Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture untuk meningkatkan tanggung jawab dan prestasi belajar dalam pembelajaran IPA siswa kelas V SD Negeri 3 Gumay Talang. Penelitian dilaksanakan dengan menggunakan penelitian Tindakan kelas (PTK) dan kuasi eksperimen. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan lembaran observasi untuk mengukur prestasi belajar digunakan tes. Sedangkan analisis data digunakan analisis skor rata-rata dan uji-t test. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan: (1) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture dapat mengembangkan tanggung jawab siswa, (2) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture dapat meningkatkan prestasi belajar siswa, (3) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture efektif meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pembelajaran IPA.

Article Details

How to Cite
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN TANGGUNG JAWAB DAN PRESTASI BELAJAR. (2025). Diadik: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 15(1), 105–112. https://doi.org/10.33369/diadik.v15i1.41505

References

    Dewi, Febrina Putri. 2016. Terikat Tanggung Jawab Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 13 Yogyakarta Tahun ajar 2015/2016 dan Implikasinya Terhadap Usulan Topik. Topik Bimbingan Belajar. Skripsi Universitas Sonata Dharma. Diakses melalui https://Repository.usd.ac.id/ 7795/1/06111 4024_Full.pdf diunduh tanggal 15 agustus 2022
    Hamdani. (2011). Stategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia
    Huda, Miftahul. 2014. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta : Pustaka Pelajar
    Istarani, 2011. Modul Pembelajaran Inovatif ( Referensi Guru Dalam Menentukan Mode Pembelajaran). Medan : Media Persada
    Mustari, Mohamad. 2011. Nilai Karakter Refleksi Untuk Pendidikan. Yokyakarta : Laksbang Pressindo
    Mustari, Mohamad. 2011. Nilai Karakter Refleksi Untuk Pendidikan. Yokyakarta : Laksbang Pressindo
    Prakoso, Abintoro 2016. Hukum Perlindungan Anak, Yogyakarta Laksbang PRESSindo
    Soeparno. 1988. Media pembelajaran bahasa. Jakarta: PT. Intan Pariwara.
    Suprijono, Agus 2009. Cooperative Learning, Teori & Aplikasi PAIKEM. Surabaya: Pustaka Pelajar Aksara
    Tohirin. 2006. Psikologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.
    Yuliastanti, dini. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Picture And Picture Untuk Meningkat Hasil Belajar Pada Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar. Jurnal penelitian Pendidikan guru sekolah dasar Vol. 2 No. 2 (2014): JPGSD Vol 2, No 2 (2014)