Main Article Content
Abstract
Tujuan Penelitian adalah mendeskripsikan penerapan metode eksperimen untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa pada pembelajaran Kimia. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan Kuasi Eksperimen. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan tes. Subjek penelitian Tindakan kelas adalah siswa kelas XI IPA 2. Penentuan kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan cara acak, siswa kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas XI IPA 3 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi penerapan metode eksperimen dan aktivitas dan tes. Analisis data menggunakan rata-rata (mean) dan uji t yang terdiri dari uji beda antar siklus dan uji beda dua sampel yang tidak berhubungan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa diperoleh penerapan metode eksperimen efektif dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa di SMA Negeri 3 Lahat
Keywords
Article Details
References
- Agus Suprijono. 2009. Cooperative Learning, Teori & Aplikasi PAIKEM. Surabaya: Pustaka Pelajar
- Arikunto, Suharsimi. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara
- Hamalik, Oemar.2008. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: Bumi Aksara.
- Sagala, Syaiful.2011.Konsep dan Makna Pembelajaran.Bandung Alfabeta.
- Gunarso.1993.PrestasiBelajar.Yogyakarta.Gramedia
- Winkel.W.S. 1989. Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta : Gramedia
- Ramayulis. 2005. Metodologi PendidikanAgama Islam. Jakarta: Kalam Mulia
- Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta
- Sanjaya, Wina. (2010). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Prenada Media Group
References
Agus Suprijono. 2009. Cooperative Learning, Teori & Aplikasi PAIKEM. Surabaya: Pustaka Pelajar
Arikunto, Suharsimi. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara
Hamalik, Oemar.2008. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: Bumi Aksara.
Sagala, Syaiful.2011.Konsep dan Makna Pembelajaran.Bandung Alfabeta.
Gunarso.1993.PrestasiBelajar.Yogyakarta.Gramedia
Winkel.W.S. 1989. Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta : Gramedia
Ramayulis. 2005. Metodologi PendidikanAgama Islam. Jakarta: Kalam Mulia
Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta
Sanjaya, Wina. (2010). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Prenada Media Group