Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture untuk meningkatkan tanggung jawab dan prestasi belajar dalam pembelajaran IPA siswa kelas V SD Negeri 3 Gumay Talang. Penelitian dilaksanakan dengan menggunakan penelitian Tindakan kelas (PTK) dan kuasi eksperimen. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan lembaran observasi untuk mengukur prestasi belajar digunakan tes. Sedangkan analisis data digunakan analisis skor rata-rata dan uji-t test. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan: (1) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture dapat mengembangkan tanggung jawab siswa, (2) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture dapat meningkatkan prestasi belajar siswa, (3) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture efektif meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pembelajaran IPA.
Keywords
Article Details
References
- Dewi, Febrina Putri. 2016. Terikat Tanggung Jawab Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 13 Yogyakarta Tahun ajar 2015/2016 dan Implikasinya Terhadap Usulan Topik. Topik Bimbingan Belajar. Skripsi Universitas Sonata Dharma. Diakses melalui https://Repository.usd.ac.id/ 7795/1/06111 4024_Full.pdf diunduh tanggal 15 agustus 2022
- Hamdani. (2011). Stategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia
- Huda, Miftahul. 2014. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta : Pustaka Pelajar
- Istarani, 2011. Modul Pembelajaran Inovatif ( Referensi Guru Dalam Menentukan Mode Pembelajaran). Medan : Media Persada
- Mustari, Mohamad. 2011. Nilai Karakter Refleksi Untuk Pendidikan. Yokyakarta : Laksbang Pressindo
- Mustari, Mohamad. 2011. Nilai Karakter Refleksi Untuk Pendidikan. Yokyakarta : Laksbang Pressindo
- Prakoso, Abintoro 2016. Hukum Perlindungan Anak, Yogyakarta Laksbang PRESSindo
- Soeparno. 1988. Media pembelajaran bahasa. Jakarta: PT. Intan Pariwara.
- Suprijono, Agus 2009. Cooperative Learning, Teori & Aplikasi PAIKEM. Surabaya: Pustaka Pelajar Aksara
- Tohirin. 2006. Psikologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.
- Yuliastanti, dini. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Picture And Picture Untuk Meningkat Hasil Belajar Pada Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar. Jurnal penelitian Pendidikan guru sekolah dasar Vol. 2 No. 2 (2014): JPGSD Vol 2, No 2 (2014)
References
Dewi, Febrina Putri. 2016. Terikat Tanggung Jawab Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 13 Yogyakarta Tahun ajar 2015/2016 dan Implikasinya Terhadap Usulan Topik. Topik Bimbingan Belajar. Skripsi Universitas Sonata Dharma. Diakses melalui https://Repository.usd.ac.id/ 7795/1/06111 4024_Full.pdf diunduh tanggal 15 agustus 2022
Hamdani. (2011). Stategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia
Huda, Miftahul. 2014. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta : Pustaka Pelajar
Istarani, 2011. Modul Pembelajaran Inovatif ( Referensi Guru Dalam Menentukan Mode Pembelajaran). Medan : Media Persada
Mustari, Mohamad. 2011. Nilai Karakter Refleksi Untuk Pendidikan. Yokyakarta : Laksbang Pressindo
Mustari, Mohamad. 2011. Nilai Karakter Refleksi Untuk Pendidikan. Yokyakarta : Laksbang Pressindo
Prakoso, Abintoro 2016. Hukum Perlindungan Anak, Yogyakarta Laksbang PRESSindo
Soeparno. 1988. Media pembelajaran bahasa. Jakarta: PT. Intan Pariwara.
Suprijono, Agus 2009. Cooperative Learning, Teori & Aplikasi PAIKEM. Surabaya: Pustaka Pelajar Aksara
Tohirin. 2006. Psikologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.
Yuliastanti, dini. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Picture And Picture Untuk Meningkat Hasil Belajar Pada Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar. Jurnal penelitian Pendidikan guru sekolah dasar Vol. 2 No. 2 (2014): JPGSD Vol 2, No 2 (2014)