Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan prestasi belajar siswa. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dan kuasi eksperimen. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Merapi Timur semester genap tahun pelajaran 2022/2023. Melalui teknik purposive sampling diperoleh sampel kuasi eksperimen adalah kelas XI MIPA 2 SMA Negeri 1 Merapi Timur menggunakan lembar observasi dan tes. Data penelitian dianalisis dengan statistik deskriptif, rata-rata (mean), persentase, dan uji-t. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan prestasi belajar pada mata pelajaran biologi siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Merapi Timur dan dengan penerapan model pembelajaran berbasis masalah lebih efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran biologi siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Merapi Timur
Keywords
Article Details
References
- Arends, Richard L. 2007. Learning to Teach Seventh Edition. New York: The. McGraw Hill Companies.
- Arikunto, Suharsimi. 2006. Metode Penelitian Kualitatif . Jakarta: Bumi Aksara.
- Arikunto, Suharsimi. 2009. Manajemen Penelitian. Jakarta: PT. Rineka Cipta
- Aris, Shoimin. 2014. Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
- Ernnis, Robert. H. dkk .2005. Critical Thinking. USA Bright Minds.
- Fisher, Alec. 2008. Berpikir Kritis: Sebuah Pengantar. Jakarta:Erlangga.
- Gunarso, Arif. 1993. Prestasi Belajar. Yogyakarta: PT. Remaja Rosdakarya
- Ibrahim, M, dan Nur, M. 2000. Pengajaran Berdasarkan Masalah. Surabaya: University Press
- Iriawan, Nur. dan Astuti. 2006. Mengolah Data Statistik dengan Mudah Menggunakan Minitab 14. Yogyakarta: Penerbit Andi.
- Johnson, Elaine. B. 2011. CTL Contextual Teaching & Learning. Bandung: Kaifa
- Kemendikbud. 2012. Dokumen Kurikulum 2013. Jakarta: Kemendikbud RI.
- Kemendikbud. 2012. Dokumen Kurikulum 2013. Jakarta: Kemendikbud RI.
- Rusman,2014.Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Press.
- Sanjaya, Ade. 2009. Model-model Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara
- Sardiman, A.M. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo.
- Sukardi, 2012. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Bumi Aksara
- Winkel, W.S. 1996. Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar: Jakarta: PT. Gramedia
References
Arends, Richard L. 2007. Learning to Teach Seventh Edition. New York: The. McGraw Hill Companies.
Arikunto, Suharsimi. 2006. Metode Penelitian Kualitatif . Jakarta: Bumi Aksara.
Arikunto, Suharsimi. 2009. Manajemen Penelitian. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Aris, Shoimin. 2014. Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Ernnis, Robert. H. dkk .2005. Critical Thinking. USA Bright Minds.
Fisher, Alec. 2008. Berpikir Kritis: Sebuah Pengantar. Jakarta:Erlangga.
Gunarso, Arif. 1993. Prestasi Belajar. Yogyakarta: PT. Remaja Rosdakarya
Ibrahim, M, dan Nur, M. 2000. Pengajaran Berdasarkan Masalah. Surabaya: University Press
Iriawan, Nur. dan Astuti. 2006. Mengolah Data Statistik dengan Mudah Menggunakan Minitab 14. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Johnson, Elaine. B. 2011. CTL Contextual Teaching & Learning. Bandung: Kaifa
Kemendikbud. 2012. Dokumen Kurikulum 2013. Jakarta: Kemendikbud RI.
Kemendikbud. 2012. Dokumen Kurikulum 2013. Jakarta: Kemendikbud RI.
Rusman,2014.Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Press.
Sanjaya, Ade. 2009. Model-model Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara
Sardiman, A.M. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo.
Sukardi, 2012. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Bumi Aksara
Winkel, W.S. 1996. Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar: Jakarta: PT. Gramedia