Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengembangan modul Sosiologi berbasis kearifan lokal yang dapat meningkatkan prestasi belajar, mendeskripsikan pengembangan modul Sosiologi berbasis kearifan lokal yang layak untuk meningkatkan prestasi belajar, dan efektivitas modul Sosiologi berbasis kearifan lokal yang dikembangkan dapat meningkatkan prestasi belajar. Penelitian ini termasuk dalam penelitian dan pengembangan (Research and Development). Subjek penelitian ialah warga belajar kelas XII Paket C di Satuan Pendidikan Nonformal Kabupaten Bengkulu Tengah (SPNF-SKB Bengkulu Tengah dan PKBM Al-Faruq). Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, lembar penilaian dan tes prestasi belajar. Analisis data yang digunakan nilai rata-rata dan uji t menggunakan SPSS versi 26. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) Modul sosiologi berbasis kearifan lokal yang dikembangkan dapat meningkatkan prestasi belajar, (2) Modul sosiologi berbasis kearifan lokal yang dikembangkan layak untuk meningkatkan prestasi belajar, dan (3) Modul sosiologi berbasis kearifan lokal yang dikembangkan efektif untuk meningkatkan prestasi belajar berdasarkan hasil uji coba lapangan skala kecil dan skala luas warga belajar kelas XII Paket C di Satuan Pendidikan Nonformal Kabupaten Bengkulu Tengah.

Article Details

How to Cite
PENGEMBANGAN MODUL SOSIOLOGI BERBASIS KEARIFAN LOKAL UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR. (2025). Diadik: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 15(1), 26–26. https://doi.org/10.33369/diadik.v15i1.41495

References

    Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
    Arsyad, Azhar. 2004. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
    Emzir. 2015. Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta: Rajawali Pers.
    Gunawan, Ary. 2000. Sosiologi Pendidikan. Jakarta : PT. Rineka Cipta.
    Istiqomah, Nurul dkk. 2017. Evaluasi Mutu Layanan Pendidikan Kesetaraan pada PKBM Citra Ilmu di Semarang. Journal of Non Formal Education. 3. (2): 149-157.
    Lasmiyati, Idris Harta. 2014. Pengembangan Modul Pembelajaran untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Minat SMP. Jurnal Pendidikan Matematika, Volume 9 – Nomor 2, (161-174).
    Mulyatiningsih, Endang, 2011. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan.Bandung: Alfabeta.
    . 2019, Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan, Bandung: Penerbit Alfabeta.
    Prastowo, Andi. 2012. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.
    Purwanto, Ngalim. 2007. Psikologi Pendidikan Remaja. Bandung: Rosdakarya.
    Rosdiana. 2017. Pengembangan Modul Akuntansi untuk Meningkatkan Kemandirian dan Prestasi Belajar (Studi pada Siswa Kelas XII SMAN di Kota Bengkulu). (Tesis, Universitas Bengkulu, 2017).
    Santoso, Fardiaz dan Hasibuan. 2009. Implementasi Fitur Perekomendasian Bahan Ajar Berdasarkan Prior Knowledge pada Student Centered E-learning Environment. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi, A22-A28)
    Sudjana, Djudju. 2001. Pendidikan Non Formal: Wawasan, Sejarah Perkembangan, Falsafah, & Teori Pendukung, serta Asas. Bandung: Falah Production.
    Tegeh, Made, Jampel. Nyoman., Pudjawan. Ketut. 2014. Model Penelitian Pengembangan. Yogyakarta: Graha Ilmu.
    Tjiptiany, Endang Novita, Abdue Rahman As’ari, Makbul Muksar. 2016. Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Inkuiri untuk Membantu Siswa SMA Kelas X dalam Memahami Materi Peluang. [Versi Elektronik]. Jurnal Pendidikan, Volume 1, Nomor 10, 2.
    Yuniarti, Intan, I Nyoman Karma , Siti Istiningsih. 2021. Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Tema Cita-Citaku Subtema Aku Dan Cita-Citaku Kelas IV. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6 (4), 696