Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan secara umum medeskrsipkan mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan kreativitas dan prestasi belajar. Secara spesifik bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan kreativitas siswa kelas VIII SMPN Lahat Selatan, untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VIII SMPN Lahat Selatan, serta untuk mendeskripsikan efektivitas penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw sebagai upaya meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VIII SMPN Lahat Selatan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam tiga siklus kemudian dilanjutkan dengan kuasi eksperimen. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII A sebagai kelas PTK, VIII B sebagai kelas eksprimen dan VIII C sebagai kelas kontorl.. Teknik pengumpulan data melalui lebar obeservasi proses pembelajaran, lembar observasi kreativitas dan tes prsstasi belajar. Teknik analisis data dengan menggunakan Uji t sampel berhubungan dan uji t sampel tidak berhubungan. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan kreativitas dan prestasi belajar siswa serta model koopereatif tipe jigsaw efektif meningkatkan prestasi belajar siswa
Keywords
Article Details
References
- Arends,R.I .1997. Classroom Instruction and Management. New York: The McGraw-Hill company
- Arifin, Zainal. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya Arikunto, Suharsimi. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.
- Aronson, E., Baney, N., Sikes, J., Stephan, C., & Snapp, M., (1971). E History
- Beetlestone, Florence. 2011. Creative Learning. Bandung: Nusa Media Budiman, Made dan Arsani, Ni Luh Kadek Alit. 2013. Pengaruh Model
- Daryanto. 2014.Pendekatan pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Penerbit Gava Media
- Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Fisiologi Olahraga. Jurnal Pendidikan indonesiao Vol 2 No 1 April 2013
References
Arends,R.I .1997. Classroom Instruction and Management. New York: The McGraw-Hill company
Arifin, Zainal. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya Arikunto, Suharsimi. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Aronson, E., Baney, N., Sikes, J., Stephan, C., & Snapp, M., (1971). E History
Beetlestone, Florence. 2011. Creative Learning. Bandung: Nusa Media Budiman, Made dan Arsani, Ni Luh Kadek Alit. 2013. Pengaruh Model
Daryanto. 2014.Pendekatan pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Penerbit Gava Media
Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Fisiologi Olahraga. Jurnal Pendidikan indonesiao Vol 2 No 1 April 2013