Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode pembelajaran SQ3R untuk meningkatkan kemampuan membaca dan menulis siswa dalam pelajaran Bahasa Inggris siswa Kelas XI MIPA SMAN 3 Bengkulu Tengah dan penerapan metode pembelajaran SQ3R efektif dalam meningkatkan kemampuan menulis siswa kelas XI MIPA SMAN 3 Bengkulu Tengah. Penelitian ini termasuk dalam penelitian tindakan kelas (PTK) dan eksperimen. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 3 Bengkulu Tengah tahun pelajaran 2022/2023. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi aktivitas guru dan siswa, tes tertulis kemampuan kemampuan membaca dan tes menulis. Analisis data yang digunakan menggunakan analisis skor rata-rata dan uji tes yang terdiri dari uji beda antar siklus (uji paired t test) dan uji beda dua sampel (uji independent t test). Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa metode SQ3R dapat meningkatkan kemampuan membaca dan menulis siswa pada mata pelajaran Bahasa Inggris kelas XI MIPA SMA Negeri 3 Bengkulu Tengah.

Keywords

Metode SQ3R menulis membaca Bahasa Inggris

Article Details

How to Cite
Enton Apiri. (2025). PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN SQ3R (SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, REVIEW) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA DAN MENULIS. Diadik: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 15(1), 46–56. https://doi.org/10.33369/diadik.v15i1.41497

References

  1. Arikunto, Suharsimi; Suhardjono; Supardi. 2007. PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Jakarta : PT Bumi Aksara
  2. Chrisnawati, 2022, “Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Bahasa Inggris Melalui Teknik EGRU pada Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Dompu”, Jurnal Inovasi, Evaluasi dan Pengembangan Pembelajaran, 2 (1), 9 – 14
  3. Kurniawati, S.W., 2019, “Pembelajaran Menulis Teks Ulasan dengan SQ3R”, Jurnal Dinamika, 2(1), 10 – 18
  4. Luginawati, R., 2019, Pengembangan Pembelajaran IPA dengan Metode SQ3R, Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran, 6 (2), 144 – 155
  5. Nofitri, Z., & Noveria, E., 2020, “Hubungan Kemampuan Membaca Pemahaman dengan Kemampuan Menulis”, Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah, 9 (2), 80 – 86
  6. Soedarso, 2002, Speed Reading Sistem Membaca Cepat dan Efektif, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
  7. Somadayo, S., 2011, Strategi dan Teknik Pembelajaran Membaca. Yogyakarta: Graha Ilmu
  8. Susini, M., & Ndruru, E., 2021, “Strategi Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Inggris”, Lingusitic Community Service Journal, 1 (2), 37 – 48
  9. Syaikhun, S., 2017, “Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Metode Survei, Question, Read, Recite, Review (SQ3R) untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKN pada Siswa Kelas VIII B SMP Swasta Nurul Huda Al Aziziyah, Jurnal Dedikasi, 1 (2), 98 – 105
  10. Yanti, S., 2022, “Penerapan Metode SQ3R untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Teks Narrative pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris”, Jurnal Inovasi Pendidikan Bahasa dan Sastra, 2 (1), 94 – 106