Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan Untuk: mendeskripsikan penerapan model pembelajaran problem based learning  dalam meningkatkan tanggung jawab  siswa pada mata pelajaran Matematika kelas XI IPA di SMA Negeri 3 Lahat,  mendeskripsikan penerapan model pembelajaran problem based learning dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Matematika  kelas XI  IPA di SMA Negeri 3 Lahat, Mendeskripsikan efektifitas penerapan model pembelajaran problem based learning dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Matematika  kelas XI di SMA Negeri 3 Lahat. Penelitian dilasanakan dengan menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) dan kuasi eksperimen. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan lembaran observasi untuk mengukur proses pembelajaran dan tanggung jawab siswa dan untuk mengukur prestasi belajar siswa digunakan tes. Sedangkan analisis data digunakan analisis skor rata-rata dan uji-t test. Penelitian dilaksanakan dikelas XI IPA 1 sebagai kelas PTK. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan: Penerapan model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan tanggung jawab  siswa,  Penerapan model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan prestasi belajar siswa,  Penerapan model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada matapelajaran matematika.

Keywords

model pembelajaran model problem based learning tanggung jawab prestasi belajar

Article Details

How to Cite
Nurul Hayati. (2024). PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN TANGGUNG JAWAB DAN PRESTASI BELAJAR SISWA. Diadik: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 14(2), 490–495. https://doi.org/10.33369/diadik.v14i2.38533

References

  1. Amir, M. Taufik. 2009. Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning.Jakarta: Kencana
  2. Arends, Richard I. 2011. Learning To Teach. New York: McGraw Hill
  3. Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Edisi Revisi 2010. Jakarta: PT Rineka Cipta.
  4. Arikunto, Suharsimi., dkk. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara
  5. Djamarah, Syaiful Bahri. 2012. Psikologi Belajar. Jakarta : Rineka Cipta
  6. Joshon, E.B.2011. CTL Contextual Teaching & Learning. Bandung : Kaifa.
  7. Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung : Pustaka Setia.
  8. Kowiyah. 2012. Kemampuan Berpikir Kritis, dalam Jurnal Pendidikan Dasar Vol. 3, No.5-Desember 2012.
  9. Mu’in, Fatchul.2014. Pendidikan Karakter, Konstruksi Teoretik dan Praktik. Jogjakarta:Ar-Ruzz Media.
  10. Narwati, Sri. 2014. Pendidikan Karakter Pengintegrasian 18 Nilai Pembentuk Karakter dalam Mata Pelajaran, Yogyakarta: Familia
  11. Santoso, Singgih. 2005. Menggunakan SPSS untuk Statistik Multivariat. Pt Elex Media Komputindo: Jakarta
  12. Sukmadinata, N.S. 2008. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung, CV Alfabeta