Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1)Mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Inkuiri dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 merapi Selatan. (2)Mendeskripsikan model pembelajaran Inkuiri dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Merapi Selatan.(3) Mendeskripsikan efektivitas penerapan model pembelajaran inkuiri dalam meningkatkan kepercayaan diri dan prestasi belajar siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Merapi selatan.Penelitian dilaksanakan dengan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas(PTK) dan kuasi eksperimen. Metode pengumpulan data pada penelitian menggunakan lembaran observasi untuk mengukur proses pembelajaran dan kepercayaan diri siswa dan untuk mengukur prestasi belajar digunakan tes, sedangkan untuk analisa data digunakan analisis skor rata-rata dan uji-t test. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan : (1) Penerapan model pembelajaran Inkuiri  dapat meningkatkan kepercayaan diri, dan prestasi belajar peserta didik pada pembelajaran Kimia kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Merapi Selatan(2) Penerapan model pembelajaran Inkuiri dalam pembelajaran Kimia dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 merapi Selatan.(3) Penerapan model pembelajaran Inkuiri efektif meningkatkan kepercayaan diri dan prestasi belajar siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Merapi Selatan

Article Details

How to Cite
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI DAN PRESTASI BELAJAR. (2025). Diadik: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 15(1), 1–7. https://doi.org/10.33369/diadik.v15i1.41491

References

    Al-Tabany, Trianto Ibnu Badar. 2014. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual. Jakarta: Prenadamedia Group
    Arikunto, Suharsimi. 2009. Manajemen Penelitian. Jakarta : Penerbit Rineka Cipta
    Gulo, W. 2008. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Grasindo
    Lauster, P. (2001). Tes Kepribadian. Jakarta: PT Bumi Aksara
    Nurasma. 2006. Model Pembelajaran Kooperatif. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional
    Saptono S. 2003. Strategi Belajar Mengajar Biologi. Semarang:UNNES