Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw untuk dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar dalam pembelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Merapi Timur. Penelitian dilaksanakan dengan menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam tiga siklus kemudian dilanjutkan dengan kuasi eksperimen. Subjek penelitian ini melibatkan 28 orang siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 Merapi Timur Tahun Pelajaran 2022/2023. Hipotesis penelitian ini adalah Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa. Peneliti menggunakan lembar observasi untuk mengukur motivasi siswa dan tes untuk mengukur prestasi siswa.  Terjadi peningkatan motivasi belajar siswa pada setiap siklus, skor rata-rata observasi siklus 1 (2,50), siklus 2 (3,11), dan siklus 3 (3,32). Statistik yang digunakan untuk menganalisis data prestasi siswa dalam penelitian hipotesis ini adalah uji-t dengan taraf signifikansi (α = 0,05). Berdasarkan Analisa yang telah dilakukan maka didapat Siklus 1 (thitung = 10,785), siklus 2 (thitung =12,735), dan siklus 3 (thitung =15,325) dengan ttabel = 2,052). Dengan demikian hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini dapat dibuktikan kebenarannya, bahwa ada pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terhadap penerapan model pembelajaran tipe Jigsaw dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa serta efektif meningkatkan prestasi belajar siswa kelas XI IPA 2 di SMA Negeri 1 Merapi Timur Lahat

Keywords

Model koperatif tipe jigsaw motivasi prestasi belajar

Article Details

How to Cite
Eka Yana Aprianti. (2025). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA. Diadik: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 15(1), 37–45. https://doi.org/10.33369/diadik.v15i1.41496

References

  1. Akhmad, Sudrajad. 2010. Konsep Pengambilan Keputusan dalam Manajemen Pendidikan. Http://Akhmadsudrajad. Wordpress. Diakes. Tanggal 4 November 2015.
  2. A.M, Sardiman. 2018. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Depok: Rajawali Pers.
  3. Aqib, Zainal, 2013. Model-model dan strategi pembelajaran kontekstual (inovatif). Bandung. Yrama Widya
  4. Arikunto, Suharsimi.2008. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Jaya.
  5. Arikunto, Suharsimi. 2009. Dasar-dasar Evaluasi pendidikan. Jakarta. Bumi Askara.
  6. Arikunto, Suharsimi. 2017. Pengembangan Instrumen Penelitian dan Penilaian Program. Yogyakata: Pustaka
  7. Djamara, Syaiful Bahri. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
  8. Djamarah, Syaiful Bahri dan Azwan Zain. (2013). Strategi Belajar Mengajar.Jakarta: PT Rineka Cipta.
  9. Hamdani, 2011. Strategi Belajar Megajar. Bandung. Pustaka Setia.
  10. Iriawan, N. dan S.P. Astuti.2006. Mengolah Data Statistik dengan Metode Meggunakan Minitab 14. Yogyakarta. Penerbit Andi.
  11. Iskandar, Dadang dan Narsim. 2015. Penelitian Tindakan Kelas dan Publikasinya Untuk Kenaikan Pangkat dan Golongan Guru & Pedoman Penulisan PTK bagi Mahasiswa. Cilacap: Ihya Media.
  12. Riyanto, Yatim. 1996. Metodologi Penelitian Suatu Tindakan Dasar. Surabaya: Sie
  13. Santosa, Slamet. 2004. Mengatasi Berbagai Masalah Statistik Multivariat, Jakarta. Elex Media Kompetindo
  14. Santosa, Slamet. 2004. Dinamika Kelompok. Jakarta: Bumi Aksara
  15. Slavin, Robert E..2008. Cooperative Learning (terjemahan Ibnu Setiawan). Bandun: Nusa Media
  16. Slavin, Robert E. 2009. Cooperatif Learning. Bandung: Nusa Media.
  17. Learning Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.
  18. Sugiyono, 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.CV
  19. Sugiyanto. 2005. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Surakarta: Panitia Sertifikasi Guru (PSG) Rayon 13