Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode Drill and Practice melalui kegiatan menggambar untuk meningkatkan motorik halus dan kreativitas anak usia dini di Paud Pertiwi I Kota Bengkulu. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dan kuasi eksperimen. PTK yang dilaksanakan berupa siklus tindakan yang terdiri dari 3 skilus dimulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah anak kelompok B1 semester genap tahun pelajaran 2022/2023. Sampel kelompok eksperimen adalah kelompok B2 dan kelompok kontrol adalah kelas B3 Paud Pertiwi I Kota Bengkulu dengan menggunakan random sampling. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi. Data penelitian menggunakan statistik diskriptif, rata-rata (mean), persentase dan uji-t. Hasil penelitian menunujukkan adanya peningkatan motorik halus dan kreativitas secara signifikan pada setiap siklus sehingga menggunakan metode Drill and Praktice melalui kegiatan menggambar efektif digunakan pada anak usia dini. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata yang diperoleh pada siklus I hanya 2,33 kriteria MB, pada siklus II meningkat menjadi 2,71 kriteria BSH dan pada siklus III mencapai 3,28 dengan kriteria BSB.

Keywords

Metode Drill And Practice menggambar motorik halus kreativitas

Article Details

How to Cite
Henni mayasari. (2024). PENERAPAN METODE DRILL AND PRACTICE MELALUI KEGIATAN MENGGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN MOTORIK HALUS DAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI DI PAUD PERTIWI I KOTA BENGKULU. Diadik: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 14(2), 508–521. https://doi.org/10.33369/diadik.v14i2.38535

References

  1. Abyani Tahmid. 2009. Pengertian dan Ragam Metode Pembelajaran. Jakarta: Gramedia
  2. Dini P. Daeng Sari. 1996. Metode Mengajar di Taman Kanak-kanak. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan
  3. Departemen Pendidikan Nasional. 2007. Pedoman Pembelajaran Bidang Pengembangan Fisik Motorik di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Dirjen Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah
  4. Delsa Joesafira. 2010. Metode Latihan (Drill). Diambil dari: http://delsajoesafira.blogspot.com/2010/05/metode-latihan-drill.html. Diakses tanggal 25 Maret 2013 Jam 14.35 WIB
  5. E. Muharam, dkk. 1992. Pendidikan Kesenian II Seni Rupa. Jakarta: Depdikbud
  6. Eileen, K.A. & Marotz, L.R. 2010. Profil Perkembangan Anak Prakelahiran Hingga Usia 12 Tahun. Penerjemah: Valentino. Jakarta: PT Indeks
  7. Hajar Pamadhi. 2008. Seni Keterampilan Anak. Jakarta: Universitas Terbuka
  8. Kusumawardani, R. 2014. Peningkatan kreativitas melalui pendekatan brain based learning. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 9(1), 143-162.
  9. doi: 10.21009/JPUD.091.09
  10. Martini Jamaris. 2006 . Perkembangan dan Pengembangan Anak Usia Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Grasindo
  11. Munandar,Utami. 2009. Pengembangan kreativitas anak berbakat.Jakarta:Rineka cipta
  12. Musfiroh, Tadkiroatun. 2008. Cerdas Melalui Bermain. Jakarta : Grasindo
  13. MS Sumantri. 2005. Pengembangan Keterampilan Motorik Anak Usia Dini.Jakarta: Dinas Pendidikan
  14. Nufus Istiqomah. 2012. upaya peningkatan kreativitas anak melalui finger painting pada anak kelompok B di Tk Mojodoyong 3 Kedawang Sragen tahun ajaran 2011/2012
  15. Permendikbud 137 tahun 2014 tentang Standar Nasional PAUD
  16. Rika Afriani, Ari Sofia, Baharuddin Risyak .2016 Pengaruh Bermain Finger Painting Terhadap Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun :Jurnal Pendidikan Anak Vol.2 No.1
  17. Roestiyah. 2001. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Bina Aksara
  18. Samsudin. 2008. Pembelajaran Motorik di Taman Kanak-kanak. Jakarta: Litera Prenada Media Group
  19. Shvoong. 2011. Pengertian dan Tujuan metode Drill. Diambil dari: http://id.shvoong.com/social-sciences/education/2244614-pengertian-dan-tujuanmetode-drill/. Diakses tanggal 25 Maret 2013 Jam 19.14 WIB
  20. Slamet Suyanto. 2005. Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta:Hikayat
  21. Sternberg, R.J. 2006. The nature of creativity. Creativity Research Journal, 18(1), 87-98. doi: 10.1207/s14326934crj1801_10
  22. Sujarwo. 2006. Perkembangan dan Belajar Gerak. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional
  23. Sujiono, Bambang 2008. Metode pengembangan fisik. Jakarta: Raja Grafindo
  24. Sumanto. 2005. Pengembangan Kreativitas Seni Rupa Anak TK. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional
  25. Suyanto, 2005. Konsep Dasar Anak Usia Dini. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional
  26. Harun R., Mansyur & Suratno. 2009. Asesmen Perkembangan Anak Usia Dini.Yogyakarta: Multi Pressindo.
  27. Syaiful Sagala. 2003. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alphabeta
  28. Tadkiroatun Musfiroh. 2008. Cerdas melalui Bermain. Jakarta: Grasindo.
  29. Wiriaatmadja. 20014. Metode Penelitian Tindakan Kelas ;Untuk Meningkatkan Kinerja Guru Dan Dosen. Bandung : Rosda Karya
  30. Sanjaya, Wina 2009. STRATEGI PEMBELAJARAN Berorientasi Stdandar Proses Pendidikan. Jakarta : Kencana
  31. Kemmis S dan Mc. Taggart. 1992. The Action Reaserch Planer Vivtoria : Deakrin University