Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran discovery learning untuk meningkatkan tanggung jawab dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran geografi kelas XI SMA Negeri 1 Ujanmas. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dan kuasi eksperimen. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Ujanmas semester Genap tahun pelajaran 2022/2023. Melalui teknik simple random sampling diperoleh sampel kuasi eksperimen adalah kelas XI IPS SMA Negeri 1 Ujanmas. Instrumen penelitian ini menggunakan lembar observasi dan tes. Data penelitian dianalisis dengan statistik deskriptif, rata-rata (mean), persentase, dan uji-t. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran Discovery learning dapat meningkatkan tanggung jawab dan prestasi belajar siswa kelas XI SMA Negeri 1 Ujanmas
Keywords
Article Details
References
- Ahmadi, Hendriati.2009. Psikologi Sosial, Edisi Revisi.Jakarta.Penerbit Rineka Cipta.
- Carin dan Sunds. 1993. Metodologi Pembelajaran IPA. Jakarta. Bumi Aksara
- Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
- Mentari,Welly,Arwin Achmad,Berti Yolida. 2015.Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa.
- Mustari, Mohammad. 2011. Nilai Karakter.Yogyakarta:LaksBang PRESSindo.
- Priliza, Diska Masayu, Nur Lestari, I wayan Marta dan putu artayasa. 2020. Efektivitas Penerapan Model Discovery Learning terhadap Hasil Belajar IPA
- Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rieneka Cipta
- Syah, Muhibin. 2014. Psikokologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
- Suprihattiningrum, Jamil.2013. Guru Profesional: pedoman kinerja, kualifikasi & KOmpetensi Guru. Jogjakarta:Ar-Ruzz Media
- Zuriah, Nurul. 2008.Pendidikan Moral & Budi Pekerti dalam Perpektif Perubahan.Jakarta:PT.Bumi Aksara
References
Ahmadi, Hendriati.2009. Psikologi Sosial, Edisi Revisi.Jakarta.Penerbit Rineka Cipta.
Carin dan Sunds. 1993. Metodologi Pembelajaran IPA. Jakarta. Bumi Aksara
Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Mentari,Welly,Arwin Achmad,Berti Yolida. 2015.Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa.
Mustari, Mohammad. 2011. Nilai Karakter.Yogyakarta:LaksBang PRESSindo.
Priliza, Diska Masayu, Nur Lestari, I wayan Marta dan putu artayasa. 2020. Efektivitas Penerapan Model Discovery Learning terhadap Hasil Belajar IPA
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rieneka Cipta
Syah, Muhibin. 2014. Psikokologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Suprihattiningrum, Jamil.2013. Guru Profesional: pedoman kinerja, kualifikasi & KOmpetensi Guru. Jogjakarta:Ar-Ruzz Media
Zuriah, Nurul. 2008.Pendidikan Moral & Budi Pekerti dalam Perpektif Perubahan.Jakarta:PT.Bumi Aksara