Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran mind mapping untuk meningkatkan kreativitas dan prestasi belajar siswa pada mata ekonomi lintas minat kelas XI IPA di SMAN 2 Tebing Tinggi. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas dan dilanjutkan dengan kuasi eksperimen. Subjek penelitian tindakan kelas adalah kelas XI IPA 2 SMAN 2 Tebing Tinggi yang berjumlah 31 siswa. Sampelnya terdiri dari kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 31 siswa dan kelas XI IPA 3 sebagai kelas kontrol berjumlah 31 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi menggunakan instrument lembar observasi aktivitas guru dalam menerapkan model pembelajaran, dan lembar observasi kreativitas siswa serta tes untuk mengukur prestasi belajar siswa yang berupa tes tertulis berbentuk pilihan ganda. Data dianalisis dengan rumus rata-rata dan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan selama 3 siklus di kelas XI IPA 2, hasil analisis menunjukkan bahwa kemampuan guru dalam melaksanakan model pembelajaran mind mapping, kreativitas siswa dalam pembelajaran serta prestasi belajar siswa mengalami peningkatan tiap siklusnya. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan model pembelajaran mind mapping dapat meningkatkan kreativitas dan prestasi belajar siswa kelas XI IPA di SMAN 2 Tebing Tinggi

Keywords

Model Mind Mapping kreativitas prestasi belajar

Article Details

How to Cite
Septy Falensia, & Bayu Insanistyo. (2024). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR. Diadik: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 14(2), 440–451. https://doi.org/10.33369/diadik.v14i2.38528

References

  1. Ali, Muhammad, Asrori, M. 2009. Psikologi Remaja: Perkembangan Peserta didik. Jakarta: Bumi Aksara.
  2. Andayani. 2015. Problema dan Aksioma. Yogyakarta: CV Budi Utama.
  3. Arifin, Z. 2010. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
  4. Arikunto, Suharsimi, 2007. Manajemen penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
  5. Bacharsyah. 2021. Penerapan Metode Mind Mapping Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Narasi Siswa Kelas IV SD Negeri 33 Pagar Alam.
  6. Buzan, Tony. 2011. Buku Pintar Mind Map. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama
  7. Darmadi. 2017. Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran dalam Dinamika Belajar Siswa. Yogyakarta: CV Budi Utama.
  8. Djamarah, S.B.& Zain, A. 2013. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.
  9. Eko, Yuli. 2009. Ekonomi SMA dan MA Kelas X. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
  10. Ekowati. 2008. Ilmu Ekonomi. https://ekowati52.wordpress.com. Diakses pada tanggal 17 Januari 2008
  11. Farida, I. 2017. Evaluasi Pembelajaran Berdasarkan Kurikulum Nasional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
  12. Fathurrohman, M. 2015. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: AR-Ruzz Media.
  13. Fathurrohman, M. 2017. Belajar dan Pembelajaran Modern.Yogyakarta: Garudhawaca.
  14. Geminastiti, K. & Nurlita, N. 2016. Ekomomi untuk Siswa SMA/MA Kelas X. Bandung: Yrama Widya.
  15. Hamid, M.S. 2011. Metode Edutainment Menjadikan Siswa Kreatif dan Nyaman di Kelas. Yogyakarta: DIVA Press.
  16. Hartono, R. 2013. Ragam Model Mengajar yang Mudah Diterima Murid. Jakarta: PT Rineka Cipta.
  17. Hornby, A.S.2003. Oxford Advanced Learner’s Dictionary. Oxford: Oxford University Press.
  18. Husein Umar.2007, Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
  19. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014. Permendikbud No 64 Tahun 2014. Jakarta
  20. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018. Permendikbud No 36 Tahun 2018. Jakarta
  21. Kunandar, D.R. 2008. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
  22. Kurniasih, I.& Sani, B. 2016. Model Pembelajaran. Jakarta: Kata Pena.
  23. Mahmuddin. 2009. Pembelajaran Berbasis Peta Pikiran (Mind Mapping). [online]. Tersedia: http://mahmuddin.wordpress.com/2009/12/01. [12Januari 2012]
  24. Muhson,A.2015. Panduan Penggunaan Anbuso Versi 6.1. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
  25. Mulyana, Deddy.2005. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT. Remaja Rodaskarya.
  26. Munandar, Utami. 2012. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.
  27. Munir & Nurdin. 2011. Penerapan Model Pembelajaran Quantum Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran TIK Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Cimahi.
  28. Nazir,M. 2003. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.
  29. Ngalimun, dkk. 2016. Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
  30. Olivia, F. 2008. Gembira Belajar dengan Mind Mapping. Jakarta: PT Gramedia.
  31. Purwanta, W.& Rahardja, P. 2016. Eksplorasi Nalar Siswa Ekonomi untuk Siswa SMA/ MA Kelas X. Bandung: YramaWidya.
  32. Putong, Iskandar. 2015. Teori Ekonomi Mikro. Bogor: Mitra Wacana Media
  33. Riyanto, B. 2013. Pengaruh Metode Mind Mapping Terhadap Ketuntasan Belajar IPA Pada Siswa Full Day School.
  34. Sugiharsono. 2010. Dasar-Dasar Ekonomi Mikro. Depok: RajaGrafindo Persada.
  35. Sugihartono, dkk. 2013. Psikologi Pendidikan. Jakarta: UNY Press.
  36. Sugiyanta. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teori Mind Mapping Untuk Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar Siswa (Penelitian Pada Mata Pelajaran Geografi Kelas X SMAN 3 Mukomuko).
  37. Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.
  38. Thobroni, M.& Mustofa, A. 2013. Belajar & Pembelajaran. Yogyakarta: AR-Ruzz Media.
  39. Tilaar, H.A.R. 2013. Media Pembelajaran Aktif. Bandung: Nuansa Cendekia.
  40. Widiastuti, A., dkk. 2016. Buku Siswa Ekonomi Untuk SMA/MA Kelas X. Klaten:Cempaka Putih.
  41. Wilyani, N. A. 2013. Manajemen Kelas. Jakarta: AR-Ruzz Media