Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw untuk dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar dalam pembelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Merapi Timur. Penelitian dilaksanakan dengan menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam tiga siklus kemudian dilanjutkan dengan kuasi eksperimen. Subjek penelitian ini melibatkan 28 orang siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 Merapi Timur Tahun Pelajaran 2022/2023. Hipotesis penelitian ini adalah Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa. Peneliti menggunakan lembar observasi untuk mengukur motivasi siswa dan tes untuk mengukur prestasi siswa. Terjadi peningkatan motivasi belajar siswa pada setiap siklus, skor rata-rata observasi siklus 1 (2,50), siklus 2 (3,11), dan siklus 3 (3,32). Statistik yang digunakan untuk menganalisis data prestasi siswa dalam penelitian hipotesis ini adalah uji-t dengan taraf signifikansi (α = 0,05). Berdasarkan Analisa yang telah dilakukan maka didapat Siklus 1 (thitung = 10,785), siklus 2 (thitung =12,735), dan siklus 3 (thitung =15,325) dengan ttabel = 2,052). Dengan demikian hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini dapat dibuktikan kebenarannya, bahwa ada pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terhadap penerapan model pembelajaran tipe Jigsaw dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa serta efektif meningkatkan prestasi belajar siswa kelas XI IPA 2 di SMA Negeri 1 Merapi Timur Lahat
Keywords
Article Details
References
- Akhmad, Sudrajad. 2010. Konsep Pengambilan Keputusan dalam Manajemen Pendidikan. Http://Akhmadsudrajad. Wordpress. Diakes. Tanggal 4 November 2015.
- A.M, Sardiman. 2018. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Depok: Rajawali Pers.
- Aqib, Zainal, 2013. Model-model dan strategi pembelajaran kontekstual (inovatif). Bandung. Yrama Widya
- Arikunto, Suharsimi.2008. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Jaya.
- Arikunto, Suharsimi. 2009. Dasar-dasar Evaluasi pendidikan. Jakarta. Bumi Askara.
- Arikunto, Suharsimi. 2017. Pengembangan Instrumen Penelitian dan Penilaian Program. Yogyakata: Pustaka
- Djamara, Syaiful Bahri. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
- Djamarah, Syaiful Bahri dan Azwan Zain. (2013). Strategi Belajar Mengajar.Jakarta: PT Rineka Cipta.
- Hamdani, 2011. Strategi Belajar Megajar. Bandung. Pustaka Setia.
- Iriawan, N. dan S.P. Astuti.2006. Mengolah Data Statistik dengan Metode Meggunakan Minitab 14. Yogyakarta. Penerbit Andi.
- Iskandar, Dadang dan Narsim. 2015. Penelitian Tindakan Kelas dan Publikasinya Untuk Kenaikan Pangkat dan Golongan Guru & Pedoman Penulisan PTK bagi Mahasiswa. Cilacap: Ihya Media.
- Riyanto, Yatim. 1996. Metodologi Penelitian Suatu Tindakan Dasar. Surabaya: Sie
- Santosa, Slamet. 2004. Mengatasi Berbagai Masalah Statistik Multivariat, Jakarta. Elex Media Kompetindo
- Santosa, Slamet. 2004. Dinamika Kelompok. Jakarta: Bumi Aksara
- Slavin, Robert E..2008. Cooperative Learning (terjemahan Ibnu Setiawan). Bandun: Nusa Media
- Slavin, Robert E. 2009. Cooperatif Learning. Bandung: Nusa Media.
- Learning Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.
- Sugiyono, 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.CV
- Sugiyanto. 2005. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Surakarta: Panitia Sertifikasi Guru (PSG) Rayon 13
References
Akhmad, Sudrajad. 2010. Konsep Pengambilan Keputusan dalam Manajemen Pendidikan. Http://Akhmadsudrajad. Wordpress. Diakes. Tanggal 4 November 2015.
A.M, Sardiman. 2018. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Depok: Rajawali Pers.
Aqib, Zainal, 2013. Model-model dan strategi pembelajaran kontekstual (inovatif). Bandung. Yrama Widya
Arikunto, Suharsimi.2008. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Jaya.
Arikunto, Suharsimi. 2009. Dasar-dasar Evaluasi pendidikan. Jakarta. Bumi Askara.
Arikunto, Suharsimi. 2017. Pengembangan Instrumen Penelitian dan Penilaian Program. Yogyakata: Pustaka
Djamara, Syaiful Bahri. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Djamarah, Syaiful Bahri dan Azwan Zain. (2013). Strategi Belajar Mengajar.Jakarta: PT Rineka Cipta.
Hamdani, 2011. Strategi Belajar Megajar. Bandung. Pustaka Setia.
Iriawan, N. dan S.P. Astuti.2006. Mengolah Data Statistik dengan Metode Meggunakan Minitab 14. Yogyakarta. Penerbit Andi.
Iskandar, Dadang dan Narsim. 2015. Penelitian Tindakan Kelas dan Publikasinya Untuk Kenaikan Pangkat dan Golongan Guru & Pedoman Penulisan PTK bagi Mahasiswa. Cilacap: Ihya Media.
Riyanto, Yatim. 1996. Metodologi Penelitian Suatu Tindakan Dasar. Surabaya: Sie
Santosa, Slamet. 2004. Mengatasi Berbagai Masalah Statistik Multivariat, Jakarta. Elex Media Kompetindo
Santosa, Slamet. 2004. Dinamika Kelompok. Jakarta: Bumi Aksara
Slavin, Robert E..2008. Cooperative Learning (terjemahan Ibnu Setiawan). Bandun: Nusa Media
Slavin, Robert E. 2009. Cooperatif Learning. Bandung: Nusa Media.
Learning Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.
Sugiyono, 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.CV
Sugiyanto. 2005. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Surakarta: Panitia Sertifikasi Guru (PSG) Rayon 13