Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan bahan ajar tematik berbasis lingkungan untuk meningkatkan kemampuan membaca anak usia dini pada kelompok B PAUD di Kabupaten Bengkulu Tengah. Dalam penelitian ini digunakan pengembangan (Research and Development). Metode yang digunakan adalah rancangan Barg and Gall menggunakan 10 langkah penelitian. Subjek penelitian dengan jumlah 60 anak. Uji skala kecil berjumlah 20 anak sedangkan uji skala besar berjulmlah 40 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah wawancara guru, angket validasi ahli dan lembar observasi untuk kemampuan membaca anak. Analisis data validasi ahli menggunakan skala likert dan hasil observasi penilaian anak menggunakan uji-t paired samples test. Simpulan dari penelitian ini adalah bahan ajar tematik berbasis lingkungan yang dikembangkan layak untuk digunakan dan efektif untuk meningkatkan kemampuan membaca anak usia dini. Dan pengembangan bahan ajar tematik berbasis lingkungan yang dibuat dapat meningkatkan kemampuan membaca anak usia dini pada kelompok B PAUD di Kabupaten Bengkulu Tengah pada tema Air, Udara dan Api
Keywords
Article Details
References
- Abdulhak, dkk. 2012. Penelitian Tindakan Kelas dalam Pendidikan Non Formal. Jakarta: Rajawali Pers.
- Ahmad Syarifin, Percepatan Perkembangan Kognitif Anak: Analisis Terhadap Kemungkinan dan Jurnal al-Bahtsu Vol. 2, No.1, Juni 2017.
- Azizah, Fauzia Amir. 2020. Pengembangan Bahan Ajar Panca Indera Berbasis Multiple Intelligences Pada Siswa Kelas I Sekolah Dasar. Palopo.
- Dhinie, Nurbiana,dkk. 2013. Metode Pengembangan Bahasa. Banten: Universitas Terbuka.
- Iriani, dkk. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Berbasis Lingkungan Hidup di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar
- Kemendikbud. (2013). Implementasi Kurikulum. Jakarta: kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
- Kurniyah. 2020. Pembelajaran Berbasis lingkungan sebagai sumber Belajar Pada anak Usia Dini Di Paud Cerdas Sukorejo-kedal. Semarang : UNNES
- Snowling & Hulme. (2019). The science of reading: A handbook. Wiley-Blackwell.
- Suhartono. 2005. Pengembangan Keterampilan Bicara Anak Usia Dini. Jakarta. Depdiknas.
- Suharsimi. (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.
- Sugiyono. 2015. Metode Penelitian dan Pengembangan research dan Development. Bandung: Cv Alfabeta.
- Suyadi. (2013). Strategi Pembelajaran. Bandung: PT. Refika Aditama
- Suyadi. (2010). Pembelajaran Sains Terpadu. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
- Wilis, R. (2011). Teori-teori belajar dan pembelajaran. Bandung: Erlangga.
- Wasidi. (2015). Pengembangan Instrumen Bakat Keguruan. Masters thesis, Universitas Gadjah Mada.
- Wibowo, H. (2020). Pengantar Teori-Teori Belajar dan Model-Model Pembelajaran. Puri Cipta Media.
- Wiyani, N., & Barnawi, A. F. (2012). Peningkatan Hasil Belajar Biologi Melalui Strategi Pembelajaran Kooperatif Model Group Investigation (GI) pada Siswa SMA Kelas X. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa
- Yusuf, M. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Berbasis Lingkungan untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa
References
Abdulhak, dkk. 2012. Penelitian Tindakan Kelas dalam Pendidikan Non Formal. Jakarta: Rajawali Pers.
Ahmad Syarifin, Percepatan Perkembangan Kognitif Anak: Analisis Terhadap Kemungkinan dan Jurnal al-Bahtsu Vol. 2, No.1, Juni 2017.
Azizah, Fauzia Amir. 2020. Pengembangan Bahan Ajar Panca Indera Berbasis Multiple Intelligences Pada Siswa Kelas I Sekolah Dasar. Palopo.
Dhinie, Nurbiana,dkk. 2013. Metode Pengembangan Bahasa. Banten: Universitas Terbuka.
Iriani, dkk. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Berbasis Lingkungan Hidup di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar
Kemendikbud. (2013). Implementasi Kurikulum. Jakarta: kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kurniyah. 2020. Pembelajaran Berbasis lingkungan sebagai sumber Belajar Pada anak Usia Dini Di Paud Cerdas Sukorejo-kedal. Semarang : UNNES
Snowling & Hulme. (2019). The science of reading: A handbook. Wiley-Blackwell.
Suhartono. 2005. Pengembangan Keterampilan Bicara Anak Usia Dini. Jakarta. Depdiknas.
Suharsimi. (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian dan Pengembangan research dan Development. Bandung: Cv Alfabeta.
Suyadi. (2013). Strategi Pembelajaran. Bandung: PT. Refika Aditama
Suyadi. (2010). Pembelajaran Sains Terpadu. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Wilis, R. (2011). Teori-teori belajar dan pembelajaran. Bandung: Erlangga.
Wasidi. (2015). Pengembangan Instrumen Bakat Keguruan. Masters thesis, Universitas Gadjah Mada.
Wibowo, H. (2020). Pengantar Teori-Teori Belajar dan Model-Model Pembelajaran. Puri Cipta Media.
Wiyani, N., & Barnawi, A. F. (2012). Peningkatan Hasil Belajar Biologi Melalui Strategi Pembelajaran Kooperatif Model Group Investigation (GI) pada Siswa SMA Kelas X. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa
Yusuf, M. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Berbasis Lingkungan untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa