Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan antara kualitas LKPD dan kemandirian dengan hasil belajar matematika pada siswa kelas VIII SMPN gugus 1 Kabupaten Lebong. Sampel yang diambil berjumlah 164 responden dengan teknik total sampling. Penelitian memiliki tiga variabel yang akan diteliti: sebagai variabel bebas penelitian yaitu kualitas LKPD (X1), kemandirian belajar (X2), dan variabel terikat yaitu hasil belajar matematika (Y). Metode penelitian yang digunakan adalah korelasional. Analisis yang digunakan terhadap data penelitian adalah analisis korelasi regresi sederhana dan analisis korelasi regresi berganda. Data hasil penelitian mengindikasikan bahwa: (1) kualitas LKPD memiliki hubungan dengan hasil belajar matematika dengan r = 0,326, R = 0,106. hubungan antara kualitas lkpd dengan hasil belajar matematika sebesar 10,6%. (2) kemandirian belajar memiliki hubungan dengan hasil belajar matematika dengan r = 0,353 dan R = 0,125. (3) Sedangkan hubungan antara kualitas LKPD dan kemandirian belajar memiliki hubungan bersama-sama dengan hasil belajar matematika dengan r = 0,388 dan R = 0,15. Sumbangan pengaruh kualitas LKPD dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika sebesar 15%. Maka dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara kualitas LKPD dan kemandirian dengan hasil belajar matematika pada siswa kelas VIII SMPN Gugus 1 Kabupaten Lebong.

Keywords

kualitas LKPD kemandirian belajar hasil belajar matematika

Article Details

How to Cite
Geri Susino. (2025). HUBUNGAN ANTARA KUALITAS LKPD DAN KEMANDIRIAN DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VIII SMPN GUGUS 1 KABUPATEN LEBONG. Diadik: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 15(1), 57–65. https://doi.org/10.33369/diadik.v15i1.41498

References

  1. Jakarta: Rineka Cipta.
  2. Djaali. 2015. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.
  3. Januszewski & M.Molenda. 2008. Educational Technology: A Definition with Commentary, New York: Routledge.
  4. Nurhayati, & Sudjana, N. 2015. Penilaian Hasil Belajar dan Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
  5. Prastowo, Andi. 2014 . Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.
  6. Rusman. 2014. Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers
  7. Sudiati. 2003 . Tujuan Lembar Kerja. Surabaya: UPI Press
  8. Sudjana, Nana. 2009. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Sinar Baru Algensindo
  9. Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
  10. Sugiyono. 2010. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
  11. Sugiyono. 2018 . Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
  12. Sutrisno, Hadi. 2004. Statistika untuk Penelitian. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
  13. Tirtarahardja, Umar dan S. L. La Sulo. 2010. Pengantar Pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
  14. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2007 tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional Tahun 2005–2025.2007.pdf diunduh tanggal 05 Mei 2022 pukul 20.10 WIB