Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode pembelajaran SQ3R untuk meningkatkan kemampuan membaca dan menulis siswa dalam pelajaran Bahasa Inggris siswa Kelas XI MIPA SMAN 3 Bengkulu Tengah dan penerapan metode pembelajaran SQ3R efektif dalam meningkatkan kemampuan menulis siswa kelas XI MIPA SMAN 3 Bengkulu Tengah. Penelitian ini termasuk dalam penelitian tindakan kelas (PTK) dan eksperimen. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 3 Bengkulu Tengah tahun pelajaran 2022/2023. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi aktivitas guru dan siswa, tes tertulis kemampuan kemampuan membaca dan tes menulis. Analisis data yang digunakan menggunakan analisis skor rata-rata dan uji tes yang terdiri dari uji beda antar siklus (uji paired t test) dan uji beda dua sampel (uji independent t test). Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa metode SQ3R dapat meningkatkan kemampuan membaca dan menulis siswa pada mata pelajaran Bahasa Inggris kelas XI MIPA SMA Negeri 3 Bengkulu Tengah.
Keywords
Article Details
References
- Arikunto, Suharsimi; Suhardjono; Supardi. 2007. PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Jakarta : PT Bumi Aksara
- Chrisnawati, 2022, “Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Bahasa Inggris Melalui Teknik EGRU pada Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Dompu”, Jurnal Inovasi, Evaluasi dan Pengembangan Pembelajaran, 2 (1), 9 – 14
- Kurniawati, S.W., 2019, “Pembelajaran Menulis Teks Ulasan dengan SQ3R”, Jurnal Dinamika, 2(1), 10 – 18
- Luginawati, R., 2019, Pengembangan Pembelajaran IPA dengan Metode SQ3R, Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran, 6 (2), 144 – 155
- Nofitri, Z., & Noveria, E., 2020, “Hubungan Kemampuan Membaca Pemahaman dengan Kemampuan Menulis”, Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah, 9 (2), 80 – 86
- Soedarso, 2002, Speed Reading Sistem Membaca Cepat dan Efektif, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
- Somadayo, S., 2011, Strategi dan Teknik Pembelajaran Membaca. Yogyakarta: Graha Ilmu
- Susini, M., & Ndruru, E., 2021, “Strategi Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Inggris”, Lingusitic Community Service Journal, 1 (2), 37 – 48
- Syaikhun, S., 2017, “Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Metode Survei, Question, Read, Recite, Review (SQ3R) untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKN pada Siswa Kelas VIII B SMP Swasta Nurul Huda Al Aziziyah, Jurnal Dedikasi, 1 (2), 98 – 105
- Yanti, S., 2022, “Penerapan Metode SQ3R untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Teks Narrative pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris”, Jurnal Inovasi Pendidikan Bahasa dan Sastra, 2 (1), 94 – 106
References
Arikunto, Suharsimi; Suhardjono; Supardi. 2007. PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Jakarta : PT Bumi Aksara
Chrisnawati, 2022, “Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Bahasa Inggris Melalui Teknik EGRU pada Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Dompu”, Jurnal Inovasi, Evaluasi dan Pengembangan Pembelajaran, 2 (1), 9 – 14
Kurniawati, S.W., 2019, “Pembelajaran Menulis Teks Ulasan dengan SQ3R”, Jurnal Dinamika, 2(1), 10 – 18
Luginawati, R., 2019, Pengembangan Pembelajaran IPA dengan Metode SQ3R, Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran, 6 (2), 144 – 155
Nofitri, Z., & Noveria, E., 2020, “Hubungan Kemampuan Membaca Pemahaman dengan Kemampuan Menulis”, Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah, 9 (2), 80 – 86
Soedarso, 2002, Speed Reading Sistem Membaca Cepat dan Efektif, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
Somadayo, S., 2011, Strategi dan Teknik Pembelajaran Membaca. Yogyakarta: Graha Ilmu
Susini, M., & Ndruru, E., 2021, “Strategi Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Inggris”, Lingusitic Community Service Journal, 1 (2), 37 – 48
Syaikhun, S., 2017, “Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Metode Survei, Question, Read, Recite, Review (SQ3R) untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKN pada Siswa Kelas VIII B SMP Swasta Nurul Huda Al Aziziyah, Jurnal Dedikasi, 1 (2), 98 – 105
Yanti, S., 2022, “Penerapan Metode SQ3R untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Teks Narrative pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris”, Jurnal Inovasi Pendidikan Bahasa dan Sastra, 2 (1), 94 – 106