Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan, pertama penerapan model pembelaran Project Based Learning dapat meningkatkan kemampuan berbicara anak, kedua penerapan model pembelajaran Project Based Learning dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah anak, dan ketiga efektivitas penerapan model pembelajaran Project Based Learning untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas dilanjutkan dengan Kuasi Eksperimen. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan catatan lapangan. Subjek Penelitian Tindakan kelas adalah anak kelompok B1 TK Dharma Putri dengan jumlah anak dalam satu kelompok 15 orang. Penentuan kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan cara acak, anak kelompok B2 TK Dharma Putri dengan jumlah anak 15 orang sebagai kelas eksperimen dan anak kelompok B3 TK Dharma Putri dengan jumlah anak 13 orang sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Project Based Learning dapat meningkatkan kemampuan berbicara anak dan kemampuan pemecahan masalah anak, dan penerapan model pembelajaran Project Based Learning efektif dapat meningkatkan kemampuan berbicara anak di TK Dharma Putri
Keywords
Article Details
References
- Alexon. 2014. Bahan Ajar Metode Penelitian S2 TP FKIP UNIB. Bengkulu. Tidak Diterbitkan.
- Ariyana,Yoki; Pudjiastuti, Ari; Bestary, Reisky; Zamroni: 2019. Pembelajaran Berorientasi Pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Kemendikbud
- Dhieni,Nurbiana,: Metode Pengembangan Bahasa. 2011. Universitas Terbuka
- Hikmah,: 2019. Perkembangan dan Belajar Anak Usia Dini. Kemendikbud
- https://www.republika.co.id.2021. Project Based Learning, Solusi Belajar Anak Usia Dini
- Ibrahim, M., Rahmadiarti, F., Nur, M. dan Ismono. 2000. Pembelajaran Koopertif. Surabaya: UNESA-Unyversity Press.
- Istiarini, Ratna. 2014. Peningkatan Kemampuan Berbicara Melalui Bermain Balok. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Volume 8, Edisi 1
- Kamus Besar Bahasa Indonesia. 2002. Depdikbud
- Kunandar. 2013. Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik berdasarkan Kurikulum 2013). Raja Grafindo Persada. Jakarta.
- Lesmanawati,Toufani. 2019. Keterampilan Mengungkapkan Bahasa Kemendikbud
- Lie, A. 2007. Cooperative Learning Mempraktek an Cooperative Learning di Ruang-Ruang Kelas, Jakarta : Grasindo.Media Group.
- Miyarso,Estu: Perancangan Pembelajaran Inovatif 2019. Modul PPG
- Otto, Beverly. 2015. Perkembangan Bahasa Pada Anak Usia Dini. Prenada Media Group
References
Alexon. 2014. Bahan Ajar Metode Penelitian S2 TP FKIP UNIB. Bengkulu. Tidak Diterbitkan.
Ariyana,Yoki; Pudjiastuti, Ari; Bestary, Reisky; Zamroni: 2019. Pembelajaran Berorientasi Pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Kemendikbud
Dhieni,Nurbiana,: Metode Pengembangan Bahasa. 2011. Universitas Terbuka
Hikmah,: 2019. Perkembangan dan Belajar Anak Usia Dini. Kemendikbud
https://www.republika.co.id.2021. Project Based Learning, Solusi Belajar Anak Usia Dini
Ibrahim, M., Rahmadiarti, F., Nur, M. dan Ismono. 2000. Pembelajaran Koopertif. Surabaya: UNESA-Unyversity Press.
Istiarini, Ratna. 2014. Peningkatan Kemampuan Berbicara Melalui Bermain Balok. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Volume 8, Edisi 1
Kamus Besar Bahasa Indonesia. 2002. Depdikbud
Kunandar. 2013. Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik berdasarkan Kurikulum 2013). Raja Grafindo Persada. Jakarta.
Lesmanawati,Toufani. 2019. Keterampilan Mengungkapkan Bahasa Kemendikbud
Lie, A. 2007. Cooperative Learning Mempraktek an Cooperative Learning di Ruang-Ruang Kelas, Jakarta : Grasindo.Media Group.
Miyarso,Estu: Perancangan Pembelajaran Inovatif 2019. Modul PPG
Otto, Beverly. 2015. Perkembangan Bahasa Pada Anak Usia Dini. Prenada Media Group