Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode Drill and Practice melalui kegiatan menggambar untuk meningkatkan motorik halus dan kreativitas anak usia dini di Paud Pertiwi I Kota Bengkulu. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dan kuasi eksperimen. PTK yang dilaksanakan berupa siklus tindakan yang terdiri dari 3 skilus dimulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah anak kelompok B1 semester genap tahun pelajaran 2022/2023. Sampel kelompok eksperimen adalah kelompok B2 dan kelompok kontrol adalah kelas B3 Paud Pertiwi I Kota Bengkulu dengan menggunakan random sampling. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi. Data penelitian menggunakan statistik diskriptif, rata-rata (mean), persentase dan uji-t. Hasil penelitian menunujukkan adanya peningkatan motorik halus dan kreativitas secara signifikan pada setiap siklus sehingga menggunakan metode Drill and Praktice melalui kegiatan menggambar efektif digunakan pada anak usia dini. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata yang diperoleh pada siklus I hanya 2,33 kriteria MB, pada siklus II meningkat menjadi 2,71 kriteria BSH dan pada siklus III mencapai 3,28 dengan kriteria BSB.
Keywords
Article Details
References
- Abyani Tahmid. 2009. Pengertian dan Ragam Metode Pembelajaran. Jakarta: Gramedia
- Dini P. Daeng Sari. 1996. Metode Mengajar di Taman Kanak-kanak. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan
- Departemen Pendidikan Nasional. 2007. Pedoman Pembelajaran Bidang Pengembangan Fisik Motorik di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Dirjen Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah
- Delsa Joesafira. 2010. Metode Latihan (Drill). Diambil dari: http://delsajoesafira.blogspot.com/2010/05/metode-latihan-drill.html. Diakses tanggal 25 Maret 2013 Jam 14.35 WIB
- E. Muharam, dkk. 1992. Pendidikan Kesenian II Seni Rupa. Jakarta: Depdikbud
- Eileen, K.A. & Marotz, L.R. 2010. Profil Perkembangan Anak Prakelahiran Hingga Usia 12 Tahun. Penerjemah: Valentino. Jakarta: PT Indeks
- Hajar Pamadhi. 2008. Seni Keterampilan Anak. Jakarta: Universitas Terbuka
- Kusumawardani, R. 2014. Peningkatan kreativitas melalui pendekatan brain based learning. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 9(1), 143-162.
- doi: 10.21009/JPUD.091.09
- Martini Jamaris. 2006 . Perkembangan dan Pengembangan Anak Usia Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Grasindo
- Munandar,Utami. 2009. Pengembangan kreativitas anak berbakat.Jakarta:Rineka cipta
- Musfiroh, Tadkiroatun. 2008. Cerdas Melalui Bermain. Jakarta : Grasindo
- MS Sumantri. 2005. Pengembangan Keterampilan Motorik Anak Usia Dini.Jakarta: Dinas Pendidikan
- Nufus Istiqomah. 2012. upaya peningkatan kreativitas anak melalui finger painting pada anak kelompok B di Tk Mojodoyong 3 Kedawang Sragen tahun ajaran 2011/2012
- Permendikbud 137 tahun 2014 tentang Standar Nasional PAUD
- Rika Afriani, Ari Sofia, Baharuddin Risyak .2016 Pengaruh Bermain Finger Painting Terhadap Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun :Jurnal Pendidikan Anak Vol.2 No.1
- Roestiyah. 2001. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Bina Aksara
- Samsudin. 2008. Pembelajaran Motorik di Taman Kanak-kanak. Jakarta: Litera Prenada Media Group
- Shvoong. 2011. Pengertian dan Tujuan metode Drill. Diambil dari: http://id.shvoong.com/social-sciences/education/2244614-pengertian-dan-tujuanmetode-drill/. Diakses tanggal 25 Maret 2013 Jam 19.14 WIB
- Slamet Suyanto. 2005. Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta:Hikayat
- Sternberg, R.J. 2006. The nature of creativity. Creativity Research Journal, 18(1), 87-98. doi: 10.1207/s14326934crj1801_10
- Sujarwo. 2006. Perkembangan dan Belajar Gerak. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional
- Sujiono, Bambang 2008. Metode pengembangan fisik. Jakarta: Raja Grafindo
- Sumanto. 2005. Pengembangan Kreativitas Seni Rupa Anak TK. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional
- Suyanto, 2005. Konsep Dasar Anak Usia Dini. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional
- Harun R., Mansyur & Suratno. 2009. Asesmen Perkembangan Anak Usia Dini.Yogyakarta: Multi Pressindo.
- Syaiful Sagala. 2003. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alphabeta
- Tadkiroatun Musfiroh. 2008. Cerdas melalui Bermain. Jakarta: Grasindo.
- Wiriaatmadja. 20014. Metode Penelitian Tindakan Kelas ;Untuk Meningkatkan Kinerja Guru Dan Dosen. Bandung : Rosda Karya
- Sanjaya, Wina 2009. STRATEGI PEMBELAJARAN Berorientasi Stdandar Proses Pendidikan. Jakarta : Kencana
- Kemmis S dan Mc. Taggart. 1992. The Action Reaserch Planer Vivtoria : Deakrin University
References
Abyani Tahmid. 2009. Pengertian dan Ragam Metode Pembelajaran. Jakarta: Gramedia
Dini P. Daeng Sari. 1996. Metode Mengajar di Taman Kanak-kanak. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan
Departemen Pendidikan Nasional. 2007. Pedoman Pembelajaran Bidang Pengembangan Fisik Motorik di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Dirjen Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah
Delsa Joesafira. 2010. Metode Latihan (Drill). Diambil dari: http://delsajoesafira.blogspot.com/2010/05/metode-latihan-drill.html. Diakses tanggal 25 Maret 2013 Jam 14.35 WIB
E. Muharam, dkk. 1992. Pendidikan Kesenian II Seni Rupa. Jakarta: Depdikbud
Eileen, K.A. & Marotz, L.R. 2010. Profil Perkembangan Anak Prakelahiran Hingga Usia 12 Tahun. Penerjemah: Valentino. Jakarta: PT Indeks
Hajar Pamadhi. 2008. Seni Keterampilan Anak. Jakarta: Universitas Terbuka
Kusumawardani, R. 2014. Peningkatan kreativitas melalui pendekatan brain based learning. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 9(1), 143-162.
doi: 10.21009/JPUD.091.09
Martini Jamaris. 2006 . Perkembangan dan Pengembangan Anak Usia Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Grasindo
Munandar,Utami. 2009. Pengembangan kreativitas anak berbakat.Jakarta:Rineka cipta
Musfiroh, Tadkiroatun. 2008. Cerdas Melalui Bermain. Jakarta : Grasindo
MS Sumantri. 2005. Pengembangan Keterampilan Motorik Anak Usia Dini.Jakarta: Dinas Pendidikan
Nufus Istiqomah. 2012. upaya peningkatan kreativitas anak melalui finger painting pada anak kelompok B di Tk Mojodoyong 3 Kedawang Sragen tahun ajaran 2011/2012
Permendikbud 137 tahun 2014 tentang Standar Nasional PAUD
Rika Afriani, Ari Sofia, Baharuddin Risyak .2016 Pengaruh Bermain Finger Painting Terhadap Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun :Jurnal Pendidikan Anak Vol.2 No.1
Roestiyah. 2001. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Bina Aksara
Samsudin. 2008. Pembelajaran Motorik di Taman Kanak-kanak. Jakarta: Litera Prenada Media Group
Shvoong. 2011. Pengertian dan Tujuan metode Drill. Diambil dari: http://id.shvoong.com/social-sciences/education/2244614-pengertian-dan-tujuanmetode-drill/. Diakses tanggal 25 Maret 2013 Jam 19.14 WIB
Slamet Suyanto. 2005. Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta:Hikayat
Sternberg, R.J. 2006. The nature of creativity. Creativity Research Journal, 18(1), 87-98. doi: 10.1207/s14326934crj1801_10
Sujarwo. 2006. Perkembangan dan Belajar Gerak. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional
Sujiono, Bambang 2008. Metode pengembangan fisik. Jakarta: Raja Grafindo
Sumanto. 2005. Pengembangan Kreativitas Seni Rupa Anak TK. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional
Suyanto, 2005. Konsep Dasar Anak Usia Dini. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional
Harun R., Mansyur & Suratno. 2009. Asesmen Perkembangan Anak Usia Dini.Yogyakarta: Multi Pressindo.
Syaiful Sagala. 2003. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alphabeta
Tadkiroatun Musfiroh. 2008. Cerdas melalui Bermain. Jakarta: Grasindo.
Wiriaatmadja. 20014. Metode Penelitian Tindakan Kelas ;Untuk Meningkatkan Kinerja Guru Dan Dosen. Bandung : Rosda Karya
Sanjaya, Wina 2009. STRATEGI PEMBELAJARAN Berorientasi Stdandar Proses Pendidikan. Jakarta : Kencana
Kemmis S dan Mc. Taggart. 1992. The Action Reaserch Planer Vivtoria : Deakrin University