Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbet Head Tugether untuk meningkatkan Percaya percaya diri dan prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Matematika kelas X SMA Negeri 1 Merapi Timur Kabupaten Lahat. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas X IPA semester kedua tahun pelajaran 2022/2023 SMA Negeri 1 Merapi Timur. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian  tindakan kelas dan kuasi eksperimen.Instrumen yang digunakan berupa instrumen tes dalam bentuk soal objektif yang diberikan kepada peserta didik setiap siklus.Instrumen non tes yang digunakan berupa lembar observasi kegiatan guru dan lembar observasi kemandirian peserta didik.Data hasil tes dianalisis dengan cara statistik deskrptif dan data hasil non tes dianalisis dengan deskriptif kuantitatif. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Number head tugether (NHT) dapat meningkatkan Percaya diri dan prestasi belajar peserta didik kelas  X IPA SMA Negeri 1 Merapi Timur Kabupaten Lahat

Keywords

Model NHT Percaya Diri Prestasi Belajar

Article Details

How to Cite
Ashari, & Bambang Sahono. (2025). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN PERCAYA DIRI DAN PRESTASI BELAJAR. Diadik: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 15(1), 8–15. https://doi.org/10.33369/diadik.v15i1.41493

References

  1. Djamarah Syaiful Bahri. 2012. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya : Usaha Nasional
  2. Hakim, Thursan. 2004. Mengatasi Rasa Tidak Percaya Diri. Jakarta : Purpa Swara.
  3. Huda, Miftahul. 2011. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
  4. Isjoni. 2012. Coorative Learning Efektifitas Pembelaran Kelompok. Bandung : Alfabeta.
  5. Maryam, Amu, 2013. Meningkatkan Kemampuan Menyelesaikan Operasi Hitung Campuran Bilangan Dua Angka Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together
  6. NHT Pada Siswa Kelas II SDN 5 Pulubala Kecamatan Pulubala Kabupaten Gorontalo.
  7. Saptono S. 2003. Strategi Belajar Mengajar Biologi. Semarang:UNNES
  8. Sudjana, Nana. 2005. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung : Sinar Baru Algensindo