Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbet Head Tugether untuk meningkatkan Percaya percaya diri dan prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Matematika kelas X SMA Negeri 1 Merapi Timur Kabupaten Lahat. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas X IPA semester kedua tahun pelajaran 2022/2023 SMA Negeri 1 Merapi Timur. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dan kuasi eksperimen.Instrumen yang digunakan berupa instrumen tes dalam bentuk soal objektif yang diberikan kepada peserta didik setiap siklus.Instrumen non tes yang digunakan berupa lembar observasi kegiatan guru dan lembar observasi kemandirian peserta didik.Data hasil tes dianalisis dengan cara statistik deskrptif dan data hasil non tes dianalisis dengan deskriptif kuantitatif. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Number head tugether (NHT) dapat meningkatkan Percaya diri dan prestasi belajar peserta didik kelas X IPA SMA Negeri 1 Merapi Timur Kabupaten Lahat
Keywords
Article Details
References
- Djamarah Syaiful Bahri. 2012. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya : Usaha Nasional
- Hakim, Thursan. 2004. Mengatasi Rasa Tidak Percaya Diri. Jakarta : Purpa Swara.
- Huda, Miftahul. 2011. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
- Isjoni. 2012. Coorative Learning Efektifitas Pembelaran Kelompok. Bandung : Alfabeta.
- Maryam, Amu, 2013. Meningkatkan Kemampuan Menyelesaikan Operasi Hitung Campuran Bilangan Dua Angka Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together
- NHT Pada Siswa Kelas II SDN 5 Pulubala Kecamatan Pulubala Kabupaten Gorontalo.
- Saptono S. 2003. Strategi Belajar Mengajar Biologi. Semarang:UNNES
- Sudjana, Nana. 2005. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung : Sinar Baru Algensindo
References
Djamarah Syaiful Bahri. 2012. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya : Usaha Nasional
Hakim, Thursan. 2004. Mengatasi Rasa Tidak Percaya Diri. Jakarta : Purpa Swara.
Huda, Miftahul. 2011. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Isjoni. 2012. Coorative Learning Efektifitas Pembelaran Kelompok. Bandung : Alfabeta.
Maryam, Amu, 2013. Meningkatkan Kemampuan Menyelesaikan Operasi Hitung Campuran Bilangan Dua Angka Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together
NHT Pada Siswa Kelas II SDN 5 Pulubala Kecamatan Pulubala Kabupaten Gorontalo.
Saptono S. 2003. Strategi Belajar Mengajar Biologi. Semarang:UNNES
Sudjana, Nana. 2005. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung : Sinar Baru Algensindo