terpadu di Kelas VIII SMP Negeri 1 Merapi Timur menunjukan hasil yang signifikan. Sehingga menurut peneliti Penerapan Metode Demonstrasi dalam Proses Pembelajaran IPA di SMP sangat layak untuk diteruskan karena dapat menigkatkan keaktifan dan Prestasi Belajar.

Article Details

How to Cite
PENERAPAN METODE DEMONTRASI UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR. (2024). Diadik: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 14(2), 406–410. https://doi.org/10.33369/diadik.v14i2.38524

References

    Sanjaya, W. 2006. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

    Daryanto.(2009). Demonstrasi Sebagai Metode Belajar. Jakarta: Depdikbud

    Arikunto, Suharsimi. 2008. Penelitian Tindakan Kelas . Jakarta: Bumi Aksara

    Yamin, Martinis. (2007). Kiat Membelajarkan Siswa. Jakarta: Gaung Persada Press

    Slameto. 2010. Belajar dan faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta

    Arifin, M. Dan Aminuddin Rasyad. (2009) Dasar-Dasar Pendidikan. Jakarta: Dirjen Pembinaan Agama Islam

    Djamarah, dan Bahri, S.,(1994) Prestasi Belajar dan kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional
    Hamalik, oemar. 2011. Proses belajar menganjar, Jakarta : Bumi Aksara
    .