Main Article Content

Abstract

Evaluasi Program Pembelajaran Pendidikan Jasmani di SD Negeri 05 Ipuh. Tesis. Bengkulu: Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu, 2022. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil evaluasi pembelajaran penjas di SD Negeri 05 Ipuh. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 05 Ipuh. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru mata pelajaran pendidikan jasmani, dan seluruh peserta didik. Peserta didik dalam penelitian ini berjumlah 210  anak. Pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi, observasi, dan wawancara. Data kualitatif dan kuantitatif dianalisis dengan teknik deskriptif. Validitas instrumen penelitian dilakukan menggunakan expert judgement. Kesimpulan dari penilitian ini yaitu program pembelajaran pendidikan jasmani di SD Negeri 05 Ipuh telah berbedoman pada badan standar nasional pendidikan (BSNP), akan tetapi belum sepenuhnya sesuai dengan standar nasional pendidikan tersebut. Aspek yang masih kurang sesuai atau belum mencapai standar yaitu kesesuaian materi yang disampaikan, sarana dan prasarana penjas serta pelaksanaan pembelajaran penjas.

Keywords

evaluasi pendidikan jasmani CIPP

Article Details

How to Cite
Khairul mukmin. (2024). EVALUASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN SD NEGERI 05 IPUH. Diadik: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 14(2), 418–431. Retrieved from https://ejournal.unib.ac.id/diadik/article/view/38526

References

  1. Abidin, Yunus. 2014. Perancangan Sistem Pembelajaran Dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: PT Refika Aditama.
  2. Agus, Cahyo. (2013). Panduan Aplikasi Teori Belajar. Jakarta. PT. Diva Pers.
  3. Agus, S Suryobroto. (2001). Direktorat Teknologi Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Yogyakarta. UNIVERSITAS FIK.
  4. Ali, Mohammad. 2014. Metodologi & Aplikasi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.
  5. Arifin, Zainal. 2014. Penelitian Pendidikan: Metode dan Paradigma Baru. Bandung: PT Pemuda Rosdakarya.
  6. Arifin. (2013). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT. Pemuda Rosdakarya.
  7. Arikunto, dkk, Cepi. 2014. Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara. Dokumentasi laporan KIAI 2016
  8. Brookhart, S. M., & Nitko, A. J. (2011). Penilaian pendidikan siswa. Pearson Higher Ed.
  9. Brown, H. Douglas. 2001. Pengajaran dengan Prinsip Pendekatan Interaktif Pedagogi Bahasa Edisi Kedua. New York: Perusahaan Pendidikan Pearson.
  10. Dick, W. dan Carey, L. (1990). Desain Sistematis Instruksi. (Edisi ketiga). Amerika Serikat : Penerbit Harper Collins.
  11. Fitzpatrick, Sanders, dan Worthen, 2004. Evaluasi Program, Pendekatan Alternatif dan Panduan Praktis, Edisi Ketiga, (New York: Longman Inc.
  12. Giriwijoyo, Santosa dan Dikdik Zafar Sidik. 2012. Ilmu Kesehatan Olahraga. Bandung: Rosda.
  13. Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Perpustakaan Setia.
  14. Hartono, A.S & Tjalla, A. (2017). Evaluasi Program Pesantren MTA SMA. Surakarta. Jurnal Evaluasi Pendidikan, Jilid 8, Nomor 2.
  15. Husdarta dan Yudha M. Saputra. (2000). Belajar dan Belajar. Jakarta : Erlangga.
  16. Mulyasana, Dedi.( 2012). Pendidikan Bermutu dan Berdaya Saing. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
  17. Sanjaya, Wina. (2008). Perencanaan dan perancangan sistem pembelajaran. Jakarta: Grup Media Kencana Prenada.
  18. Smaldino, Sharon. E., Lowther, Deboran. L., Russel, James. D. (2011). Teknologi Pembelajaran dan Media Pembelajaran. (Diterjemahkan oleh: Arif Rahman). Jakarta: KENCANA.
  19. Sugiyono, 2013, Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Litbang. (Bandung: ALFABETA).
  20. Suharsimi Arikunto . & Jawa Barat, C.S.A. (2014). Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: Bumi Literasi.
  21. Sukintaka. 2001. “Teori Pendidikan Jasmani”. Solo: Esa Grafika.
  22. Sukintaka. 2001. “Teori Pendidikan Jasmani”. Solo: Esa Grafika.
  23. Syrmpas, I. (2014). Pengalaman guru siswa pendidikan jasmani dengan dan persepsi gaya mengajar. Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga. 14(1). 52-59.
  24. Tesgera, W.D. (2018). Sekolah Tinggi Ilmu Pengetahuan Alam dan Komputasi Jurusan Ilmu Keolahragaan Dampak Peralatan Olahraga Pemfasilitasi pada Proses Belajar Mengajar pada Proses Pendidikan Jasmani pada Kasus SMA Babala. Diserahkan ke Jurusan Ilmu Keolahragaan di KAS SMA Babala. 2(2), 27–35.
  25. Widoyoko, Eko Putro. 2016. Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Perpustakaan Siswa.
  26. Widoyoko, Eko Putro. Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Perpustakaan Siswa. 2014.
  27. Widoyoko, Eko. (2016). Penilaian Hasil Belajar di Sekolah. Yogyakarta: Perpustakaan Siswa.