Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan keterampilan sosial dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XII IPS 1 SMA N 1 Ujanmas. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dan kuasi eksperimen. Subjek penelitian adalah siswa kelas XII IPS SMA Negeri 1 Ujanmas semester genap tahun pelajaran 2022/2023. Melalui teknik simpel random sampling diperoleh sampel kuasi eksperimen adalah kelas XII IPS 2  SMA N 1 Ujanmas dan kelas kontrol  XII IPS 3 SMA N 1 Ujanmas. Instrumen penelitian ini menggunakan lembar observasi dan tes. Data penelitian dianalisis dengan statistik deskriptif, rata-rata (mean), persentase, dan uji-t. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan keterampilan sosial dan prestasi belajar siswa kelas  XII SMA N 1 Ujanmas dan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD secara efektif dapat meningkatkan perstasi belajar siswa dibandingkan dengan pembelajaran konvensional

Keywords

Model pembelajaran kooperatif tipe STAD , keterampilan sosial siswa prestasi belajar siswa

Article Details

How to Cite
Desi Anggraini. (2024). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD)UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL DAN PRESTASI BELAJAR. Diadik: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 14(2), 479–489. https://doi.org/10.33369/diadik.v14i2.38532

References

  1. Amir, Taufiq. 2013. Inovasi Pendidikan Melalui Problrm Based Learning. Jakarta: Kencana.
  2. Anderson, L.W dan Krathwohl, D.R. 2010. Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran dan Asesmen (Revisi Taksonomi Pendidikan Bloom). Yogyakarta: Pustaka Pelajar
  3. Arikunto, Suharsimi. 2007. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan praktik. Jakarta: Reineka Cipta
  4. Chaplin, James P. 2011. Kamus Psikologi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
  5. Djamarah, Syaiful Bahri. 2010. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional
  6. Nurdyansyah dan Eni Fariyarul Fahyuni (2016). Inovasi Model Pembelajaran. Sidoarjo: Nizamia Learning Center
  7. Rusman. 2012. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Bandung: PT RajaGrafindo Persada.
  8. Siswanto, Wahyudi dan Dewi Ariani. 2016. Model Pembelajaran Menulis Cerita Buku Panduan Untuk Guru Ketika Mengajar Menulis Cerita. Bandung: PT Refika Aditama.
  9. Slavin, Robert. 2008. Cooperatif Learning: Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media
  10. Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: CV. Alfabeta
  11. Sumantri, Mohamad Syarif. 2015. Strategi Pembelajaran: Teori dan Praktik di Tingkat Pendidikan Dasar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
  12. Suprijono, Agus. 2014. Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
  13. Syah, Muhibbin. 2012. Psikologi Belajar. Jakarta: Pt Raja Grafindo Persada.
  14. Thalib, Syamsul B. 2010. Psikologi Pendidikan Berbasis Analisis Empiris Aplikatif. Jakarta: Kencana.
  15. Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.
  16. UU No 20 Tahun 2003. https://pusdiklat.perpusnas.go.id. Diunduh tanggal 25 April 2022
  17. Widoyoko, Eko Putro. 2011. Evaluasi Program Pembelajaran Panduan Praktis bagi Pendidik dan Calon Pendidik. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.
  18. Wijaya, Chandra dan Syarum. 2013. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta:Cita Pustaka Media Perintis