Main Article Content

Abstract

Tujuan Penelitian adalah mendeskripsikan penerapan metode eksperimen untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa pada pembelajaran Kimia. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan Kuasi Eksperimen. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan tes. Subjek penelitian Tindakan kelas adalah siswa kelas XI IPA 2. Penentuan kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan cara acak, siswa kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas XI IPA 3 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi penerapan metode eksperimen dan aktivitas dan tes. Analisis data menggunakan rata-rata (mean) dan uji t  yang terdiri dari uji beda antar siklus dan uji beda dua sampel yang tidak berhubungan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa diperoleh penerapan metode eksperimen efektif dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa di SMA Negeri 3 Lahat

Keywords

Metode Eksperimen Aktivitas Prestasi Belajar

Article Details

How to Cite
Irma Suryani. (2025). PENERAPAN METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR. Diadik: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 15(1), 81–88. https://doi.org/10.33369/diadik.v15i1.41501

References

  1. Agus Suprijono. 2009. Cooperative Learning, Teori & Aplikasi PAIKEM. Surabaya: Pustaka Pelajar
  2. Arikunto, Suharsimi. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara
  3. Hamalik, Oemar.2008. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: Bumi Aksara.
  4. Sagala, Syaiful.2011.Konsep dan Makna Pembelajaran.Bandung Alfabeta.
  5. Gunarso.1993.PrestasiBelajar.Yogyakarta.Gramedia
  6. Winkel.W.S. 1989. Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta : Gramedia
  7. Ramayulis. 2005. Metodologi PendidikanAgama Islam. Jakarta: Kalam Mulia
  8. Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta
  9. Sanjaya, Wina. (2010). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Prenada Media Group