Main Article Content

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan sebuah produk berupa media pembelajaran yaitu busy book, yang dapat meningkatkan kemampuan logika matematika anak usia dini. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (Research and Development / R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Subjek penelitian adalah anak kelompok B TK IT Bunayya Kota Bengkulu yang berjumlah 30 orang anak. Data yang didapat dari penelitian ini berupa data ahli media, ahli materi, dan hasil tes anak. Teknik analisis data dengan membuat tabulasi dan uji hipotesis. Tabulasi data dari ahli media dan ahli materi menggunakan skor rata-rata, data kemampuan logika matematika anak menggunakan skor, analisis peningkatan kemamapuan logika matematika anak menggunakan paired sample t-test. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa media busy book layak dijadikan sebagi media pembelajaran dan efektif dalam meningkatkan kemampuan logika matematika anak usia dini

Keywords

Kemampuan logika matematika media busy book

Article Details

How to Cite
Elva Zulyawati. F.N, & Nina Kurniah. (2024). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BUSY BOOK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LOGIKA MATEMATIKA ANAK USIA DINI. Diadik: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 14(2), 432–439. https://doi.org/10.33369/diadik.v14i2.38527

References

  1. Dwiningsih, K. S. M. and Rahma, P. T. 2018. Hamalik, Oemar. 1994. Media Pendidikan. Bandung: Penerbit PT Citra Aditya Bakti.
  2. Rangkuti, Nizar, A. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif dan Kualitatif, PTK dan Penelitian Pengembangan. Bandung: Cita Pustaka Media.
  3. Salim, Haidir. 2019. Penelitian Pendidikan (Metode, Pendekatan dan Jenis). Jakarta: Kencana.
  4. Sudjana, Nana dan Rivai. 2009. Penilaian Hasil Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya